Hal-hal yang Menyebabkan Bayi Menolak MPASI

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah para ibu merasa bingung mengapa bayi Anda menolak MPASI? Untuk mengatasinya, perlunya para ibu mengetahui sebab bayi menolak MPASI. Artikel berikut akan menjawab kebingungan Anda.

Apa Saja Hal-hal yang Menyebabkan Bayi Menolak MPASI?

Mulai memasuki usia 6 bulan, ibu sudah mulai memberikan  MPASI. Tapi sayangnya bayi seringkali menolak MPASI. Bayi menolak MPASI pada umumnya karena penampilan, tekstur, dan bau makanan yang membuat bayi tidak menyukainya. Seringkali rasa sakit saat mulai tumbuh gigi membuat bayi tidak mau mengunyah, mengolah, dan menelan.

Para ibu selalu yang merasa khawatir dengan tekstur makanan. Tentunya tekstur makanan bayi harus dimulai dari tekstur yang lembut sedikit kasar, kemudian padat. Sebaiknya saat pemberian MPASI yang pertama, campurkan saja dengan ASI agar bayi tidak kaget untuk memakannya.

Setidaknya ada beberapa hal berikut ini yang membuat bayi menolak MPASI:

  • Belum Mengenal Rasa

Bayi menolak MPASI karena belum mengenal rasa. Hal ini bisa diantisipasi dengan memberikan berbagai macam variasi rasa untuk MPASI sehingga bayi dapat mengingat rasa dan tidak merasa bosan dengan MPASI yang rasanya monoton.

  • Belum Mengenal Tekstur Makanan

Bayi menolak MPASI juga karena belum mengenal tekstur MPASI sehingga bayi perlu beradaptasi. Sebaiknya bayi diperkenalkan dengan MPASI dari bubur yang sudah disaring bertahap dari tekstur paling lembut ke tekstur yang lebih padat.

  • Memberi Makan Bayi Sambil Jalan-jalan

Ibu seringkali mengajak bayinya makan sambil jalan-jalan agar bayinya tidak menolak MPASI. Padahal cara makan yang baik dengan duduk di tempat makan sambil bercerita atau melihat aktivitas lain sangat lah perlu diajarkan sejak dini.

Setiap kekhawatiran ibu agar bayi tidak terus-menerus menolak MPASI ialah dengan mengetahui jadwal makan sehingga bayi makan di waktu yang lebih teratur. Tingkatkan rasa sabar dan kreatif untuk membuat makanan bervariasi sehingga bayi mau menerima MPASI. Alihkan bayi sambil bercerita dan mulai masukkan MPASI ke dalam mulut bayi.

Buatlah jadwal menu MPASI setiap hari agar bayi tidak bosan dengan MPASI yang monoton. Saat memberi MPASI hanya dilakukan satu orang saja agar tidak menyulitkan bayi. Jangan berikan ASI yang terlalu kenyang pada bayi sehingga mau menerima saat diberikan MPASI. Bayi yang lebih merasa kenyang karena ASI lebih suka menolak makan MPASI. Berikan contoh pada bayi dengan memasukkan makanan ke dalam mulut ibu agar bayi mau menirunya.

Demikian informasi mengenai hal-hal yang menyebabkan bayi menolak MPASI. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para Pembaca agar dapat mengatasi bayi dengan bijak saat menolak MPASI karena lebih suka minum ASI. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here