Gendang Telinga Pecah

DEFINISI

Gendang telinga pecah – atau yang dikenal dengan perforasi membran timpani dalam istilah medis – adalah lubang atau robekan pada gendang telinga, jaringan tipis yang memisahkan kanal telinga dan telinga tengah kita.

Gendang telinga yang pecah dapat mengakibatkan gangguan pendengaran. Gendang telinga yang pecah juga bisa membuat telinga tengah Anda rentan terhadap infeksi atau cedera.

Kondisi medis ini biasanya sembuh dalam beberapa minggu tanpa pengobatan. Namun, kadang-kadang, gendang telinga yang pecah memerlukan prosedur atau operasi perbaikan untuk penyembuhan.

GEJALA

Tanda dan gejala dari gendang telinga yang pecah dapat mencakup :

  • Sakit telinga yang mungkin mereda dengan cepat
  • Cairan being, bernanah atau berdarah yang keluar dari telinga Anda
  • Gangguan pendengaran
  • Suara dering di telinga Anda (tinnitus)
  • Sensasi berputar (vertigo)
  • Mual atau muntah yang dapat disebabkan oleh vertigo

Kapan harus ke dokter

Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami salah satu tanda atau gejala dari gendang telinga pecah atau berlubang atau merasakan nyeri atau ketidaknyamanan di telinga Anda. Telinga bagian tengah dan dalam kita terdiri dari mekanisme halus yang sensitif terhadap cedera atau rasa sakit. Pengobatan yang cepat dan tepat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan sistem pendengaran Anda.

PENYEBAB

Penyebab gendang telinga yang pecah, atau berlubang biasanya antara lain:

  • Infeksi telinga tengah (otitis media). Infeksi telinga tengah sering menimbulkan akumulasi cairan di telinga tengah Anda. Tekanan akibat cairan ini dapat menyebabkan gendang telinga pecah.
  • Barotrauma. Barotrauma adalah stres yang mempengaruhi gendang telinga Anda saat tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara tidak seimbang, misalnya akibat kondisi lingkungan. Jika tekanan ini cukup hebat, gendang telinga Anda bisa pecah. Barotrauma juga disebut dengan airplane ears karena paling sering disebabkan oleh perubahan tekanan udara yang berkaitan dengan perjalanan udara.

Peristiwa lain yang dapat menyebabkan perubahan tekanan udara secara mendadak – dan mungkin dapat menyebabkan gendang telinga pecah – termasuk scuba diving dan pukulan langsung pada telinga, seperti dampak dari kantong udara pada mobil.

  • Suara keras atau ledakan (trauma akustik). Suara keras atau ledakan, seperti akibat ledakan atau tembakan – pada dasarnya gelombang suara kuat – dapat menyebabkan robekan atau kerusakan pada gendang telinga Anda.
  • Benda asing di telinga. Benda-benda kecil, seperti kapas atau jepit rambut, bisa menusuk atau merobek gendang telinga.
  • Trauma kepala parah. Cedera parah, seperti patah tulang tengkorak, dapat menyebabkan dislokasi atau kerusakan struktur telinga tengah dan dalam, termasuk gendang telinga Anda.

Komplikasi

Gendang telinga kita (membran timpani) memiliki dua peran utama :

  • Pendengaran. Ketika gelombang suara menyerang pendengaran kita, gendang telinga akan bergetar – langkah pertama dimana struktur telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam menerjemahkan gelombang suara menjadi impuls saraf.
  • Perlindungan. Gendang telinga kita juga bertindak sebagai penghalang, melindungi telinga tengah kita dari air, bakteri dan zat asing lainnya.

Jika gendang telinga kita pecah, komplikasi dapat terjadi ketika gendang telinga Anda dalam masa pemulihan atau tidak dapat sembuh. Kemungkinan komplikasi yang ditimbulkan meliputi :

  • Gangguan pendengaran. Biasanya, gangguan pendengaran ini bersifat sementara, hanya berlangsung hingga robekan atau kerusakan atau lubang di gendang telinga tadi sembuh. Ukuran dan lokasi robekan dapat mempengaruhi tingkat gangguan pendengaran yang ditimbulkan.
  • Infeksi telinga tengah (otitis media). Gendang telinga yang berlubang dapat memungkinkan masuknya bakteri ke dalam telinga Anda. Jika gendang telinga yang pecah atau berlubang tidak kunjung sembuh atau tidak dapat diobati, Anda mungkin akan sangat rentan terhadap infeksi berkelanjutan (kronis) yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.
  • Telinga tengah kista (kolesteatoma). Kolesteatoma adalah kista yang menyerang telinga tengah Anda yang terdiri dari sel-sel kulit dan kotoran lainnya.

Puing-puing atau kotoran pada saluran telinga biasanya didorong ke telinga luar Anda dengan bantuan kotoran telinga. Hal inilah yang melindungi telinga tengah Anda. Jika gendang telinga Anda pecah, puing-puing kulit dapat masuk ke telinga tengah dan membentuk kista.

Kolesteatoma dapat memberi peluang tumbuh dan berkembangnya bakteri dan menghasilkan protein yang dapat merusak tulang telinga tengah Anda.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Jika Anda memiliki atau mengembangkan tanda-tanda atau gejala gendang telinga berlubang atau pecah, Anda bisa memulai penanganan medis dengan menemui dokter keluarga Anda atau dokter umum. Namun, dokter mungkin akan langsung merujuk Anda ke dokter spesialis telinga, hidung dan gangguan tenggorokan (dokter THT dokter atau otolaryngologist).

Berikut beberapa informasi yang dapat membantu Anda mempersiap diri untuk konsultasi perdana Anda dengan dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

Buatlah daftar informasi penting yang dapat Anda bagi dengan dokter Anda. Daftar ini biasanya mencakup :

  • Gejala yang Anda alami, termasuk gejala yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan gangguan pendengaran yang Anda derita, cairan yang mengalir dari telinga atau gejala-telinga terkait lainnya
  • Peristiwa relevan yang mungkin terkait dengan masalah telinga Anda, seperti riwayat infeksi telinga, cedera baru atau perjalanan udara yang baru-baru ini Anda tempuh.
  • Obat, termasuk vitamin atau suplemen yang Anda ambil

Pertanyaan untuk dokter Anda

Jika Anda berpikir Anda memiliki tanda-tanda atau gejala gendang telinga pecah, Anda mungkin ingin menanyakan beberapa pertanyaan berikut kepada dokter Anda.

  • Apakah saya mengalami pecah gendang telinga?
  • Kondisi apa saja yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan gejala serupa lainnya?
  • Jika saya mengalami gendang telinga pecah, apa yang harus saya lakukan untuk melindungi telinga saya selama proses penyembuhan?
  • Apa jenis perawatan tindak lanjut yang nantinya saya butuhkan?
  • Pada situasi seperti apa saya perlu mempertimbangkan pengobatan lain?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Anda

Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk menjawab sejumlah pertanyaan, termasuk :

  • Kapan pertama kali Anda mengalami gejala-gejala ini?
  • Apakah Anda memiliki gejala seperti rasa nyeri atau vertigo yang kemudian hilang dengan sendirinya?
  • Apakah Anda memiliki infeksi telinga?
  • Apakah Anda terkena suara keras?
  • Apakah Anda berenang atau menyelam baru-baru ini?
  • Apakah Anda baru saja melakukan perjalanan udara?
  • Apakah Anda memiliki cedera kepala?
  • Apakah Anda memasukkan sesuatu ke dalam telinga Anda untuk membersihkannya?

Apa yang dapat Anda lakukan sementara itu

Jika Anda menduga bahwa Anda mengalami gendang telinga pecah, berhati-hatilah menjaga telinga Anda. Pastikan telinga Anda selalu kering untuk mencegah infeksi. Jangan pergi berenang. Untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga saat mandi atau menggunakan shower, gunakan moldable, penyumbat telinga silikon yang tahan airatau tempatkan bola kapas yang dilapisi dengan petroleum jelly di telinga luar Anda.

Jangan menaruh obat tetes di telinga Anda kecuali jika diresepkan oleh dokter Anda secara khusus untuk mengatasi infeksi yang terkait dengan kondisi gendang telinga Anda yang pecah.

TES DAN DIAGNOSIS

Dokter keluarga Anda atau spesialis THT biasanya dapat dengan mudah menentukan apakah Anda mengalami gendang telinga yang berlubang melalui pemeriksaan visual dengan menggunakan instrumen berlampu (otoscope).

Dokter mungkin perlu melakukan tes tambahan untuk menentukan penyebab pecahnya gendang telinga Anda atau tingkat kerusakan yang Anda alami. Tes ini meliputi :

  • Tes laboratorium. Jika ada cairan yang keluar dari telinga Anda, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan tes laboratorium atau kultur untuk mendeteksi adanya infeksi bakteri di dalam telinga tengah Anda.
  • Evluasi menggunakan garpu tala. Garpu tala yang bercabang dua, merupakan instrumen logam yang menghasilkan suara bila dipukul. Tes sederhana dengan garpu tala dapat membantu dokter mendeteksi gangguan pendengaran. Evaluasi tuning fork juga dapat mengungkapkan apakah gangguan pendengaran yang Anda alami disebabkan oleh kerusakan pada bagian bergetar pada telinga tengah (termasuk gendang telinga Anda), kerusakan sensor atau saraf telinga bagian dalam, atau kerusakan pada keduanya.
  • Timpanometri. Timpanometer dilengkapi dengan perangkat yang dapat dimasukkan ke dalam saluran telinga Anda untuk mengukur respon gendang telinga terhadap perubahan tekanan udara. Pola-pola tertentu dari respon ini dapat menunjukkan ada  atau tidaknya kerusakan atau robekan pada gendang telinga.
  • Pemeriksaan audiologi. Jika tes pendengaran lainnya tidak dapat memberikan kesimpulan jelas mengenai gangguan pendengaran Anda, dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan audiologi, serangkaian tes ketat berkalibrasi yang dilakukan di bilik kedap suara guna mengukur seberapa baik Anda mendengar suara pada volume dan pitch yang berbeda.

