Hal-hal yang Harus Dihindari Oleh Anak Penderita Penyakit Flu Singapura

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit flu singapura yang terjadi pada anak biasanya ditandai demam, adanya ruam di kaki dan tangan. Selain itu penyakit ini menimbulkan bintik-bintik atau luka di sekitar bibir, gusi dan tenggorokan. Tanda dan gejala dari penyakit flu singapura memang cukup seram sehingga banyak orangtua merasa khawatir dan panik apabila anaknya mengalami hal tersebut.

Sebenarnya adakah pantangan bagi anak yang mengalami flu singapura dan apa saja anjuran bagi anak yang mengalami kondisi tersebut? Penyakit flu singapura adalah jenis penyakit infeksi virus yang menyerang tangan, kaki dan mulut. Penyakit ini disebabkan oleh Enterovirus 71 atau Coxsackievirus A16.

Penyakit ini terkadang dapat sembuh sendiri apabila kondisi sistem kekebalan tubuh anak tersebut dalam kondisi baik. Pengobatan dan penanganan yang diberikan juga dapat anda lakukan di rumah. Terkecuali apabila kondisi sistem kekebalan tubuh anak memburuk anda harus segera membawanya ke dokter agar anak mendapatkan pemeriksaan dan penangan lebih lanjut. Jadi kondisi ini tidak ada pantangan khusus untuk makanan.

Dikalangan masyarakat ada sebuah isu dan anggapan yang menyatakan bahwa apabila seorang anak mengalami beberapa masalah kulit seperti cacar, herpes dan flu singapura tidak boleh di mandikan. Apakah pantangan tersebut benar adanya? Bagaimana menurut pandangan dokter?

Menurut pernyataan dokter Marissa Pudjiadi, SpA menyatakan bahwa sebaiknya anak yang mengalami flu singapura tetap dimandikan dan ada baiknya air mandinya diberikan antiseptik. Selama anak tidak mengalami demam tinggi maka boleh-boleh saja anak mandi atau terkena angin.

Namun anggapan bahwa anak tidak boleh dimandikan dan terkena angin karena anak mengalami demam dan tidak tahan angin sehingga hal tersebut masyarakat menganggap jika anak cukup di lap dengan waslap dan air hangat. Akan tetapi bukanlah suatu yang benar-benar tidak diperbolehkan.

Berikut ini beberapa anjuran yang harus dilakukan pada anak yang mengalami flu singapura, antara lain sebagai berikut :

  1. Istirahat yang cukup untuk mempertahankan kebugaran dan kesegaran tubuh.
  2. Mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti memperbanyak makan buah dan sayur, susu, daging dan lain-lain yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Mengkonsumsi banyak air putih untuk mempertahankan kebutuhan cairan agar dapat menghindari terjadinya dehidrasi.
  4. Kurangi aktifitas diluar rumah dan jangan terlalu banyak min. Hal ini bertujuan untuk proses pemulihan dan baik untuk menjaga psikis anak yang merasa malu dengan munculnya bintik-bintik di tangan dan kakinya.
  5. Usahakan tidak menggaruk bagian luka atau ruam yang muncul.
  6. Konsumsi obat-obatan yang diberikan dokter agar proses pemulihan dapat berlangsung dengan cepat.
  7. Menjaga kebersihan tubuh anak untuk menghindari perkembangbiakan virus tersebut. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here