Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Berhubungan Intim

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setelah bercinta, apa sih yang biasanya Anda lakukan? Tiap orang mungkin mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda setelah berhubungan intim. Namun, ternyata ada hal yang harus wanita lakukan setelah berhubungan intim. Berikut hal kebiasaan yang harus dilakukan:

  1. Menyeka dengan tisu

Meletakan tisu di samping tempat tidur memiliki manfaat dalam kehidupan seksual. Pada saat setelah anda dengan pasangan anda selesai berhubungan intim, anda sebagai wanita tentunya bisa langsung menyeka organ intim anda dengan tisu kering untuk membersihkan sisa cairan sehingga organ intim anda dalam keadaan kering dan meminimalisir perkembangbiakan bakteri. Selain itu tindakan anda membersihkan vagina bagian luar merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan pH agar tetap seimbang.

  1. Kencing

Setelah anda selesai berhubungan intim sebaiknya anda segera pergi ke kamar mandi untuk kecing, tindakan tersebut merupakan salah satu upaya memberikan kesempatan bakteri penyebab ISK untuk keluar dari tubuh. ISK merupakan kondisi terjadinya infeksi yang menyangkut ginjal, ureter, dan kandung kemih atau uretra. Akan tetapi menurut pendapat Marie Claire segera kencing setelah berhubungan hanyalah mitos, menurut beliau anda pergi ke kamar mandi untuk kencing tunggu sampai anda bener-bener ingin BAK. Akan tetapi lebih baik jika anda kencing setelah bercinta

  1. Minum air putih

Melakukan hubungan intim seperti halnya anda melakukan aktivitas olahraga akan membuat tubuh kehilangan cairan. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya dehidrasi sebaiknya anda minum air putih beberapa gelas untuk mengembalikan ion atau cairan yang hilang pada saat berhubungan intim. Selain itu tindakan anda meminum air putih untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri. Dengan meminum air putih bakteri yang masuk kedalam tubuh bisa dikeluarkan bersama air kencing.

  1. Bersihkan organ intim dengan sabun dan air

Pelumas alami yang keluar dari organ intim wanita dan bakteri selama bercinta dapat meningkatkan resiko terjadinya nfeksi. Untuk menjaga hal tersebut, anda bisa membersihkan daerah vagina bagian luar dengan sabun tanpa pewangi dengan menggunakan air. vagina bagian dalam tidak perlu anda bersihkan karena bagian dalam vagina dapat membersihkannya sendiri.

  1. Berendam

Sebaiknya anda menggunakan air hangat untuk berendam setelah melakukan hubungan seksual. Berendam menggunakan air hangat tidak hanya membuat tubuh lebih rileks dan menghindari dari stress. Akan tetapi berendam dengan air panas dapat berfungsi untuk mengurangi pembengkakan, iritasi dan mengurangi bakteri yang menempel di vagina.

  1. Ganti menggunakan pakaian yang bersih

Setelah melakukan hubungan seks dianjurkan anda untuk tidak menggunakan pakaian yang sebelumnya, tetapi gantilah dengan menggunakan pakaian yang baru dan memakai celana dari bahan katun. Dan apabila anda tidak akan melakukan aktivitas lagi lebih baik anda melepas pakaian dan tidak menggunakan pakaian.

  1. Makan cemilan

Setelah melakukan hubungan seksual tentunya anda akan merasa lapar karena anda telah banyak mengeluarkan energi pada saat bercinta. Setelai selesai berhubungan intim anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri baik atau makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kimchi atau kombucha. Makanan tersebut menjaga keseimbangan bakteri di dalam vagina sehingga menurunkan resiko terjadinya infeksi. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here