Perawatan dan Obat-obatan

Gendang telinga yang pecah biasanya bisa sembuh tanpa pengobatan setelah beberapa minggu. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik tetes jika ditemukan bukti infeksi pada telinga Anda. Jika robekan atau lubang di gendang telinga Anda tidak sembuh dengan sendirinya, pengobatan akan dilakukan dengan cara menutup robekan tersebut. Prosedur yang biasanya digunakan termasuk:

  • Penambal (patch) gendang telinga. Jika robekan atau lubang di gendang telinga Anda tidak menutup dengan sendirinya, seorang spesialis THT dapat menutupnya dengan patch atau tambalan. Prosedur ini biasanya dapat dilakukan di kantor dokter. Dokter THT Anda mungkin akan meneteskan cairan kimia pada tepi air mata untuk merangsang pertumbuhan dan kemudian menerapkan tambalan di atas lubang. Prosedur ini mungkin perlu diulang lebih dari sekali sebelum menutup lubang.
  • Operasi. Jika tambalan tidak juga kunjung menghasilkan kesembuhan yang diinginkan atau jika dokter THT Anda berpikir bahwa robekan tidak mungkin disembuhkan dengan tambalan, ia mungkin akan menyarankan operasi. Prosedur bedah yang paling umum disebut timpanoplasti. Dokter bedah Anda mencangkokkan tambalan kecil dari jaringan tubuh Anda sendiri untuk menutup lubang di gendang telinga. Prosedur ini merupakan prosedur rawat jalan, yang berarti Anda biasanya bisa pulang pada hari yang sama kecuali jika anestesi medis mengharuskan Anda untuk tetap tinggal di rumah sakit.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Gendang telinga yang pecah biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Pada beberapa kasus, penyembuhan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Sebelum dokter Anda memberitahu bahwa telinga Anda telah sembuh, Anda dapat melindunginya dengan melakukan hal berikut:

  • Menjaga telinga tetap kering. Tempatkan penyumbat telinga berbahan silikon yang tahan air atau kapas bola yang dilapisi dengan petroleum jelly di telinga Anda saat mandi atau shower.
  • Menahan diri dari membersihkan telinga. Berikan waktu gendang telinga Anda untuk sembuh sepenuhnya.
  • Hindari meniup hidung Anda. Tekanan yang timbul ketika Anda meniup hidung dapat merusak gendang telinga dan memperlambat proses penyembuhan.

PENCEGAHAN

Ikuti tips ini untuk menghindari gendang telinga yang pecah atau berlubang :

  • Mngobati infeksi telinga tengah. Waspadalah terhadap tanda-tanda dan gejala infeksi telinga tengah, termasuk sakit telinga, demam, hidung tersumbat dan berkurangnya pendengaran. Anak-anak dengan infeksi telinga tengah seringkali menggosok atau menarik telinga mereka. Segera ke dokter agar telinga Anda dapat diperiksa oleh dokter perawatan primer Anda untuk mencegah potensi kerusakan pada gendang telinga.
  • Lindungi telinga Anda selama penerbangan. Jika memungkinkan, usahakan untuk tidak bepergian dengan pesawat terbang jika Anda sedang demam dingin atau alergi aktif yang menyebabkan hidung atau telinga Anda tersumbat. Selama lepas landas dan pendaratan, pastikan telinga Anda berfungsi dengan baik dengan penyumbat telinga yang dapat menyamakan tekanan udara dalam telinga, menguap atau mengunyah permen karet. Atau menggunakan manuver Valsalva – lembut menarik napas perlahan-lahan, sseolah-olah meniup hidung, dan pada waktu yang sama memencet hidung Anda dan menjaga mulut Anda tetap tertutup. Jangan tidur saat lepas landas dan mendarat.
  • Jauhkan telinga Anda dari benda asing. Jangan pernah mencoba untuk mengorek kotoran telinga atau kotoran yang mengeras kotoran dengan bahan-bahan seperti kapas, klip kertas atau jepit rambut. Item ini dapat dengan mudah robek atau menusuk gendang telinga Anda. Beri tahu anak-anak Anda mengenai kerusakan dan bahaya yang dapat ditimbulkan akibat menggunakan benda asing untuk mengorek telinga.
  • Jauhkan telinga Anda dari kebisingan yang berlebihan. Lindungi telinga Anda dari kerusakan yang tidak perlu dengan memakai penutup telinga pelindung atau penutup telinga di tempat kerja atau selama kegiatan rekreasi jika lingkungan sekitar terlalu bising.