Gejala Penyakit Gondok pada Remaja

SehatFresh.com – Penyakit gondok adalah pembesaran kelenjar gondok (tiroid). Kelenjar tiroid merupakan organ berbentuk kupu-kupu terletak di leher bagian depan, tepatnya di bawah jakun yang berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid. Jika terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid maka kelenjar tiroid akan membentuk benjolan pada leher yang biasa disebut gondok. Jika pembengkakan menekan saluran pernafasan dan pencernaan, penderita merasa sulit bernafas dan susah menelan.

Gondok biasa tidak menimbulkan gejala serius, namun jika tidak diobati maka kelamaan akan menjadi gondok beracun (hipertiroid).

Tidak semua penderita gondok mengalami gejala, namun gejala awal yang timbul mudah dikenali, seperti:

  • Sakit tenggorokan. Meskipun radang tenggorokan tidak dapat dijadikan tolak ukur penyakit gondok, namun gejala ini adalah gejala umum yang sering dirasakan.
  • Tidak nafsu makan. Selera makan penderita mulai menurun dan berkurang. Kelenjar tiroid yang mengganggu pada tenggorokan menyebabkan susah menelan. Mulut juga mulai terasa tegang dan nyeri saat mengunyah maupun menelan.
  • Bermasalah di bagian tertentu. Penderita gondok mengalami dengungan pada telinga, sakit kepala disertai demam, suhu tubuh tinggi pada malam hari, dan rasa sakit di bagian wajah atau telinga. Peradangan menimbulkan rasa sakit karena adanya infeksi pada kelenjar. Tenggorokan terasa sesak, perubaan suara, serta batuk-batuk juga dapat menyertai gejala penyakit gondok.
  • Benjolan pada kelenjar gondok. Gejala utama penyakit gondok adalah terbentuknya benjolan abnormal yang terjadi pada leher. Benjolan yang dialami oleh penderita memiliki ukuran yang berbeda-beda. Benjolan berukuran kecil biasanya tidak menyebabkan gejala apapun, namun benjolan tersebut bisa bertambah besar yang akan memengaruhi pernapasan serta membuat penderita sulit menelan.

Segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala-gejala tersebut, terutama bagi penderita dengan benjolan yang terus membesar hingga kesulitan bernapas dan menelan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY