Hal-hal yang Menyebabkan Robeknya Selaput Dara

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbicara mengenai keperawanan memang merupakan hal yang sangat sensitif, salah satu yang berkaitan dengan keperawanan adalah robeknya atau hilangnya selaput dara.

Bagai perhiasan yang sangat berharga setiap wanita tentu ingin menjaga selaput dara miliknya sebaik mungkin. Menurut pengertiannya selaput dara adalah selaput yang tipis yang menutup bagian luar vagina. Bentuk dari selaput dara sendiri umumnya adalah seperti bulan sabit atau setengh lingkaran. Seiring dengan bertambhanya usia maka tingkat keelastisan dari selaput dara pun meningkat sampai pada masa pubertas.

Sampai saat ini masih beredar persepsi bahwa robeknya selaput dara maka sudah dipastikan seorang wanita tersebut sudah tidak perawan lagi. Pada wanita yang selaput daranya robek umumnya mengeluarkan bercak darah, terjadinya pendarahan sedang yaitu sekitar 10-15 menit sampai pendarahan yang parah yang bisa mencapai 1-2 hari.

Bagi beberapa wanita yang telah melakukan hubungan seksual pertama kalinya ada juga yang selaput daranya tidak robek, ini semua bergantung dengan kesehatan dan keelastisan selaput dara yang dimiliki wanita tersebut. selain karena melakukan hubungan seksual selaput dara juga bisa robek karena sebab atau faktor lain, berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan robeknya selaput dara:

  • Berhubungan seksual. Pada saat melakukan hubungan seksual sudah pasti akan terjadi penetrasi, dengan adanya penetrasi maka ini dapat membuat selaput dara yang menutup sebagian lubang vagina menjadi robek.
  • Melakukan olah raga yang berat. Olahraga ini seperti bersepeda, berkuda, senam, bela diri dan cheerleader dapat membuat selaput dara robek, karena gerakan-gerakan yang dilakukan saat melakukan olah raga tersebut yang membuat terjadinya peregangan pada vagina sehingga membuat selaput dara robek.
  • Kecelakaan. Kecelakaan juga bisa menjadi sebab dari robeknya selaput dara, jika seorang wanita mengalami kecelakaan kemudian terjatuh dan menimbulkan luka pada vagina maka ini bisa menimbulkan selaput dara robek.
  • Salah memakai tampon. Benda berbentuk silinder ini berfungsi untuk menyerap darah saat haid tiba. Berbeda dengan pembalut, cara penggunaan tampon adalah dengan memasukannya ke dalam vagina, pad saat inilah rentan selaput dar robek karena kesahalan dalam pemasangan tampon.

Jika Anda sering melakukan hal-hal seperti diatas maka sebaiknya lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan tersebut demi terjaganya selaput dara yang Anda miliki. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY