Gerakan Senam Hamil untuk Memperbaiki Posisi Bayi Sungsang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap ibu pasti menginginkan proses persalinan yang normal. Tentunya persalinan normal harus didukung oleh fisik ibu yang sehat dan kehamilan yang tanpa komplikasi, yaitu dengan posisi kepala bayi di bagian bawah saat mendekati masa persalinan.

Tidak jarang juga kepala bayi belum berada di jalan lahir sampai waktu kelahiran tiba. Jika sudah begitu, dokter akan melakukan penanganan dengan memilih tindakan seperti operasi cesar. Namun tahukah Anda bahwa memperbaiki posisi bayi sungsang dapat dilakukan secara alami dengan senam hamil?

Senam hamil dapat memperbaiki posisi bayi sungsang sehingga ibu dapat melahirkan secara normal dengan posisi bayi normal. Bagaimana senam hamil itu? Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki posisi bayi sungsang, yaitu:

  1. Memiringkan panggul

Baringkan diri Anda terlentang dengan panggul agak diangkat. Letakkan bantal di bawah pinggul dan tekuk lutut Anda. Tahan selama 10 menit. Lakukan gerakan ini 3 kali dalam sehari. Posisi ini sebaiknya dilakukan sebelum makan dan ketika bayi sedang aktif.

  1. Knee Chest

Gerakan senam kehamilan ini posisinya seperti menungging kearah samping. Melakukan gerakan ini jangan sampai menekan perut terlalu kuat. Anda dapat mengatur nafas yang benar sebanyak sepuluh kali. Lakukan gerakan ini berulang-ulang sesuai dengan kemampuan.

  1. Posisi dada ke lutut

Cara ini dilakukan yaitu dengan berlutut di atas matras dengan bokong terangkat ke atas. Sementara itu kepala, bahu, dan dada bagian atas menempel ke matras. Buka kaki lebar-lebar dan usahakan posisi paha tidak menempel ke perut. Tahan posisi ini selama 15 menit. Tujuan dari senam hamil untuk bayi sungsang ini adalah untuk memberi ruang gerak pada bayi sehingga bayi bisa meluncur ke panggul. Lakukan gerakan ini tiga kali sehari.

  1. Mengangkat panggul

Berbaringlah dengan menekuk lutut ke atas. Letakkan kedua tangan sejajar di samping tubuh. Ambil napas dalam-dalam, lalu naikkan perut perlahan-lahan. Tahan beberapa saat, lalu turunkan perut sambil membuang napas. Lakukan sehari 10 kali.

  1. Gerakan melahirkan

Posisikan tubuh berjongkok dengan kaki terbuka lebih lebar dari bahu. Letakkan tangan di depan dada, seperti posisi berdoa. Gunakan siku untuk menahan bukaan kaki dan tahan selama 30 detik. Jika perut semakin besar seiring bertambahnya usia kehamilan, Anda bisa melakukannya sambil bersandar di dinding untuk membantu menjaga.

  1. Yoga headstand

Yoga headstand merupakan contoh senam ibu hamil yang sedikit ekstrim, jika Anda akan melakukan gerakan ini harus mendapat bantuan dari orang lain. Untuk ibu hamil yang menderita hipertensi dan anemia dilarang untuk melakukan gerakan senam ini. Gerakan senam ibu hamil ini sebaiknya juga dilakukan oleh orang yang sudah terbiasa dengan gerakan tersebut.

  1. Yoga downward

Senam ibu hamil untuk bayi sungsang yang berikutnya yaitu Yoga downward. Posisi senam kehamilan ini dengan mengangkat perut dan pantat menggunakan kedua kaki dan tangan hingga membentuk posisi melengkung dengan pantat berada di atas.

8. Merangkak
Gerakan ini seperti kucing yang sedang merangkak yaitu dimulai dengan gerakan merangkak kemudian secara perlahan ambil nafas dan lengkungkan punggung. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here