Gejala Sepsis pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sepsis adalah kondisi yang memiliki potensi mematikan dimana seseorang mengalami peradangan di seluruh tubuh sebagai hasil infeksi bakteri di dalam darah, urin, paru-paru, dan jaringan lainnya (bakteremia, masuknya bakteri ke dalam darah). Kondisi ini adalah sebagai respon dari sistem kekebalan tubuh kepada bakteri dan biasa disebut ‘sindrom respon peradangan sistemik‘ (systemic inflammatory response syndrom;SIRS). Ini bisa menyebabkan kegagalan fungsi organ (karena perubahan-perubahan aliran darah) dan bahkan kematian jika menjadi parah dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Pada umumnya, istilah Sepsis digunakan untuk menyebut respon kekebalan tubuh terhadap bakteri tersebut.

Penderita dengan Sepsis yang hebat atau Septic Shock mempunyai angka kematian sebesar 40-60%, dimana pada usia lanjut angka tersebut dapat menjadi lebih tinggi. Penderita anak dan anak yang baru lahir dengan Sepsis mempunyai angka kematian sebsar 9-36%.  Kematian penderita Sepsis disebabkan oleh adanya kegagalan multi organ tubuh (hati, ginjal atau paru-paru). Sepsis dapat terjadi pada semua orang dan segala usia yang mengalami infeksi.

Kelompok yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami sepsis adalah anak-anak, manula, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya karena menjalani kemoterapi atau HIV, pengidap penyakit jangka panjang, misalnya gagal ginjal dan diabetes. Pengidap penyakit parah yang sering dirawat di rumah sakit. Orang yang memiliki luka, misalnya luka bakar atau luka bekas operasi. Orang yang menggunakan alat-alat medis, misalnya kateter atau alat ventilasi.

Penyebab terjadinya Sepsis terutama adalah dari infeksi bakteri atau jamur di dalam tubuh bagian mana saja dapat menjadi penyebab terjadinya Sepsis. Tempat-tempat yang sering terjadinya awal infeksi antara lain berada di aliran darah, tulang, usus, ginjal, otak, hati, kandung empedu, paru-paru, dan kulit.

Secara umum, Sepsis pada penderita dengan umur lanjut mempunyai Prognosa (ramalan penyakit) yang lebih buruk daripada umur dewasa. Prognosa Sepsis tergantung dari keganasan Sepsis dan status kesehatan dari penderita.

Terdapat macam-macam Sepsis antara lain: MRSA sepsis yaitu sepsis yang disebabkan oleh Methicilin -resisten bakteri Stapphylocoocus auerus, (yang menyerang darah dan jaringan tubuh lain). VRE sepsis yaitu sepsis yang disebabkan oleh Vancomycin -resisten bakteri Enterococcus species, (yang menyerang darah dan jaringan tubuh lain). Urosepsis, yaitu sepsis yang disebabkan oleh adanya infeksi saluran kencing. Wound sepsis, yaitu sepsis yang disebabkan oleh infeksi luka. Neonatal sepsis atau Neonatorum sepsis atau Septicemia, yaitu sepsis pada bayi yang baru lahir, terutama 4 minggu pertama sejak dilahirkan, dan Septic abortion, yaitu keguguran yang disebabkan oleh adanya infeksi dengan terjadinya sepsis pada seorang Ibu yang mengalami keguguran.

Gejala yang ditimbulkan Sepsi bermacam-macam namun gejala yang umumnya terjadi ketika seseorang terkena Sepsis, antara lain adalah:

  • Tekanan darah yang menurun. Keadaan ini yang dapat menyebabkan terjadinya Shock.
  • Masalah-masalah yang berkaitan dengan kerusakan organ. Organ-organ tubuh termasuk jantung, ginjal, hati, paru-paru dan susunan syaraf pusat berhenti bekerja dengan baik karena terdapat aliran darah yang menurun.
  • Menggigil
  • Penurunan kesadaran sehingga tidak dapat diajak bicara
  • Demam atau penurunan suhu tubuh
  • Sakit kepala akibat tekanan darah yang menurun
  • Denyut jantung meninggi
  • bercak-bercak di kulit
  • perdarahan
  • Kesulitan bernafas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY