Heatstroke

Definisi
Heatstroke adalah keadaan yang disebabkan karena keadaan tubuh yang sangat panas, biasanya diakibatkan karena berada di tempat terbuka dalam waktu yang lama atau latihan pada suhu yang tinggi. Bentuk serius dari penyakit ini adalah heatstroke, heatstroke bisa terjadi jika suhu tubuh anda meningkat menjadi 104 F (40C) atau lebih.

Heatstroke membutuhkan perawatan darurat. Heatstroke yang tidak diobati dapat merusak otak, jantung ginjal dan otot dengan cepat. Penundaan pengobatan yang lebih lama dapat memperburuk keadaan, serta dapat meningkatkan risiko komplikasi serius atau kematian.

Gejala
Beberapa gejala heatsroke diantaranya :

  • Suhu tubuh tinggi. Suhu tubuh yang mencapai 104 F (40 C) atau lebih adalah tanda utama dari heatsroke.
  • Perubahan keadaan atau perilaku mental. Kebingungan, agitasi, bicara cadel, lekas marah, mengigau, kejang adalah semua gejala yang bisa ditimbulkan oleh heatsroke.
  • Berkeringat. Heatsroke disebabkan oleh suhu yang panas, kulit akan terasa panas dan kering ketika disentuh. Lain halnya dengan rasa panas yang disebabkan oleh latihan yang berat, maka kulit akan terasa lembab.
  • Mual dan muntah. Anda mungkin akan merasakan sakit dibagian perut atau muntah.
  • Kulit memerah. Warna kulit akan memerah sesuai dengan perubahan suhu tubuh anda.
  • Bernapas dengan cepat. Pernapasan anda akan pendek dan cepat.
  • Cepatnya denyut jantung. Suhu yang panas akan meingkatkan kecepatan nadi anda secara signifikan karena jantung akan menurunkan suhu tubuh secara otomatis.
  • Sakit kepala. Kepala anda mungkin akan berdenyut.

Kapan harus ke dokter
Jika anda berpikir bahwa seseorang mungkin mengalami heatstroke, segera cari bantuan medis. Hubungi 911 atau layanan darurat setempat. Segera ambil tindakan untuk menurunkan suhu tubuh orang yang terkena heatstroke sambil menunggu perawatan darurat.

  • Tempatkan orang yang terkena heatstroke ke tempat yang teduh atau di dalam ruangan.
  • Lepaskan pakaian yang berlebih.
  • Dinginkan orang dengan berbagai cara yang tersedia – dimasukkan ke dalam bak air dingin atau mandi air dingin, semprot dengan selang taman, usap dengan air dingin, kipas dengan air dingin, atau menempatkan kompres es atau kompres dingin, mengusapkan handuk basah pada kepala, leher, ketiak dan selangkangan orang tersebut.

Penyebab
Heatstroke dapat disebabkan oleh :

  • Paparan lingkungan yang panas. Pada heatstroke yang disebut nonexertional atau heatstroke klasik, disebabkan karena berada di lingkungan yang panas sehingga menyebabkan kenaikan suhu tubuh. Jenis heatstroke ini biasanya terjadi setelah terpapar panas, cuaca lembab, terutama untuk waktu yang lama, seperti dua atau tiga hari. Hal ini terjadi paling sering pada orang dewasa yang lebih tua dan pada orang dengan penyakit kronis.
  • Aktivitas yang berat. Heatstroke exertional diakibatkan oleh peningkatan suhu tubuh yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang intens pada saat cuaca panas. Siapapun yang berolahraga atau bekerja di cuaca panas bisa terkena heatstrok, tapi itu kemungkinan besar terjadi jika Anda tidak terbiasa dengan suhu yang tinggi.

Heatsroke juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi di bawah ini.

  • Memakai pakaian berlebihan yang dapat mencegah keringat menguap dengan mudah dan menghambat pendinginan tubuh Anda.
  • Minum alkohol, alkohol dapat mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mengatur suhu tubuh Anda.
  • Dehidrasi, tidak mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

Faktor Risiko
Siapapun dapat terkena heatstroke, tetapi beberapa faktor yang dapat meningkatkan risikonya seperti :

  • Usia. Kemampuan Anda untuk mengatasi panas yang ekstrim tergantung dari kekuatan sistem saraf pusat Anda. Pada masa muda, sistem saraf pusat belum sepenuhnya dikembangkan, tetapi pada orang dewasa di atas 65, sistem saraf pusat mulai menurun, yang membuat tubuh Anda kurang mampu mengatasi perubahan suhu tubuh. Kedua kelompok usia tersebut biasanya sering mengalami dehidrasi yang juga meningkatkan risiko.
  • Latihan fisik pada saat cuaca panas. Pelatihan militer dan berpartisipasi dalam olahraga, seperti sepak bola, dalam cuaca yang panas dapat menyebabkan heatstroke.
  • Paparan mendadak pada cuaca panas. Anda mungkin lebih rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan panas jika terjadi peningkatan suhu secara mendadak, seperti selama hawa panas awal musim panas atau perjalanan ke iklim yang panas. Batasi aktifitas anda selama beberapa hari agar tubuh anda dapat menyesuaikan dengan perubahan. Namun, anda masih akan memiliki risiko heatstroke sampai tubuh anda sudah benar-benar beradaptasi dengan suhu yang lebih tinggi.
  • Kurangnya AC. Kipas angin mungkin membuat Anda merasa lebih baik, tetapi selama cuaca panas yang berkelanjutan, AC adalah cara yang paling efektif untuk mendinginkan dan melembabkan ruangan.
  • Obat-obatan tertentu. Beberapa obat dapat mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk tetap terhidrasi dan menanggapi panas. Berhati-hatilah dalam cuaca panas jika Anda mengkonsumsi obat yang mempersempit pembuluh darah (vasokonstriktor), obat yang mengatur tekanan darah Anda dengan menghalangi adrenalin (beta blocker), membersihkan tubuh Anda dari natrium dan air (diuretik), atau obat untuk mengurangi gejala kejiwaan (antidepresan atau antipsikotik ).Stimulan untuk attention-deficit / hyperactivity disorder (ADHD) dan stimulan ilegal seperti amfetamin dan kokain juga membuat Anda lebih rentan terhadap serangan panas.
  • Kondisi kesehatan tertentu. Penyakit kronis tertentu, seperti jantung atau penyakit paru-paru, dapat meningkatkan risiko heatstroke, seperti obesitas, atau memiliki riwayat heatstroke sebelumnya.

Komplikasi
Heatstroke dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi, tergantung pada berapa lama penyakit ini terjadi. Komplikasi berat meliputi :

  • Kerusakan organ vital. Tanpa respon yang cepat untuk menurunkan suhu tubuh, heatstroke dapat menyebabkan otak atau organ vital lainnya membengkak, dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen.
  • Kematian. Tanpa pengobatan yang tepat dan memadai, heatstroke bisa berakibat fatal.

Tes Dan Diagnosis
Biasanya akan mudah bagi dokter untuk mengetahui bahwa anda terkena heatstroke, tetapi tes laboratorium dapat mengkonfirmasi diagnosis mereka, memperhatikan penyebab lain pada gejala Anda dan melihat kerusakan organ. Tes ini meliputi :

  • Tes darah untuk memeriksa natrium darah atau kalium dan kadar gas dalam darah untuk melihat apakah sudah ada kerusakan pada sistem saraf pusat.
  • Tes urine untuk memeriksa warna urin Anda, karena biasanya urine anda akan lebih gelap jika Anda memiliki kondisi yang berhubungan dengan panas, dan untuk memeriksa fungsi ginjal Anda, yang dapat dipengaruhi oleh heatstroke.
  • Tes fungsi otot untuk memeriksa kerusakan serius pada jaringan otot Anda (rhabdomyolysis).
  • Sinar X dan tes pencitraan lain untuk memeriksa kerusakan organ-organ internal Anda.

Perawatan Dan Obat-Obatan
Pengobatan utama heatstroke adalah mendinginkan tubuh Anda ke suhu normal untuk mencegah atau mengurangi kerusakan otak dan organ vital. Untuk melakukan hal ini, dokter akan mengambil langkah-langkah :

  • Berendam dalam air dingin. Mandi air dingin atau es dapat dengan cepat menurunkan suhu tubuh Anda.
  • Menggunakan teknik penguapan. Beberapa dokter lebih memilih untuk menggunakan penguapan bukan perendaman untuk menurunkan suhu tubuh. Pada teknik ini, air dingin akan di semprotkan pada kulit Anda sehingga pada saat udara hangat mengipasi tubuh anda akan menyebabkan penguapan air, dan dapat mendinginkan kulit.
  • Membungkus Anda dengan es dan selimut pendingin. Metode lain adalah dengan membungkus Anda dalam selimut pendingin khusus dan menerapkan kompres es ke pangkal paha, leher, punggung dan ketiak untuk menurunkan suhu.
  • Memberikan obat untuk menghentikan tubuh yang menggigil. Jika perawatan untuk menurunkan suhu tubuh Anda membuat Anda menggigil, dokter mungkin memberikan relaksan otot, seperti benzodiazepin. Karena menggigil meningkatkan suhu tubuh Anda, sehingga membuat pengobatan menjadi kurang efektif.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Perawatan di rumah tidak cukup untuk mengatasi heatstroke. Jika Anda merasakan tanda-tanda atau gejala serangan panas, carilah bantuan medis darurat. Orang lain harus mengambil langkah untuk mendinginkan tubuh Anda sambil menunggu bantuan darurat tiba.

Jika Anda merasakan tanda-tanda penyakit yang berhubungan dengan panas, menurunkan suhu tubuh anda dengan segera dapat mencegah anda dari heatsroke. Dalam keadaan darurat panas yang lebih rendah, seperti kram panas atau panas karena kelelahan, langkah-langkah berikut dapat menurunkan suhu tubuh Anda :

  • Pergi ke tempat teduh atau ruangan ber-AC. Jika Anda tidak memiliki pendingin udara di rumah, pergilah ke tempat dengan AC, seperti mal, bioskop atau perpustakaan umum.
  • Mendinginkan tubuh dengan kertas lembab dan kipas angin. Jika Anda dengan seseorang yang mengalami gejala yang berhubungan dengan panas, dinginkan orang tersebut dengan menutupi dia dengan kertas basah atau melakukan penyemprotan dengan air dingin. Atau mengarahkan udara langsung kepada orang tersebut dengan menggunakan kipas angin.
  • Mandi atau berendam dengan air dingin. Jika Anda berada di luar ruangan dan tidak dekat tempat tinggal, berendam di kolam dingin atau aliran dapat membantu menurunkan suhu tubuh anda.
  • Rehidrasi. Minum banyak cairan. Karena Anda juga kehilangan garam melalui keringat, Anda dapat memenuhi kebutuhan garam dan air anda dengan beberapa minuman olahraga. Jika dokter Anda telah membatasi asupan cairan atau garam, ceklah kembali untuk melihat berapa banyak Anda harus minum dan apakah Anda harus mengganti garam yang hilang.
  • Jangan minum minuman manis atau alkohol untuk rehidrasi. Minuman ini dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengontrol suhu Anda. Juga, minuman yang sangat dingin karena dapat menyebabkan kram perut.

Pencegahan
Heatstroke dapat diprediksi dan dicegah. ambillah langkah-langkah untuk mencegah heatstroke saat cuaca panas :

  • Kenakan pakaian yang ringan. Memakai pakaian berlebihan atau pakaian yang berat akan menghalangi pendinginan pada tubuh Anda.
  • Melindungi kulit untuk menghindari sunburn. Sunburn mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mendinginkan diri, sehingga lindungi lah diri anda dengan topi bertepi lebar dan kacamata hitam dan menggunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 15 pada saat berada diluar ruangan. Oleskan tabir surya dan ulangi setiap dua jam – atau lebih sering jika Anda sedang berenang atau berkeringat.
  • Minum banyak cairan. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi akan membantu keringat pada tubuh Anda dan mempertahankan suhu tubuh normal.
  • Ambil tindakan pencegahan ekstra dengan obat-obatan tertentu. Perhatikanlah obat-obatan yang berhubungan dengan panas jika Anda mengkonsumsi obat yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk tetap terhidrasi dan mengusir panas.
  • Jangan pernah meninggalkan siapa pun di dalam mobil yang diparkir. Ini adalah penyebab umum kematian yang berhubungan dengan panas pada anak-anak.

Ketika diparkir di bawah sinar matahari, suhu di dalam mobil Anda dapat naik 20 derajat F (lebih dari 6,7 C) dalam 10 menit.

Tidak aman untuk meninggalkan seseorang di dalam mobil yang diparkir di cuaca hangat atau panas, bahkan jika jendelanya retak atau mobil diparkir di tempat yang teduh. Ketika mobil Anda diparkir, pastikan jika mobil anda sudah terkunci untuk menghindari anak yang masuk ke mobil.

  • Tetap tenang pada cuaca yang sangat panas. Jika Anda tidak dapat menghindari aktivitas berat dalam cuaca panas, minumlah cairan dan istirahatlah dengan sering di tempat yang dingin. Cobalah untuk menjadwalkan latihan atau kerja fisik pada saat cuaca dingin seperti pagi hari atau sore hari.
  • Sesuaikan diri. Batasi waktu yang dihabiskan bekerja atau berolahraga di hari panas sampai Anda dapat beradaptasi dengan kondisi seperti itu. Orang-orang yang tidak terbiasa dengan panas akan lebih rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan panas. Hal ini dapat memakan waktu beberapa minggu untuk tubuh Anda menyesuaikan diri dengan cuaca panas.
  • Berhati-hatilah jika Anda memiliki risiko. Jika Anda mengkonsumsi obat atau memiliki kondisi yang meningkatkan risiko masalah yang berhubungan dengan panas, hindari panas dan bertindak cepat jika Anda melihat gejala kepanasan. Jika Anda berpartisipasi dalam acara olahraga berat atau kegiatan dalam cuaca panas, pastikan ada layanan medis yang tersedia dalam kasus darurat.