Hari AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) Sedunia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi dari virus HIV. Virus HIV ini bekerja dengan memperlemah kekebalan tubuh pada manusia sehingga menjadi rentan terhadap infeksi apapun. HIV dapat menular dengan kontak langsung antara lapisan kulit dan atau aliran darah dengan cairan yang mengandung HIV.

Dewasa ini, HIV terus menjadi masalah kesehatan pada masyarakat di dunia yang utama. Bahkan HIV sejauh ini telah di derita lebih dari 34 juta jiwa. Pada tahun 2014, sekitar 1,2 juta orang bahkan meninggal karena penyebab terkait HIV secara global, dan juga ada sekitar 36,9 juta orang yang hidup dengan HIV pada akhir 2014 dengan sekitar 2 juta orang menjadi baru terinfeksi HIV. Keadaan tersebut merupakan keadaan yang sungguh mengkhawatirkan karena HIV bukanlah penyakit yang biasa. Oleh karena itu, PBB membuat hari peringatan HIV yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Desember.

Peringatan hari AIDS pertama kali dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Agustus 1987. Kedua orang tersebut merupakan pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Jenewa, Swiss. Setelah itu, Bunn dan Netter menyampaikan idenya kepada Direktur Progam AIDS Global atau sekarang dikenal dengan UNAIDS yaitu Dr. Jonathan Mann. Lalu ide itu disetujui oleh Dr. Mann dengan merekomendasikan bahwa peringaan pertama hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Kenapa dipilih tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia? Pemilihan tanggal 1 Desember diambil oleh Bunn dan Netter karena mereka memastikan pada tanggal tersebut liputan berita barat akan membantu keberhasilan ditetapkannya hari peringatan AIDS tersebut. Pada saat itu ahun 1988 sedang ada pemilihan umum di Amerika Serikat, Bunn merasa pada saat itu mungkin media akan kelelahan dengan liputan pasca pemilu dan akan bersemangat mencari berita baru untuk diliput. Selain itu, tanggal 1 Desember juga dekat dengan libur natal sehingga pada dasarnya tanggal 1 Desember merupakan tanggal mati pada kalender berita dan waktu yang tepat untuk memperkenalkan hari peringatan AIDS sedunia.

Semenjak itulah, Tanggal 1 Desember dikampanyekan sebagai Hari AIDS Sedunia. pada Tahun 1996, Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mulai bekerja dan mengambil alih perencanaan dan promosi Hari AIDS Sedunia. Badan baru ini tidak hanya memusatkan perhatian pada satu hari saja, tetapi juga menciptakan Kampanye AIDS Sedunia pada 1997 untuk melakukan komunikasi, pencegahan dan pendidikan sepanjang tahun. Sejak dibentuknya hingga 2004, UNAIDS memimpin kampanye Hari AIDS Sedunia, memilih tema-tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi-organisasi kesehatan global lainnya. Dan pada Tahun 2004, Kampanye AIDS Sedunia menjadi organisasi independen. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here