Hal untuk Persiapan Seorang Ayah saat Mendampingi Proses Persalinan Istrinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Persalinan dipengaruhi oleh 5 faktor yaitu power (kekuatan atau kontraksi), passage (jalan lahir), passager (bayi), penolong dan psikologi ibu. Pentingnya memberikan pendamping pada proses persalinan yaitu untuk memberikan dukungan psikologi ibu bersalin. Selain itu seorang pedamping persalinan di adakan bertujuan sebagai pengambil keputusan tindakan medis yang dilakukan kepada sang ibu.

Suami atau calon ayah merupakan orang pertama yang berhak menjadi pendamping pada proses persalinan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh seorang ayah pada saat mendampingi proses persalinan istri, yaitu :

  1. Mencari informasi mengenai proses persalinan

Sebelum menjadi pendamping proses persalinan sebaiknya seorang ayah harus mencari informasi pengetahuan seputar persalinan, sehingga pada saat di mintai persetujuan oleh dokter atau bidan akan selalu sigap dalam mengambil keputusan.

  1. Siapkan segala perlengkapan persalinan

Meskipun pada kenyataannya yang mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan istri dan calon bayi adalah seorang ibu di jauh-jauh hari, akan tetapi seorang ayah harus ikut berperan dalam hal ini untuk saling melengkapi dan mengingatkan apabila ada suatu hal yang terlupakan.

  1. Pastikan kuat melihat darah

Hal sepele ini harus juga dipersiapkan oleh seorang ayah sebagai pendamping persalianan, pastikan bahwa anda tidak takut melihat darah yang keluar. Sehingga saat mendampingi istri anda tidak akan pucat dan pingsan.

  1. Jangan malu bertanya dan jadi juru bicara

tugas seorang suami dan calon ayah si bayi saat mendampingi persalinan yaitu harus memiliki keberanian untuk bertanya mengenai tindakan medis yang akan dilakukan kepada sang istri. Selain itu seorang ayah saat mendampingi proses persalinan harus sigap dan mampu dalam mengambil keputusan apabila tenaga kesehatan memberikan pilihan tindakan yang harus dilakukan atas persetujuan suami.

  1. Menjadi seorang penenang

Seorang ibu yang melahirkan akan mempertaruhkan nyawanya demi kelahiran si buah hati, untuk itu hal yang harus dipersiapkan seorang ayah sebagai pendamping persalinan yaitu senantiasa memberikan dukungan dan menenangkan istri saat istri merasa panik. Apabila anda ikut merasa panik sebaiknya anda menunggu proses persalinan diluar.

  1. Jangan mudah tersinggung

Menjadi seorang ayah saat mendampingi istri melahirkan harus memiliki sifat yang fleksibel dan jangan mudah tersinggung dengan prilaku istri karena seorang wanita yang sedang dalam proses pesalinan seolah berada di dunianya sendiri. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena proses melahirkan bukanlah suatu hal yang mudah sehingga istri akan mudah marah, rewel dan lain-lain.

  1. Bersabar

Pada wanita primi gravida (kehamilan pertama) proses dilatasi (pembukaan) normalnya 1 jam bertambah 1cm, sedangkan pada wanita multi gravida (kehamilan lebih dari dua) proses dilatasi (pembukaan) normalnya 1 jam akan bertambah 2 cm. Meskipun dalam teori kebidanan waktu persalinan seorang wanita dapat di perkirakan, akan tetapi pada kenyataannya banyak yang meleset dari perkiraan tersebut. Sehingga anda sebagai pendamping persalinan sebaiknya harus menghindari prilaku yang cenderung mendesak bidan atau dokter.

  1. Selalu di samping istri

Dukungan seorang suami kepada istri saat mendampingi proses persalinan merupakan hal yang paling penting. Dalam ilmu kebidanan tindakan tersebut termasuk ke dalam penatalaksanaan persalinan kala I, sehingga seorang calon ayah harus senantiasa setia berada di samping ibu untuk menemani, menenangkan, dan memberikan dukungan.

  1. Bantu istri untuk tetap fokus dan rileks

Menenangkan seorang istri yang sedang dalam proses persalinan merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan seorang ayah. Bantulah istri untuk tetap fokus dan rileks, misalnya membantu istri untuk mengubah posisi, memberikan minuman atau makanan saat tidak berkontraksi, mengajarkan rileksasi dengan tarik nafas panjang dan lain-lain.

  1. Memberikan reward

Setelah proses persalinan selesai berikan reward kepada istri berupa ciuman kening sebagai ucapan terimakasih suami kepada istri karena telah berjuang melahirkan si buah hati dengan sehat dan selamat. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here