Harapan Hidup Pasien Kanker Payu Dara

SehatFresh.com – Mendengar vonis kanker payudara pastinya menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan yang luar biasa. Salah satu hal yang paling mencemaskan adalah tentang harapan hidup pasien. Harapan hidup untuk pasien kanker payudara bisa sulit untuk ditentukan, karena tergantung pada masing-masing pasien. Keparahan kanker, perawatan yang diterima dan penyebaran sel kanker pada bagian tubuh lain menentukan harapan hidup pasien.

Mayo Clinic menggarisbawahi tingkat kelangsungan hidup lima tahun (five-year survival rate) untuk setiap tahap kanker payudara. Namun, angka tersebut adalah rata-rata dan bagaimana pun masih ada kemungkinan pasien kanker payudara bisa hidup lebih lama, mengingat kemajuan teknologi yang semakin berkembang dalam hal pengobatan kanker.

Stadium I

Pada kanker payudara stadium, tumor belum menyebar ke kelenjar getah bening atau di luar payudara, dan ukurannya sekitar 2 cm. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun pada pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara stadium I hampir 100 persen.

Stadium II

Pada kanker payudara stadium II, tumor dapat diklasifikasikan dalam salah satu dari tiga kondisi berikut :

  • Ukuran tumorlebih besar dari5cmtapibelum menyebarke kelenjargetah bening aksiladiketiakpasien
  • Tumorkurang dari2cmtetapitelah menyebar ketigakelenjar getah bening aksila
  • Tumortidakdi payudaratetapitelah menyebar ketigakelenjar getah bening aksila

Pada stadium ini, tingkat kelangsungan hidup lima tahun dari pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara berkisar antara 86 dan 91 persen.

Stadium III

Kanker payudara stadium III juga diklasifikasikan dalam salah satu dari tiga kondisi, yaitu :

  • Tumor lebih besardari 5 cmdantelah menyebar kekelenjar getah bening aksila, tetapitidakmelekat satu sama lain
  • Tumorlebih kecil dari5cm, namunkanker telahmenyebar kekelenjar getah bening aksiladantumbuh melekat satu sama lain atau berdekatan dengan jaringan sekitarnya
  • Tumorlebih kecil dari5cmdankanker telah menyebarke kelenjar getah beningdi atastulang selangka.

Tingkat kelangsungan hidup lima tahun dari pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara stadium III adalah antara 54 dan 67 persen.

Stadium IV

Kanker payudara stadium IV adalah bentuk parah dari kanker payudara. Pada stadium ini, sel kanker bisa bermetastasis (menyebar) pada paru-paru, hati, tulang atau otak. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun dari pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara stadium IV hanya 20 persen.

Tingkat kelangsungan hidup ini umumnya didasarkan pada hasil temuan sebelumnya terhadap sejumlah orang yang memiliki penyakit ini. Namun, setiap kasus tidak selalu sama. Banyak faktor lain dapat memengaruhinya, dan pasien kanker bisa meninggal akibat hal-hal lain. Ditambah, ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang juga memberi harapan baru bagi kelangsungan hidup pasien kanker.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY