Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil saat Bedrest

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bedrest adalah keadaan dimana ibu hamil dianjurkan untuk lebih memiliki banyak waktu istirahat demi kondisi kehamilannya. Berdasarkan jenisnya bedrest bisa dilakukan dengan berada di tempat tidur secara total atau ada juga jenis bedrest yang memperbolehkan anda tetap melakukan aktivitas.

Terlepas dari jenis bedrest, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah menjalankan bedrest dengan baik sehingga anda bisa mencapai tujuan yang anda inginkan dengan melakukan bedrest. Untuk mendapat tujuan atau manfaat  bedrest dengan baik maka kita harus melakukannya dengan benar juga.

Agar bisa melakukan bdrest dengan benar, kita juga harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat melakukan bedrest. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan saat melakukan bedrest.

Yang Boleh Dilakukan Saat Bedrest

Kegiatan bedrest memang mengharuskan anda menghabiskan waktu di tempat tidur, tetapi bukan artinya anda sama sekali tidak boleh bergerak meninggalkan tempat tidur karena perlu anda ketahui bahwa ada tipe bedrest yang juga masih memperbolehkan anda untuk melakukan aktivitas ringan, sebab jika anda terus berbaring di tempat tidur justru akan memberikan efek negatif seperti kekakuan otot dan sendi. Oleh karena itu lebih baik anda sesekali menggerakkan tubuh anda.

Contoh aktivitas ringan yang mash boleh anda lakukan saat bedrest yaitu jalan-jalan di rumah, mandi, menyapu dan melakukan aktivitas lainnya seperti olahraga juga boleh tapi jangan lakukan olahraga berat karena akan memperburuk keadaan anda atau merusak fungsi dari bedrest itu sendiri. Intinya agar bedrest berjalan dengan baik, anda masih bisa beraktivitas namun harus mengurangi aktivitas yang biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakuka Saat Bedrest

Setelah mengetahui hal yang boleh dilakukan saat bedrest, anda juga perlu mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan saat bedrest. Hal yang paling harus dihindari saat bedrest adalah melakukan aktivitas berat seperti mengerjakan pekerjaan sampai anda lembur, menggendong anak dan aktivitas berat lainnya karena syarat dari bedrest adalah mengurangi aktivitas, jadi melakukan aktivitas berat akan merusak bedrest anda.

Selain tidak boleh melakukan aktivitas berat, bagi anda yang melakukan bedrest karena indikasi plasenta previa, anda tidak boleh melakukan aktivitas dengan gerakan yang memeberikan tekanan berlebih pada panggul seperti olahraga dengan melibatkan bagian bawah tubuh dan jongkok berkali-kali. Stress juga perlu dihindari saat anda melakukan bedrest. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here