Gejala Serangan Jantung Saat Usia Muda

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit serangan jantung sering dinilai sebagai penyakit paling mematikan nomor satu di dunia oleh berbagai kalangan. Serangan jantung juga bukan monopoli golongan orang tertentu saja. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Tepis anggapan serangan jantung hanya bisa dialami oleh orang yang lanjut usia. Orang dewasa atau bahkan anak-anak muda juga tak luput dari serangan jantung ini.

Gejala serangan jantung di usia muda antara lain adalah sebagai berikut:

  • Nyeri di sekitar dada

Salah satu gejala utama dari adanya risiko serangan jantung adalah adanya rasa nyeri di sekitar dada. Tak hanya nyeri, dada juga sering kali terasa tidak nyaman, sesak, dan seperti ada tekanan.

  • Mual, mulas, dan gangguan pencernaan

Gejala lainnya dari serangan jantung di usia muda adalah seringnya rasa mual, mulas, dan gangguan pencernaan. Mual yang diiringi dengan muntah adalah salah satu gejala umum dari risiko serangan jantung.

  • Nyeri di lengan atau tubuh bagian kiri

Untuk gejala selanjutnya adalah rasa nyeri di lengan bagian kiri atau tubuh bagian kiri. Hampir semua pasien serangan jantung pernah mengeluhkan tubuh bagian kiri akan mudah merasa lelah dan nyeri.

  • Pusing

Merasa pusing tanpa penyebab yang jelas dan sering terjadi bisa jadi adalah salah satu gejala dari serangan jantung.

  • Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan yang dibarengi dengan rasa sesak di dada dan kesulitan menelan adalah salah satu gejala dari risiko serangan jantung di segala usia.

  • Lelah berlebihan

Hampir semua penyakit berbahaya dan mematikan memiliki gejala tubuh mengalami kelelahan yang berlebihan. Vincent Bufalino, MD, seorang juru bicara American Heart Assosiation mengatakan, “Rasa lelah dan letih yang berlebihan serta terjadi berhari-hari adalah salah satu gejala dari risiko serangan jantung atau penyakit mematikan lainnya. Apalagi, jika lelah berlebihan ini terjadi saat tubuh tak melakukan gerak atau pekerjaan yang tak terlalu melelahkan”.

  • Mendengkur

Mendengkur bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang tidak fit. Tak hanya itu, mendengkur juga bisa menjadi salah satu gejala dari adanya risiko serangan jantung.

  • Keluar keringat dingin berlebih

Umumnya, orang-orang yang menderita risiko serangan jantung akan mengeluarkan keringat dingin berlebih. Biasanya, keringat dingin ini bisa keluar kapan dan di mana saja tanpa alasan yang jelas.

  • Batuk yang tak kunjung sembuh

Gejala jantung bagi orang usia muda selanjutnya adalah batuk yang tak kunjung sembuh. Para ahli kesehatan jantung menyebutkan bahwa batuk yang merupakan risiko adanya serangan jantung biasanya dibarengi dengan keluarnya noda darah atau lendir putih yang tak seperti batuk pada umumnya.

  • Bengkak pada kaki

Untuk gejala serangan jantung terakhir adalah kaki mengalami bengkak. Ketika jantung tak bisa memompa darah secara efektif seperti biasanya, hal ini akan menyebabkan pergelangan kaki membengkak. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY