Hal yang Harus Dilakukan Wanita Setelah Mengetahui Adanya Kehamilan

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selamat! Tentu Anda dan suami merasakan kebahagiaan yang tak terkira setelah mengetahui bahwa sebentar lagi Anda akan menjadi orang tua baru. Tugas dan kewajiban Anda pastilah akan bertambah, namun hal tersebut tentu saja tidak menjadi masalah, sebaliknya Anda sangat mendambakan hal tersebut.

Mungkin menjadi calon ibu apalagi di kehamilan pertama membuat Anda merasa gugup karena ini adalah pengalaman pertama Anda. Namun, Anda harus tetap rileks. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kelahiran sang bayi. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan oleh calon ibu begitu mengetahui kehamilannya:

  1. Memberi tahu kepada suami

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memberi tahukan kabar baik ini kepada suami. Tentu saja sang suami akan sangat bahagia menyambut kabar baik ini. Tanpa diminta, suami akan lebih siaga. Dukungan dari suami adalah hal yang sangat dibutuhkan sepanjang proses kehamilan dan persalinan.

  1. Mengetahui HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Sebelum memeriksakan kandungan ke dokter, tidak ada salahnya Anda mencoba menghitung HPL bayi. Tentu saja ingin tahu berapa umur kehamilan dan kapan perkiraan bayi akan lahir.

Menghitung HPL bayi bisa diketahui dari tanggal di mana Anda haid hari pertama dan tanggal Anda mendapatkan haid hari terakhir. Setelah itu Anda bisa menghitung HPL bayi dengan rumus : (hari+7), (bulan-3), (tahun+1). Semisal HPHT Anda 8 September 2016, maka diperkiraan tanggal persalinan adalah tanggal 15 Juni 2017. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang menjelang persalinan.

  1. Memilih dokter kandungan dengan cerdas

Bagi calon ibu yang hamil anak pertama tentu belum memiliki pengalaman mengenai dokter kandungan yang cocok. Untuk hal tersebut, mungkin Anda bisa meminta rekomendasi dari ibu dan mertua. Pertimbangkan juga jarak tempuh dari rumah Anda ke lokasi dokter praktek. Sebisa mungkin lokasi tersebut tidak terlalu jauh untuk menghindari kondisi calon ibu agar tidak terlalu lelah. Anda juga bisa mempertimbangkan metode yang cocok untuk Anda.

  1. Rutin memeriksakan kehamilan

Setelah mendapatkan dokter kandungan yang dirasa cocok dan sreg, Anda harus rutin memeriksakan kandungan agar dapat mengetahui kondisi kehamilan Anda dan dapat menjaga kondisi kehamilan untuk tetap sehat.

  1. Hindari penggunaan kosmetik kimia

Apabila sewaktu belum hamil Anda merupakan seseorang yang senang mencoba- coba berbagai merk kosmetik, sekarang ketika hamil, Anda lebih baik mengonsultasikan penggunaan kosmetik tersebut kepada dokter kandungan Anda. Dokter pasti akan lebih tahu apakah penggunaan kosmetik tersebut harus dihentikan.

Beberapa hal tersebut adalah langkah yang harus dilakukan setelah mengetahui kehamilan. Semoga bermanfaat bagi calon ibu agar proses kehamilan lancar hingga persalinan. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY