Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berpuasa di bulan suci Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dijalani oleh seluruh umat Islam. Namun ada pengecualian bagi beberapa pihak untuk tidak menjalankan ibadah puasa dengan pertimbangan tertentu. Misalnya saja orang yang sakit atau wanita yang sedang menjalani fase kehamilan.

Ibu hamil sebenarnya diberikan keringanan untuk tidak melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Namun bagi ibu hamil yang merasa memiliki kesiapan dan kemampuan, tidak dilarang untuk melaksanakan ibadah puasa. Tentu saja dengan melihat hasil medis setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Lantas apa saja yang tidak boleh dan boleh dilakukan ibu hamil ketika berpuasa?

Pengertian puasa menurut syariat Islam berarti menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan ibadah puasa. Misalnya saja seperti tidak minum,  tidak makan, tidak berhubungan suami istri ketika sedang menjalankan puasa, dan lain sebagainya.

Seseorang yang niat berpuasa ikhlas kepada Allah SWT dan ingin meningkatkan ketakwaan, maka akan menjalankan ibadah puasa dalam kondisi apapun. Mungkin niat ikhlas karena Allah SWT tersebut juga dirasakan oleh para ibu yang sedang menjalani fase kehamilan, sehingga memutuskan untuk tetap melaksanakan ibadah puasa.

Selama menjalani ibadah puasa ibu hamil tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti minum, makan, berhubungan seksual dan lain sebagainya. Kemudian ibu hamil harus menghindari aktivitas-aktivitas yang mungkin saja berpotensi membatalkan puasa.

Aktivitas-aktivitas yang berpotensi membatalkan puasa itu seperti mengangkat barang yang terlalu berat, berlari terlalu lama, berdiri terlalu lama, berkendara menggunakan sepeda motor terlalu lama, bersepeda terlalu lama, olahraga berat dan aktivitas berat lainnya.

Selain terdapat hal-hal yang tidak boleh dilakukan, ada juga beberapa hal yang boleh atau bahkan dianjurkan untuk dilakukan bagi wanita hamil yang berniat menjalankan ibadah puasa. Misalnya saja memilih menu makanan sehat, memperbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya. Secara lebih rinci, berikut ini hal-hal yang boleh dilakukan ibu hamil.

  1. Ibu hamil boleh memilih aneka menu makanan sehat selama menjalani puasa. Menu makanan sehat adalah hal utama yang harus dipenuhi wanita hamil ketika menjalani ibadah puasa. Ibu hamil selama berpuasa harus memilih menu makanan yang sehat dan mengandung nutrisi tinggi.
  2. Ibu hamil boleh memperbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Ibu hamil perlu mengonsumsi air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan selama menjalani ibadah puasa.
  3. Ibu hamil boleh menghindari minuman yang terlalu manis ketika berbuka puasa. Minuman yang sangat manis memiliki resiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Tentu saja kondisi ini berbahaya bagi ibu hamil selama menjalani ibadah puasa.
  4. Ibu hamil boleh menjalani waktu istirahat yang lama. Berpuasa akan mengurangi asupan makan, oleh karena itu ibu hamil boleh menjalani waktu istirahat yang lama dari biasanya.
  5. Ibu hamil boleh menambah asupan nutrisi dengan meminum susu khusus kehamilan.
  6. Ibu hamil boleh menjalani olahraga ringan secara teratur.
  7. Ibu hamil boleh mengonsumsi vitamin apabila diperlukan. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY