Hari Anak Sedunia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi kita. Mereka merupakan orang yang akan menjadi penentu masa depan bagi negara serta yang akan mewarisi segala hal dari yang kita miliki sekarang. Karena anak berharga maka mereka juga memiliki hak yang sama yaitu hidup bahagia dan hak lainnya. Untuk memenuhi hak anak maka terbentuklah peringatan hari anak sedunia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 november.

Pada awalnya hari anak sedunia tidak diperingati pada tanggal 20 november. Penetapan hari anak sedunia memiliki sejarahnya tersendiri. Sejarah hari anak sedunia dimulai dari seorang pendeta yang bernama Dr Charles Leonard dari Universitas Gereja Penebus di Chealsea, Massachusetts. Beliau mengadakan suatu layanan khusus hanya untuk anak-anak pada bulan juni tahun 1856. Hingga pada akhirnya pertama kali Inggris mencanangkan hari anak sedunia pada tanggal 20 november 1954. Bersamaan penetapan tanggal 20 november sebagai hari anak sedunia, Inggris juga mendorong agar semua negara ikut serta mempromosikan kesejahteraan anak-anak di dunia karena seperti yang kita ketahui meski dunia modern sekarang ini masih ada anak yang belum mendapatkan haknya untuk merasa sejahtera.

Atas dasar pencanangan yang dilakukan oleh Inggris, maka PBB mendeklarasikan hak anak pada tanggal 20 november 1959. Kemudian secara resmi pada tahun tersebut Hari Anak Sedunia ditetapkan oleh PBB (UNICEF) jatuh pada tanggal 20 November. Pemilihan 20 november sebagai hari anak sedunia karena tanggal tersebut sesuai dengan lahirnya konveksi hak-hak anak tahun 1989.

Meskipun telah ditetapkan hari anak sedunia jatuh pada tanggal 20 november, uniknya masing-masing negara memiliki perbedaan tanggal peringatan hari anak. Contohnya di Indonesia hari anak diperingati pada tanggal 23 juli, di Sudan Selatan pada tanggal 23 Desember dan di Polandia pada setiap tanggal 1 Juni.

Tak hanya keunikan tanggal peringatannya saja yang berbeda. Namun cara merayakannya juga berbeda-beda. Di Korea untuk menyambut hari anak biasanya akan diadakan suatu event berupa parade anak-anak yang mengunakan kostum lucu dan dilaksanakan di Mangyongdae School of Childern’s Palace di Pyogyang. Sedangkan di Indonesia biasanya diadakan beberapa lomba yang diikuti oleh anak SD dan SMP. Terlepas dari perbedaan cara penyambutan, intinya perbedaan tersebut memiliki inti yang sama yaitu menghormati hak anak-anak.

Itulah penjelasan tentang hari anak sedunia. Bagi anda orang tua maka sebaiknya segera lakukan penyambutan hari anak sedunia dengan anak anda, mengingat hari ini adalah tanggal 20 november 2017 maka waktunya anda untuk memberikan hak pada anak anda. Untuk cara mudahnya mungkin anda bisa mengajak anak anda berlibur agar merasa senang, seperti ke kebun binatang atau mencoba makanan kesukaan anak anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here