Gondongan saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com РGondongan adalah penyakit yang menyerang kelenjar ludah yang disebabkan oleh virus Paramyxovirus. Gondongan dapat menyerang siapa saja baik muda ataupun tua baik ia perempuan maupun laki-laki. Pada penyebarannya virus ini tergolong mudah karena dapat tertular melalui bersin, liur, dan urin. Gondongan pada pria dapat mengakibatkan banyak kompilkasi berbahaya karena  dapat mengakibatkan infertilitas. Lalu, bagaimana jika Gondongan terjadi pada ibu hamil?

Wanita hamil biasanya memiliki imunitas dalam tubuh yang cukup untuk memerangi Gondongan. Hal ini bisa terjadi karena ibu hamil pernah terinfeksi Gondongan sebelum hamil tua sehingga mempunyai zat kekebalan tubuh untuk menolak Gondongan datang kembali atau ibu hamil yang telah menjalani vaksinasi, salah satu pencegah penyakit Gondongan adalah menggunakan vaksin MMR. Kondisi seperti itu membuat resiko komplikasi dari terserangnya Gondongan pada saat hamil pun jarang timbul.

Infeksi gondongan yang terjadi selama kehamilan kebanyakan berkisar antara 1-10 kasus dari 10.000 kehamilan. Gejala-gejala yang timbul jika ibu terinfeksi Gondongan pada saat hamil seperti infeksi pada saluran pernapasan atas, demam, radang tenggorokan, batuk atau pembengkakan kelenjar.

Jika infeksi gondongan terjadi pada masa trimester pertama kehamilan, beberapa studi melaporkan adanya tingkat keguguran janin hingga mencapai angka 27%. Terburuk bagi ibu hamil meskipun jarang terjadi, ibu dapat mengalami inflamasi/radang otak, gangguan pankreas, dan kehilangan pendengaran yang biasanya terjadi pada salah satu telinga dan bersifat sementara.

Meskipun virus paramyxovirus dapat menyerang pada organ lain dalam tubuh, termasuk ovoritis (radang pada indung telur), namun ibu hamil yang terinfeksi penyakit gondong tidak akan menularkan pada janinnya. Virus ini juga tidak akan menyebabkan cacat bawaan pada janin, seperti penyakit rubella. Meskipun demikian, ibu yang berencana untuk hamil dalam waktu tiga bulan kedepan tidak diperkenankan untuk divaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella). Tetapi vaksin ini tidak boleh diberikan pada ibu hamil atau wanita yang merencanakan untuk hamil dalam tiga bulan mendatang. Namun, jika vaksin MMR diberikan kepada anak dari seorang ibu tersebut tidak akan membawa masalah apa-apa.

Tidak terdapat perawatan khusus yang dilakukan pada ibu hamil yang mengalami Gondongan, karena penyakit ini adalah jenis penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Penggunaan antibiotika pun dirasa tidak perlu karena penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga tidak akan mati dengan antibiotika. Secara umum tidak ada obat yang khusus untuk gondongan, obat yang diberikan hanya untuk mengurangi gejalanya saja seperti mengurangi demam dan rasa sakit dapat menggunakan Parasetamol.

Mengkompres hangat atau dingin bagian yang bengak dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri di pipi. Penyembuhan penyakit ini bergantung pada daya tahan tubuh dari penderita jika daya tahan tubuh bagus, maka akan lebih cepat sembuh dan juga sebaliknya. Pencegahan dari penyakit ini cukup mudah dengan cara seperti: mencuci tangan, mencuci piring dengan hati-hati, menghindari kontak langsung dengan orang lain yang terkena gondongan, membuang tissue bekas pakai dengan benar, mengkonsumsi makanan bergizi, banyak minum, dan cukup istirahat adalah yang dapat ibu lakukan untuk mencegah terserangnya penyakit ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY