Gondongan Penyebab Infertilitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com РInfertilitas menurut peneliti adalah kegagalan dari pasangan suami-istri untuk mengalami kehamilan setelah melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi selama satu tahun, atau bisa dikatakan infertilitas apabila keadaan dimana salah satu atau salah dua dari pasangan suami istri tersebut mengalami kemandulan.

Terdapat dua jenis infertilitas. Infertilitas primer, dimana pasangan suami istri yang sama sekali belum pernah memiliki anak. Infertilitas sekunder, dimana pasangan suami istri telah memiliki anak sebelumnya tetapi kini tidak lagi setelah satu tahun berhubungan.

Infertilitas atau kemandulan bisa menjadi masalah bagi Anda yang sudah berumah tangga dan tak kunjung diberikan keturunan. Infertilitas dapat menyerang pria maupun wanita, namun sebanyak 30% kasus pada infertilitas banyak terjadi gangguan pada pria. Pada keadaan ini terdapat dua kemungkinan. Pertama adalah infertilitas pria jadi masalah dalam kehamilan. Kedua adalah infertilitas kombinasi sehingga menghambat kehamilan karena wanita juga mempunyai masalah kesuburan.

Beberapa faktor yang memengaruhi infertiltas pada pria salah satunya karena penyakit. Penyakit yang bisa mengakibatkan kemandulan salah satunya adalah Gondongan.

Gondongan atau mumps adalah jenis penyakit berasal dari virus Paramiksovirus RNA. Virus akan menginfeksi kelenjar Parotid (kelenjar ludah). Gondongan biasa terjadi pada bagian depan dan bawah telinga dan bisa terjadi di satu sisi atau dua sisi leher sekaligus. Penderita tidak akan segera merasakan dampak dari gondongan tersebut, butuh waktu sekitar 2-3 minggu bagi penderita. Virus bisa masuk keseluruh tubuh melalui kelenjar getah bening menuju ke saluran ludah. Virus juga bisa masuk ke dalam susunan syaraf pusat otak, pankreas, ovarium pada wanita, dan testis pada pria. Gejala yang paling akan terlihat adalah pembengkakan kelenjar ludah. Bagian yang bengkak terasa nyeri, demam, lemah, letih, lesu serta merasa nyeri saat mengunyah dan menelan makanan.

Berikut beberapa gejala Gondongan yang dapat menyebabkan infertilitas:

  • Penderita mengalami demam tinggi dan menggigil.
  • Nyeri pada buah zakar bagian kanan atau kiri.
  • Buah zakar ikut membengkak dan lunak, serta warna kulit yang berubah menjadi kemerahan. Biasanya ini terjdi selama 4 hari.
  • Sakit kepala.
  • Rasa nyeri pada perut bagian bawah.

Virus Gondongan mudah menular. Cara penularannya antara lain dengan liur. Penggunaan sendok dan gelas secara bersama-sama dapat menjadi sarana virus menulari banyak orang. Penggunaan media ludah tersebut dinamakan droplet. Gondongan juga bisa menular melalui muntah dan urin.

Penyakit ini masih dianggap enteng untuk beberapa orang. Pria yang sudah akhil baligh akan berdampak buruk jika terserang penyakit ini. Gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, virus tersebut tidak hanya berhenti pada kelenjar ludah saja namun bisa menjalar mencapai testis dan merusak reproduksi sperma. Virus yang sudah sampai ke testis, maka testis akan menjadi bengkak. Hal ini berakibat pada kesuburan sprema penderita. Inilah alasan bahwa penyakit Gondongan dapat menyebabkan kemandulan bagi pria yang mengalaminya. Gondongan dapat mengakibatkan infertilitas jika menyerang anak pada masa pubertas, tetapi ini tidak dapat terjadi pada wanita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY