Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Bayi Tabung

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi setiap pasangan, memiliki anak adalah hal yang sangat diinginkan. Memiliki anak memberikan kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan. Tidak hanya bagi wanita yang akan mengandung anak. Tapi juga bagi pria yang akan menjadi ayah dari anak-anaknya. Sayangnya, banyak pasangan yang sulit mendapatkan anak.

Salah satu cara untuk mendapatkan anak ialah dengan melakukan proses in vitro fertilization (IVF) atau yang lebih dikenal dengan proses bayi tabung. Proses bayi tabung sendiri membutuhkan banyak waktu dan uang. Namun, tingkat keberhasilan proses bayi tabung ini sangat bergantung pada kualitas sel telur yang dimiliki oleh calon ibu. Oleh karena itu, seorang calon ibu harus memerhatikan beberapa hal berikut demi keberhasilan proses bayi tabung itu sendiri.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses bayi tabung:

  • Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri

Beberapa jenis ikan yang hidup baik air tawar maupun di laut, tidak jarang terkontaminasi merkuri yang ikut terbawa dalam arus air. Nah, bagi wanita yang ingin melakukan proses bayi tabung, ada baiknya jika tidak mengonsumsi ikan yang megandung banyak merkuri. Konsumsi ikan tuna dan ikan salmon lebih dianjurkan, karena resiko tingkat kandungan merkuri yang lebih sedikit.

  • Mengonsumsi makanan bergizi

Bagi wanita yang ingin melakukan proses bayi tabung, sangat dianjurkan agar mengonsumsi makanan yang bergizi. Terlebih mengonsumsi makanan yang berbahan gandum utuh.

  • Menjauhi makanan dan minuman beralkohol

Kandungan alkohol yang ada dalam makanan atau minuman memang berdampak cukup besar terhadap kualitas sel telur yang dimiliki seorang wanita. Jadi, ada baiknya jika seorang wanita yang ingin menjalani proses bayi tabung menjauhi makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

  • Membatasi konsumsi kafein

Kandungan kafein yang ada dalam minuman atau makanan, memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun, kandungan kafein juga akan berdampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, batasi konsumsi kafein yang akan dikonsumsi. Baik dalam bentuk the, kopi, ataupun soda.

  • Menjaga pola tidur

Normalnya, waktu tidur yang cukup ialah selama delapan jam. Dengan menjaga pola tidur, berarti Anda membantu tubuh Anda sendiri untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup juga akan meningkatkan produksi zat melatonin alami yang ada dalam tubuh. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY