Gizi yang Baik untuk Tumbuh Kembang Otak Anak

SehatFresh.com – Anak merupakan dambaan bagi setiap keluarga, orang tua akan rela melakukan apapun demi anak, terlebih dalam meberikan asupan gizi yang baik. Gizi yang baik untuk perkembangan otak anak diperoleh melalui makanan yang diberikan. Pertumbuhan otak terjadi sepanjang masa kanak-kanak, tapi sebagian besar terjadi selama beberapa tahun pertama. Saat lahir berat otak 300 sampai 350 gram. Berat otak sekitar 2% dari berat badan. Otak Anda menggunakan 20% oksigen tubuh dan 20% – 30% dari energi tubuh Anda.

Gizi yang baik diperoleh dari asupan makanan, asupan makanan yang buruk justru akan memperlambat tumbuh kembang otak.Simak baik-baik sumber makanan yang sangat bermanfaat bagi otak anak.

  • Susu

ASI maupun susu formula merupakan minuman sehat yang kaya akan sumber nutrisi seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B dan D yang berperan sebagai nutrisi penting dalam pertumbungan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Anak-anak, mulai dari bayi hingga usia remaja yang sedang dalam proses pertumbuhan sangat membutuhkan manfaat susu.

  • Telur

Kolin ialah zat dalam telur yang sangat penting untuk membangun sel-sel memori di dalam otak kita. Memasak beberapa telur orak-arik untuk anak Anda di setiap sarapan paginya.

  • Ikan

Ikan berlemak merupakan sumber vitamin D dan omega 3 yang melindungi otak dari penurunan kognitif dan memori . Ikan Sarden, salmon, dan tuna adalah ikan yang kaya akan senyawa ini . Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Anak yang mengonsumsi omega 3 akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan menjadi lebih cerdas.

  • Daging

Daging segar sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan memori, serta baik untuk membangun kekuatan tulang Anak. Namun, yang perlu diingat ialah daging harus segar dan bebas dari zat-zat pengawet yang memiliki efek samping yang tidak baik.

  • Sayuran Berwarna

Sayuran berwarna, seperti labu, wortel, bayam merah, dan tomat merupakan sayuran yang memiliki nutrisi tinggi dan kaya akan antioksidan yang membantu memperkuat sel-sel otak. Sel-sel otak yang kuat akan membantu anak cerdas dalam berpikir dan mengingat berbagai hal yang dipelajarinya.

  • Buah Beri

Buah-buahan berwarna ini jika semakin kuat warnanya maka akan semakin banyak nutrisi yang di kandungnya bagi pembentukan otak anak cerdas. Beri termasuk di dalamnya strawberry, cherry, bluberry, dan blackberry mengandung antioksidan kadar tinggi terutama vitamin C yang berfungsi untuk mencegah kanker. Bahkan biji pada buah beri ini juga mengandung lemak omega 3 yang membantu memperbaiki fungsi daya ingat pada anak cerdas.

  • Kacang Hijau

Makanan ini kaya akan kandungan protein dan karbohidrat yang komplek, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubuh dan perkembangan otak.

  • Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat yang terdapat pada sereal, secara bertahap karbohidrat ini akan diserap oleh otak anak selama proses belajar di sekolah. Oat juga mengandung vitamin E, B, potassium, dan zinc yang membantu tubuh dan otak bekerja secara optimal.

  • Ubi dan Kentang

Ubi dan kentang sarat dengan antioksidan dan vitamin A, selain itu juga bisa merangsang produksi neuron baru.

Demikan jenis makanan yang mengandung  gizi baik. Jangan sampai Anda salah dalam memberikan asupan gizi bagi otak anak.

Sumber gambar : www.gulalives.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY