Hal yang Menyebabkan Tidak Merasakan Kenikmatan saat Bercinta

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Begitu menggebu, itulah seks pada awal pernikahan hampir semua pasangan. Seiring berjalannya waktu dan usia, seks bisa berkurang frekuensinya. Malah, tidak harus menunggu usia tua, kehidupan seks bisa meredup.

Ada kalanya, pasangan suami-istri sedang tidak berada dalam mood yang baik untuk berhubungan. Salah satu atau keduanya seakan-akan sudah tidak merasakan kenikmatan saat bercinta. Apa penyebabnya? Bisa jadi salah satu dari daftar di bawah ini.

  • Sakit atau tidak nyaman

Pria maupun wanita bisa merasakan rasa sakit atau nyeri pada tubuh seiring pertambahan usia dan ini bisa mempengaruhi seksualitas. Hubungan seks yang menyakitkan, tentu bisa merusak momen intim dengan pasangan Anda, bahkan juga bisa menimbulkan konsekuensi jangka panjang, seperti rasa takut akan seks. Rasa sakit saat berhubungan intim ini bisa berasal dari berbagai sumber, seperti kurangnya lubrikasi atau kurangnya foreplay.

  • Kurang Tidur

Waktu tidur yang ideal di malam hari adalah 7-8 jam, kenyataannya waktu tidur 7-8 jam itu tidak selalu bisa terpenuhi. Pekerjaan, anak-anak, stres dan hal-hal lainnya bisa menjadi penyebab Anda atau pasangan kurang tidur. Jika tubuh sudah terlalu lelah, seks pastinya menjadi hal terakhir yang ada di pikiran. Menyarankan pasangan untuk melakukan kencan seks. Rencanakan kencan seks di waktu yang pasangan bisa dan dirasa pada waktu itu Anda dan pasangan memiliki energi yang cukup.

  • Usia

Banyak orang kehilangan ketertarikannya pada seks seiring bertambahnya usia. Menurunnya libido di usia lanjut ini disebabkan karena banyak hal, seperti depresi, kelelahan, menurunnya level hormon seks di tubuh, masalah kesehatan kronis hingga mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi masalah kesehatan.

  • Menopause

Rendahnya libido dan vagina yang kering menjadi efek samping dari menopause yang tidak menyenangkan. Ketika hal ini terjadi, wanita jadi kehilangan mood untuk bercinta.

  • Disfungsi ereksi

Jika wanita mengalami masalah vagina kering ketika memasuki usia menopuase, pria bisa bermasalah dengan ereksinya. Seiring pertambahan usia kemampuan ereksi pria pun dapat menurun. Penurunan kemampuan ini biasanya terjadi karena penyakit yang menyerang, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas. Kondisi ini bisa diperparah dengan pola hidup tidak sehat, misalnya merokok, kurang beraktivitas dan sebagainya.

Ketidaknikmatan bercinta hendaknya jangan dibiarkan berlarut-larut. Berkonsultasi ke dokter bisa menjadi langkah bijak untuk mengatasinya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here