Hari Difabel (Kelainan Fisik atau Mental) Internasional

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut John C. Maxwell, Difabel adalah seseorang yang memiliki kelainan fisik dan atau mental yang sifatnya menganggu atau merupakan suatu hambatan baginya untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara layak atau normal. Sedangkan menurut WHO, difabel adalah suatu kehilangan atau ketidaknormalan baik itu yang bersifat fisiologis, psikologis maupun kelainan struktur atau fungsi anatomis.

Dulu orang dengan difabel kurang sekali dihargai sehingga PBB mencetuskan hari untuk memperingati difabel internasional. Hari tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang difabel dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraan para penyandang difabel.

Untuk peringatan hari difabel internasional biasanya diperingati setiap tanggal 3 desember di setiap tahunnya. Penetapan tanggal 3 Desember sebagai hari difabel internasional yaitu berdasarkan resolusi nomor 47/3 tahun 1992 yang dikeluarkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Untuk melaksanakan tujuan dari pembentukan hari difabel internasional ini biasanya diperingati dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Tentunya tema tersebut memberikan kontribusi untuk kemajuan dan kenyamanan serta semakin diterimanya orang difabel sebagai manusia yang memiliki hak yang sama dalam melakukan apapun.

Meski dipandang sebelah mata, orang dengan difabel sebenarnya juga memiliki kemampuan tersendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia itu unik dengan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing individu. Begitu juga dengan orang difabel, mereka juga memiliki keahlian dan patut untuk dihargai seperti yang lainnya.

Menghargai orang penyandang difabel itu sangat berharga karena dengan itu akan memberikan semangat pada mereka yang mana merupakan kaum minoritas terbesar di dunia. PBB memperkirakan ada lebih 15% penduduk dunia mengalami disabilitas. Jumlah yang cukup banyak tersebut yang membuat kita tidak sulit utuk menemukan orang dengan disabilitas di sekitar kita. Bahkan diperkirakan 10% dari populasi tersebut terdapat di Indonesia yaitu sekitar 24 juta orang atau jiwa dengan difabel.

Pada tahun ini, sebentar lagi sudah mendekati hari difabel internasional yang akan jatuh pada tanggal 3 Desember 2017. Tinggal kurang lebih setengah bulan lagi. Terlepas dari program-program pemerintah yang dibuat untuk para penyandang difabel, kita sebagai manusia atau saudara yang baik maka perlu berpartisipasi dlam hari peringatan difabel internasional. Mari kita sambut hari difabel internasional ini dengan memaknainya dan menghargai, menyama ratakan haknya dan membantu memfasilitasi jika bisa. Agar mereka tidak merasa tidak dihiraukan dan merasa nyaman. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here