Gejala Polip Hidung pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kondisi yang tidak sehat pada tubuh Anda pastinya akan menyebabkan aktivitas terganggu, terutama jika kondisi tersebut menyerang hidung Anda, seperti penyakit polip hidung yang mungkin pernah Anda dengar.

Polip hidung terjadi akibat inflamasi. Kondisi tersebut menyebabkan terkumpulnya sel-sel yang berisi cairan pada dinding saluran pernapasan hingga akhirnya membentuk polip. Akan tetapi penyebab utama dari inflamasi tersebut juga belum diketahui secara pasti.

Meskipun polip hidung bukan gangguan kesehatan pada hidung yang terlalu parah, hal ini tidak bisa didiamkan begitu saja. Polip hidung bisa mengganggu pernafasan. Potensi terjadinya polip hidung akan lebih besar apabila memiliki faktor genetik atau memiliki alergi debu. Pengidap alergi debu dan sering kambuh akan meningkatkan risiko terjadinya polip hidung, begitu juga dengan faktor genetik. Infeksi pada hidung dari virus, jamur serta bakteri bisa menyebabkan polip hidung.

Berikut beberapa gejala yang Anda alami jika terkena polip hidung :

  • Sakit pada Bagian Wajah

Polip biasanya ditandai dengan rasa nyeri atau sakit di bagian wajah. Adapun area wajah yang sakit biasanya adalah area hidung yang terkena polip. Ukuran polip yang membesar secara otomatis akan menyebabkan tekanan otot-otot di kulit hidung ataupun area sekitar hidung yang terkena polip. Kondisi tersebut menyebabkan nyeri dan sakit pada wajah karena adanya penekanan atau penarikan otot-otot di wajah.

  • Sakit Kepala Berkepanjangan

Polip akan menyebabkan adanya penumpukan cairan dalam rongga sinus. Cairan tersebut merupakan tempat yang memungkinkan bakteri untuk berkembang. Perkembangan bakteri tersebut lambat laun akan memengaruhi kinerja otak dan membuat sakit kepala. Kondisi lain yang mungkin menyebabkan sakit kepala yaitu polip menyebabkan gangguan pernapasan. Gangguan pernapasan tersebut otomatis akan menyebabkan suplai oksigen ke dalam tubuh, termasuk ke otak akan terganggu. Otak yang kekurangan suplai oksigen akan menyebabkan gejala sakit kepala. Meskipun sakit kepala belum tentu meruapak gejala polip, namun ada baiknya jika Anda berjaga-jaga dengan memeriksakannya ke dokter.

  • Gangguan pada Indra Penciuman

Polip akan menyebabkan penurunan fungsi indera penciuman karena kondisi hidung yang tersumbat, biasanya jika indra penciuman terganggu, akan berpengaruh sekaligus pada indera perasa. Bebrapa kasus yang sudah parah, polip juga bisa menyebabkan gejala mati rasa.

  • Hidung Berair dan Tersumbat

Polip menyebabkan hidung tersumbat. Hidung yang tersumbat memiliki sifat yang menetap dan gejalanya tidak hilang timbul. Kondisi tersebut menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Hal tersebut menyebabkan hidung terus berair dan seringkali menimbulkan gejala pilek dalam kurun waktu yang lama.

  • Lendir yang Jatuh dari Belakang Hidung ke Tenggorokan

Polip akan menyebabkan penumpukan lendir atau cairan di sinus. Jika polip semakin besar, cairan dalam sinus akan sulit dibuang dan biasanya akan mengalir dari belakang ke tenggorokan. Gejala tersebut biasanya akan terasa ketika penderita sedang berbaring.

  • Mendengkur

Selain mendengkur, polip juga bisa menyebabkan gangguan tidur lainnya. Mendengkur disebabkan lubang hidung yang tersumbat oleh polip membuat proses pernapasan juga terganggu.

  • Bentuk Hidung Tidak Simetris

Penderita polip biasanya akan memiliki hidung yang tidak simetris hal ini disebabkan karena bagian hidung yang terkena polip akan lebih besar dibandingkan hidung yang tidak terkena polip.

  • Telinga Terasa Penuh

Saat hidung tersumbat, biasanya telinga juga akan mengalami gangguan dan terasa seperti penuh, hal ini dikarenakan saluran antara hidung dan telinga merupakan saluran yang saling berhubungan. Penderita polip juga biasanya akan merasakan gejala telinga bindeng.

  • Sakit pada Gigi Rahang Atas

Tekanan dari polip yang sudah besar akan menyebabkan sakit gigi pada rahang atas. Polip yang sudah berukuran besar juga akan menyebabkan rasa sakit ketika mengunyah atau menelan sesuatu.

Meskipun polip hidung tidak terlalu berbahaya dan tidak menyebabkan kanker hidung, bagi Anda yang terkena penyakit ini disrankan untuk segera memeriksakannya ke dokter dan berkonsultasi untuk pengobatannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY