Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menjenguk Teman yang Sakit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjenguk orang yang sakit merupakan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi anak, remaja dan orang dewasa. Dengan menjenguk orang yang sakit kita bisa melatih diri untuk menanamkan belas kasih kepada yang sedang sakit dan kita senantiasa bersyukur dengan kondisi badan yang sehat.

Bagi orang yang dijenguk, tentunya akan memberikan semangat untuk sembuh karena merasa terhibur dengan kehadiran orang terdekatnya. Namun bagi sebagian besar orang ketika menjenguk teman yang sedang sakit tidak jarang mereka tidak memperhatikan aturan yang berlaku baik dirumah sakit maupun di rumah.

Perlu diingat bahwa tujuan utama dari menjenguk adala memberikan semangat dan motivasi agar cepat sembuh jadi jangan lupa juga memberikan mereka waktu untuk beristirahat. Berikut beberapa hal-hal yang perlu kita perhatikan ketika menjenguk teman yang sakit.

  1. Bertanya kepada pasien

Salah satu etika saat menjenguk orang sakit adalah menanyakan kesediaan orang yang dibesuk. Apakah mereka senang dengan kedatangan kita atau justru memilih untuk beristirahat tanpa diganggu.

Jika mereka tidak bersedia, sebaiknya jangan memaksa karena mungkin pasien butuh waktu istirahat atau khawatir jika penyakitnya bisa menular.

  1. Sesuaikan kondisi

Pada saat menjenguk teman sebaiknya tidak membawa orang terlalu banyak. Hal ini dikhawatirkan dapat mengganggu orang yang dibesuk atau pasien lainnya yang ingin beristirahat. Selain itu, jika menjenguk ke rumah sakit sebaiknya tidak membawa anak kecil terutama bayi dibawah usia 2 tahun. Hal ini berguna untuk menghindari penularan oenyakit kepada anak-anak.

  1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah menjenguk

Menjenguk orang yang sakit terutama jika penyakitnya menular sebaiknya anda melakukan cuci tangan baik sebelum menjenguk maupun setelah menjenguknya. Hal ini dilakukan agar anda terhindar dari penularan penyakit. Jika menjenguk di rumah sakit biasanya tersedia hand sanitizer yang bisa digunakan sebagai pengganti air dan sabun cuci tangan. Namun, jika sudah sampai rumah usahakan untuk langsung cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun.

  1. Menjenguk dengan surasi yang singkat

Keberadaan anda sebagi teman yang telah meluangkan waktu untuk menjenguk pasien tentunya membuat orang yang sakit merasa senang. Akan tetapi jika berlama-lama disana dan mengajak untuk mengobrol terus-menerus bukanlah sikap yang baik.

  1. Menanyakan hal seperlunya

Hal ini juga perlu diperhatikan ketika sedang menjenguk teman yang sakit. Orang yang sedang sakit biasanya memiliki perasaan yang lebih sensitif. Oleh karenanya, jika anda ingin menanyakan sesuatu apalagi terkait penyakitnya lebih baik tanyakan seperlunya saja.

Biarkan keluarga atau orang yang sakit untuk menceritakan sendiri sesuai kemauannya apa saja yang perlu anda ketahui tentang penyakitnya. Karena mungkin saja orang yang sakit ini tidak ingin penyakitnya diketahui banyak orang.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here