Gejala Varises pada Tungkai

SehatFresh.com – Varises merupakan gangguan yang terjadi pada pembuluh darah. Hal ini biasanya terjadi karena pembesatan pembuluh balik (vena) akibat kelainan katup dalam pembuluh vena. Pembuluh vena ini merupakan saluran darah dari anggota tubuh bagian bawah untuk kembali ke jantung. Kemunculan varises di daerah tungkai tentu akan sangat mengganggu penampilan.

Tanda dan gejala utama varises ini adalah munculnya pembuluh darah vena yang berwarna kebiruan yang terlihat jelas, melebar dan berkelok-kelok. Para penderitanya juga mungkin merasakan sakit, bengkak, berat, dan sakit pada bagian kaki terutama betis. Sampai dalam beberapa kasus, terjadi perubahan, pembengkakan hingga borok pada bagian pergelangan.

Bagi kebanyakan penderitanya, varises mungkin merupakan gangguan ringan yang hanya mengganggu secara fisik, namun varises ini dapat pula berpotensi menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan bahkan bisa berubah menjadi kondisi yang serius, untuk itulah sebaiknya mendapatkan penanganan yang benar. Varises ini bisa disebabkan oleh menurunnya tingkat keelastisitasan pada  dinding pembuluh darah balik (vena), sehingga menyebabkan pembuluh darah vena melemah dan tidak mampu mengalirkan darah sisa ke jantung.

Salah satu pengobatan penyakit varises adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel dianggap sebaia jenis cuka paling baik, karena mengandung banyak manfaat yang beguna bagi kecantikan. Disebutkan pula bahwa diantara manfaat kosmetik yang terbuat dari cuka ini adalah untuk mencegah pembengkakan pembuluh darah sehingga tampak (varises) khsususnya di kaki.

Pengobatan penyakit varises dengan cuka apel di bagian betis untuk membantu menghilangkannya sehingga tidak mengganggu penampilan. Caranya adalah balurkan cuka apel pada bagian yang terkena varises sekali di pagi hari dan sekali lagi di sore hari. Dan untuk membantu penyembuhan ini masukkan kira-kira dua sendok kecil cuka apel ke dalam segelas air dan diminum pada pagi dan sore hari.

Sumber gambar : www.katasiputri.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY