Gigi Bungsu

SehatFresh.com – Gigi bungsu ialah gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh di akhir usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh tahunan. Dengan tumbuhnya gigi bungsu ini, sering kali menimbulkan masalah, yaitu rasa nyeri yang hebat. Gejala ini biasanya terjadi apabila sudah tidak ada lagi ruang yang tersisa pada gusi yang bisa ditempati gigi bungsu. Pada usia yang sudah terbilang dewasa, ke-28 gigi manusia telah berderet rapi memenuhi gusi. Gigi bungsu akan terhimpit, muncul sebagian saja, atau tumbuh di bagian sudut gusi.

Gejala tersebut merupakan gejala tumbuh gigi molar ketiga atau biasa disebut gigi bungsu. Gigi bungsu atau gigi molar ketiga biasa tumbuh dalam rentang umur 17-24 tahun. Jika gigi ini tumbuh miring, maka muncul gejala bengkak, nyeri, atau bahkan demam. Terlebih jika gigi ini menusuk gusi, akan menjadi sangat nyeri. Gigi bungsu akan tumbuh di empat bagian rahang, yaitu kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang.

Selain rasa sakit atau nyeri, gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna juga bisa menyebabkan penimbunan plak yang berasal dari bakteri atau makanan yang terselip di sisi-sisi gigi bungsu. Jika dibiarkan, penimbunan plak ini seiring waktu berpotensi mengarah pada risiko penyakit gusi, pembusukan gigi, perikoronitis (infeksi pada jaringan lunak di sekitar gigi), dan selulitis (infeksi lapisan dalam yang menyerang tenggorokan, lidah, serta pipi). Selain itu, meski jarang sekali terjadi, penimbunan plak berisiko menyebabkan kista pada gusi dan bahkan tumor.

Selain efek nyeri, gigi bungsu yang tumbuh miring ini dapat mempengaruhi susunan gigi lainnya yang tumbuh lebih dulu. Jika gigi bungsu ini tumbuh miring lalu berbahaya bagi gigi lain atau bahkan gusi, maka harus dicabut. Pencabutan gigi ini biasa disebut operasi odontektomi dan harus ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut. Sebelumnya akan dilakukan foto rontgen panoramic gigi untuk melihat kemiringan gigi.

Sebelum semua risiko buruk tersebut terjadi, ada baiknya jika Anda periksakan diri ke dokter apabila pertumbuhan gigi bungsu menimbulkan rasa sakit. Hal ini dimaksudkan agar dokter dapat memutuskan untuk mencabut atau tidaknya gigi bungsu tersebut.

Tidak semua orang akan mengalami tumbuhnya gigi bungsu. Bahkan di kisaran umur 40 tahun seseorang bisa mengalami kambuh sakit akibat gigi bungsu ini. Jjika gigi bungsu ini muncul pada wanita hamil, maka tidak boleh dicabut. Yang paling aman adalah diberi analgesik dengan jenis dan dosis yang tepat untuk wanita hamil.

Sumber gambar : bedahmulutpurwokerto.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY