Gejala Umum Terjadi pada Pria dengan Kanker Paru-paru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang dapat menjadi ancaman para pria yang merokok dan memiliki pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan yang buruk bisa menimbulkan tumor ganas pada paru-paru yang sulit untuk disembuhkan. Kanker paru-paru dapat menyerang di salah satu bagian atau kedua-duanya. Meskipun demikian, kanker paru-paru termasuk salah satu jenis kanker yang mudah untuk dicegah.

Pencegahan yang paling baik yaitu menghentikan kebiasaan merokok, karena merokok tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun orang lain yang menghirup asap rokok juga terancam kesehatannya.

Kasus kanker paru-paru paling sering terjadi pada pria, selain kebiasaan merokok bisa juga disebabkan karena paparan zat arsenik dan polusi udara. Selain itu, faktor usia juga mempengaruhi, semakin lanjut usia maka akan besar kemungkinan terserang kanker paru-paru.

Berikut ini adalah gejala-gejala yang umum terjadi pada penderita kanker paru-paru.

  1. Batuk yang tak kunjung sembuh

Keadaan ini bisa menjadi gejala utama pada penderita kanker paru-paru, karena paru-paru merupkan organ pernapasan. Apabila batuk tidak kunjung membaik setelah dilakukan pengobatan, maka segeralah mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksan paru.

  1. Demam

Gejala yang umum biasanya demam, ini terjadi pada awal terkena kanker paru-paru. Saat itu, tubuh bereaksi untuk melawan zat asing dan muncul reaksi peningkatan suhu tubuh.

  1. Sesak napas

Gejala sesak napas seperti terserang asma biasanya dapat terjadi. Kesulitan bernapas diakibatkan karena tumor yang menghalangi saluran pernapasn. Paru-paru akan terasa sesak, bahkan saat melakukan aktivitas rutin yang ringan, penderita kanker paru-paru akan kesulitan untuk bernapas.

  1. Nyeri bagian dada

Nyeri diakibatkan karena adanya tumor yang membengkak di bagian paru yang terletak di dada. Jenis kanker paru yang menyebabkan rasa nyeri adalah kanker paru yang tumbuh di bagian luar paru. Bahkan rasa nyeri akan menjalar pada bagian bahu dan punggung.

  1. Terdengar suara napas

Seorang penderita asma memang memiliki suara yang aneh ketika bernapas, terdengar seperti suara orang yang tercekik. Penderita kanker paru-paru juga bisa mengalami keadaan ini. Suara napas seperti tercekik dan tersenggal-senggal terjadi saat paru berkontraksi, tersumbat, atau meradang.

  1. Berat badan menurun

Penderita kanker paru-paru memiliki gejala yang khas yakni penurunan berat badan yang signifikan yang terjadi dalam kurun waktu tertentu bahkan tergolong singkat. Hal ini disebabkan karena nutrisi yang seharusnya digunakan oleh sel-sel tubuh yang norman,  namun dicuri oleh sel kanker.

  1. Nyeri pada tulang

Pada kanker paru tahap lanjut, gejala nyeri tulang dapat terjadi. Nyeri tulang biasanya terjadi di daerah punggung, lengan, leher, yang akan memburuk pada saat malam hari. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here