Hal yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Kolposkopi

0
8
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kolposkopi adalah suatu cara yang biasa digunakan oleh dokter dengan menggunakan alat pembesar khusus untuk melihat vagina, vulva, dan serviks Anda. Jika terlihat adanya masalah selama proses kolposkopi, dokter akan mengambil sedikit sampel jaringan dari serviks atau dari dalam pembukaan serviks (endoservikal kanal).

Kolposkopi dilakukan untuk memeriksa kondisi vagina dan serviks ketika hasil tes Pap abnormal. Kebanyakan dari hasil tes Pap abnormal disebabkan oleh adanya infeksi virus, seperti human papillomavirus (HPV) infeksi, atau jenis infeksi lain, seperti yang disebabkan oleh jamur, bakteri, atau protozoa (Trichomonas). Perubahan alami dari sel serviks (atrofi vaginitis) yang terkait dengan menopause juga dapat menjadi salah satu penyebab hasil tes Pap abnormal. Dalam beberapa kasus, perubahan sel serviks yang tidak segera diobati dapat menyebabkan hasil tes Pap yang abnormal dan hal ini dapat berlanjut ke perubahan prakanker atau kanker.

Selama proses kolposkopi, dokter akan menggunakan alat khusus pembesar terang yang terlihat seperti sepasang teropong (colposcope). Colposcope memungkinkan dokter untuk dapat melihat masalah yang mungkin tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Selama pemeriksaan, sebuah kamera akan dipasang pada colposcope untuk mengambil gambar atau video dari vagina dan serviks.

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani kolposkopi?

Jadwalkan pelaksanaan kolposkopi pada minggu berikutnya setelah periode haid Anda. Hal ini membantu dokter untuk lebih mudah mendapatkan sampel jaringan yang bersih. Diskusikan berbagai obat-oabatan yang telah Anda gunakan kepada dokter. Anda mungkin akan diminta untuk berhenti mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan risiko perdarahan, seperti: Ibuprofen, aspirin, naproxen, dan warfarin

Hindari menggunakan douche (sabun vagina), tampon, atau obat krim vagina selama 24 jam sebelum proses kolposkopi. Anda juga harus menghindari berhubungan seks 24 jam sebelumnya. Jika Anda sedang menjalani, selain itu Anda juga perlu berpuasa setelah tengah malam, atau setidaknya delapan jam sebelum prosedur pemeriksaan dimulai.

Pada hari yang telah dijadwalkan test, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan acetaminophen atau pereda rasa nyeri lain sebelum datang ke rumah sakit. Jangan lupa membawa beberapa pembalut untuk dipakai seusai proses pemeriksaan apabila terjadi perdarahan ringan.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani kolposkopi dan biopsi serviks?

Jika Anda melakukan kolposkopi, Anda akan merasakan sedikit rasa nyeri pada vagina selama satu atau dua hari. Perdarahan dari vagina atau keputihan adalah hal yang normal terjadi selama seminggu setelah proses ini. Keputihan akan sedikit berwarna gelap jika larutan Monsel digunakan. Selama perdarahan belum berhenti, anda dapagt menggunakan pembalut untuk mengatasi hal tersebut. hindari menggunakan sabun vagina, melakukan hubungan seks, atau menggunakan tampon selama satu minggu, hal ini bertujuan untuk memberikan waktu penyembuhan bagi serviks Anda. Jangan berolahraga selama 1 hari setelah proses kolposkopi.

Ikuti petunjuk dan arahan yang diberikan dokter kepada Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY