Gejala Penyakit Stroke yang Bisa Menyerang Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit stroke tidak hanya menyerang kaum pria, namun juga para wanita. Stroke merupakan penyakit yang menyerang anggota tubuh, sehingga tidak dapat bergerak bahkan mengalami kelumpuhan. Lantas apa saja tanda stroke yang bisa terjadi pada wanita dan pria? berikut gejalanya!

  • Mengalami pusing kepala secara tiba tiba

Salah satu gejala stroke pada wanita dan pria adalah pusing kepala secara tiba tiba. Meski demikian bukan berarti orang yang mengalami pusing tiba-tiba, dipastikan menderita stroke. Apabila mengalami pusing secara tiba-tiba, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk benar-benar mengetahui penyebabnya.

  • Tiba-tiba pandangan menjadi kabur

Pada dasarnya penyakit stroke sangat berbahaya, apabila tidak segera diatasi. Pandangan yang kabur bisa menjadi salah satu gejala munculnya penyakit stroke. Hal itu terjadi karena stroke telah menyerang sistem syaraf, sehingga mempengaruhi pengeliatan. Pandangan yang kabur secara tiba-tiba dan tidak hilang dalam beberapa hari perlu diwaspadai, serta dicarikan penyebab pastinya dengan pemeriksaan medis.

  • Mengalami kecacatan di wajah

Gejala stroke lainnya yang umum terjadi adalah munculnya kecacatan di bagian wajah. Wanita dan pria perlu peka terhadap perubahan fisik di bagian wajah. Apabila ada perubahan pada mulut atau bibir yang mungkin agak miring, bisa saja itu menjadi salah satu awal munculnya stroke. Segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis, agar mendapatkan penanganan yang maksimal.

  • Mengalami kelumpuhan pada kaki dan tangan

Gejala stroke lainnya adalah kelumpuhan pada bagian kaki dan tangan. Hal tersebut terjadi karena sistem syaraf di otak mulai terganggu, sehingga mempengaruhi pergerakan kaki dan tangan. Seseorang yang mengalami gejala stroke tak mampu lagi menggerakan tangan dan kaki secara maksimal.

  • Kesadaran menghilang dengan tiba tiba

Tanda-tanda stroke yang lain adalah hilangnya kesadaran secara tiba-tiba. Seseorang yang mengidap stroke bisa kehilangan kesadaran secara tiba-tiba saat melakukan aktivitas. Oleh karena itu sesegera mungkin memeriksakan ke dokter spesialis, apabila kerap mengalami kondisi seperti ini. Apabila hasil pemeriksaan menunjukan positif mengalami gejala stroke, maka dianjurkan untuk tidak berpergian sendirian.

  • Mengalami kebingungan secara tiba tiba

Tanda-tanda gejala stroke lainnya adalah mengalami kebingungan secara tiba-tiba. Gejala inilah yang sering muncul dan dialami semua orang, namun dianggap sepele. Oleh karena itu setiap orang perlu menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik dan benar, agar tak mengalami penyakit stroke.

  • Keseimbangan yang menghilang secara tiba-tiba

Rusaknya syaraf pada tubuh menyebabkan seseorang bisa mengalami hilangnya keseimbangan secara tiba-tiba. Bisa saja orang tersebut jatuh saat sedang berjalan atau pingsan secara tiba-tiba, ketika sedang melakukan aktivitas. Penanganan yang perlu dilakukan adalah membiarkan sejenak dengan meluruskan anggota tubuh, lantas membangunkan atau memindahkan ke tempat yang layak untuk beristirahat. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here