Hal yang Harus Orang Tua Ajarkan Kepada Anak Tentang Empati

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang tua pasti ingin menjadi yang baik bagi buah hatinya dan tentunya pasti ingin buah hatinya tumbuh menjadi anak yang baik dan mampu beradaptasi pada lingkungannya termasuk pada teman-teman seumurnya. Dengan memiliki rasa empatik terhadap lingkuangn dan teman sebayanya, anda dapat menganjarkan buah hati anda untuk menanamkan karakter sifat tersebut dengan melihat sekelilingnya dan memberikan contoh dari sifat empati tersebut kepada anak anda secara dini. Agar dia dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat untuk semua orang.

Sifat empati tersebut adalah salah satu sifat yang baik yang akan memberikan anak anda menjadi pribadi yang di sukai sekelilingnya dengan mampu menempatkan diri pada posisi yang orang lain rasakan hal tersebut merupakan landasan penting dalam membangun kepedulian buah hati anda terhadap orang lain.

Salah satu penelitian di University California menemukan bahwa anak yang berusia 18 bulan bahkan sudah mampu untuk mengusai komponen kunci dari sifat empati. Yaitu dengan mempu memahami perasaan orang lain atau teman sebayanya. Dan pada usia 4 tahun anak akan berubah dari membuat gerakan fisik yang akan menandakan bahwa anak itu sudah mulai peduli dan mulai berfikir tentang perasaan orang lain yang akan terhubung dengan perasaan mereka sendiri.

Banyak sekali proses yang akan terjadi secara alamiah yang anak dapatkan tetapi sebagai orang tuapun perlu untuk mengajarkan secara dini mungkin akan sikap empati terhadap orang lain tersebut. Ada beberapa perasaan empati yang dapat anda ajarkan seperti:

  1. Dengan Bermain Bersama

Anda dapat kembangkan buah hati anda pada usia 2-3 tahun dengan permainan simbolik dan kembangkan imaginasi sedemikian rupa ketika bermain bersamanya.

  1. Sesekali mengajak buah hati anda untuk beres beres rumah

Pada anak usia 2 tahun sudah dapat membantu mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan, hal ini akan menumbuhkan karakter sikap pada anak anda.

  1. Membacakan sebuah cerita tentang tokoh tokoh yang mempunyai sifat empati tinggi

Cara ini akan mendorong buah hati anda untuk berfikir dan meniru sifat sifat dari tokoh tersebut yang akan dia aplikasikan pada kebiasaannya.

  1. Biarkan anak berteman dan bermain dengan anak yang lainnya

Salah satu ini adalah hal yang tersulit bagi orang tua karena khawatir jika teman temannya bersikap buruk tetapi hal ini tidak perlu anda khawatirkan orang tua hanya mengawasi tanpa membatasi setiap gerak dan prilaku anaknya selama itu masih dapat dikendalikan.

  1. Ajarkan untuk membantu orang lain

Orang tua menjadi contoh yang uatama yang akan dilihat oleh anaknya, maka dari itu ajarkan anak anda untuk membantu orang lain seperti jika anda tetangga yang sakit atau kesusahan anda dapat mengajak anak anda untuk menjenguknya dan bersikap lemah lembut dan ramah terhadap orang lain. Dan ajarkan anak anda untuk tidak sungkan mengucapkan kata Terimakasih terhadap orang lain.

  1. Dekatkan anak anda dengan Tuhannya

Ini menjadi awal kehidupan manusia ketika buah hati anda dilahirkan bahkan sejak ia masih didalam kandungan anda perlu mengenalkan buah hati anda kepada tuhannya, dengan berbagai sikap yang perlu anda syukuri atas Nikmat Tuhannya tersebut.(NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here