Hal-Hal yang Menyebabkan Tumit Kering dan Kasar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tumit, salah satu bagian kaki yang sering kali luput dari perhatian, namun pernahkah Anda melihat seseorang yang tumit kakinya pecah-pecah? Apakah penyebabnya? Dan bagaimana bisa itu terjadi? Tumit pecah-pecah adalah salah satu masalah yang cukup mengganggu aktivitas dan juga dapat menurunkan kadar percaya diri seseorang. Tumit bisa mengalami pecah-pecah karena terjadinya kekeringan pada daerah tersebut, keringnya daerah tumit akan membuat tumit menjadi kasar dan akhirnya akan pecah-pecah. Selain terjadinya pecah-pecah keadaan ini pun muncul bersamaan dengan rasa perih dan gatal. Jika sudah begini, ini bisa menjadi salah satu penghalang aktivitas Anda dalam berjalan.

Sering kali penggunaan sabun yang tidak cocok dengan kulit dijadikan tersangka pada kasus ini, namun selain itu ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan tumit kering dan kasar, hal-hal tersebut adalah:

  • Cuaca. Pada cuaca dingin kulit kaki akan mengalami perubahan tekstur, menjadi lebih kering, dan hal ini dapat menyebabkan tumit seseorang kering dan kasar.
  • Mandi air panas. Anda yang diharuskan mandi pada pagi hari kebanyakan akan memiliih untuk mandi dengan air panas daripada air dingin untuk menetralisir suhu tubuh setelah bangun tidur. Namun, ternyata mandi dengan air panas ternyata malah dapat membuat kulit menjadi lebih kering tidak terkecuali pada tumit. Maka dari itu bagi Anda yang sering mandi dnegan air panas, sebaiknya menggunakan air yang tidak terlalu panas saat mandi agar terhindar dari kulit yang kering.
  • Penyakit kulit. Penyakit kulit seperti eksim dapat menjadi pendukung dari timbulnya tumit yang kering dan kasar.
  • Terus menerus menggunakan kaki. Segala aktivitas memang sulit dijauhkan dari penggunaan kaki, menggunakan kaki terlalu sering akan membuat kaki terus bergesekan dengan benda lain hal ini dapat membuat telapak kaki menjadi tebal dan kering.
  • Kaki terkena air terus menerus. Terkena air terus menerus ada bagian kaki bukan berarti akan membuat telapak kaki tidak kering justru kegiatan ini malah akan membuat minyak pada kaki terlepas dan membuat kaki menjadi kering dan kasar.
  • Penggunaan alas kaki. Alas kaki yang tidak pas dengan kaki Anda akan membuat kaki Anda tertekan dengan beberapa bagian sepatu, salah satu akibat yag dapat ditimbulkan karena pemakaian alas kaki yang tidak pas adalah tumit menjadi pecah-pecah.
  • Berat badan. Mempunyai berat badan yang berlebih akan membuat seluruh beban tubuh berada pada kaki, tertekannya lemak pada kaki karena berat badan dapat membuat tumit kering dan pecah-pecah.
  • Kurang memakai pelembab. Tumit yang kering juga dapat disebabkan pada rumah atau kantor Anda mempunyai tingkat kelembapan yang rendah, ditambah Anda kurang menggunakan pelembab pada bagian tubuh Anda termasuk pada tumit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY