Hal-hal yang Perlu Dilakukan Orang Tua Agar Anak Berprestasi di Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sekolah merupakan tempat belajar bagi anak. Sekolah memberikan serangkaian materi untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan dan bakat anak. Di sekolah juga terjadi proses pendewasaan diri untuk anak. Namun sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk mendidik anak, masih ada keluarga serta lingkungan masyarakat. Kunci keberhasilan prestasi anak di sekolah tidak hanya karena guru saja, tetapi ada peran orang tua yang turut ikut serta. Pendidikan yang baik adalah melibatkan orang dewasa, yaitu kedua orang tua. Jika orang tua terlibat langsung dalam pendidikan anak di sekolah maka potensi anak untuk dapat berprestasi di sekolah akan meningkat. Dibalik anak yang selalu berprestasi dan menamatkan pendidikannya dengan baik ada orang tua yang selalu mendukung. Nah Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan orang tua agar anak bisa berprestasi di sekolah:

  1. Perhatian orang tua.

Orang tua sebaiknya memberikan perhatian khusus pada anaknya, memberikan pengalaman dan pemahaman tentang nilai dan tujuan dalam pendidikan. Tunjukan bahwa anda berusaha mengetahui perkembangan anak di sekolah, misalkan dengan berkunjung ke sekolah atau mengetahui lingkungan sekolah sang anak. Orang tua bisa memberikan sarana dan mendukung minat anak, sehingga akan mengasah perkembangan dan kemampuan anak, selain itu juga akan berpengaruh pada aktivitas anak di sekolah yang berimbas pada meningkatnya prestasi anak.

  1. Kerja sama dengan guru

Ada bainya jika anda sebagai orang tua mengenal dan menjalin hubungan yang baik dengan guru di sekolah tempat anak anda bersekolah. Anda bisa menunjukkan sikap kepada anak anda bahwa pendidikan itu penting untuk kehidupannya nanti. Hadiri setiap undangan dari sekolah, karena saat itu anda bisa berkomunikasi dengan guru. Menanyakan perkembangan anak anda dan mengetahui prestasi belajar sang anak. Jangan menunggu setelah ada masalah pada anak baru menghubungi guru. Bila perlu anda bisa memberikan Informasi mengenai perilaku anak Anda ketika berada di rumah kepada gurunya agar mendapatkan perhatian khusus dari guru.

  1. Menyediakan waktu untuk anak

Akan lebih baik apabila setiap pulang sekolah anak bisa langsung bertemu dengan anda. Ketika pulang ke rumah biasanya anak membawa beban pikiran baik itu karena pelajaran atau dengan teman. Biasanya Anak suka bercerita tentang apa yang terjadi di sekolah, mengeluarkan keluhan dan bebannya kepada orang tua. Misalnya jika anak menceritakan kenakalan teman di sekolah, orang tua bisa langsung memberikan pengertian dan bimbingan.

  1. Awasi kegiatan belajar anak di rumah.

Sebagai Orang tua, Anda bisa mengingatkan anak untuk belajar, membuat jadwal kegiatan dan bermain, menanyakan apakah ada PR dan sudah mengerjakannya atau belum. Anda bisa mengendalikan kegitan anak yang kurang bermanfaat, misalnya dengan membatasi menonton tv atau bermain game. Tidak lupa untuk selalu memeriksa buku-buku anak Anda.

  1. Jaga Kesehatan anak.

Berikan gizi yang seimbang bagi sang anak. Dengan keadaan anak yang sehat akan membuat dirinya mudah dalam menerima pelajaran. Ajak anak anda untuk rutin berolah raga secara teratur bersama keluarga. Atur istirahat anak anda secara teratur. Hindari makanan cepat saji, selain tidak baik bagi kesehatan anak juga dapat mempengaruhi konsentrasi atau kecerdasan anak sehingga akan menghambat proses belajar anak di sekolah. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY