Helm Tidak Pernah Dibersihkan Menjadi Sumber Penyakit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda merasa gatal di kepala? Bisa jadi itu dampak dari helm yang kotor karena tidak bisa dibersihkan. Waspadai helm kotor, bisa jadi itu merupakan sumber penyakit.

Dampak yang Terjadi dengan Pemakaian Helm yang Tidak Dicuci

Bakteri yang bersarang dihelm ialah bakteri Staphylococcus Aureut dan Staphylococcus epidermis merupakan spesies bakteri dari golongan genus. Kondisi helm kotor dapat memicu pertumbuhan jamur sehingga menimbulkan berbagai macam jenis penyakit. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri jahat pada helm yang jarang dicuci dan jamur yang bersarang di dalam helm ialah sebagai berikut:

  • Ketombe

Ketombe merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang kulit kepala. Pemakaian helm yang tidak pernah dicuci juga dapat memicu terjadinya ketombe. Kulit kepala akan mengelupas dan jika parah tentu menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Gatal di Kulit Kepala

Kulit kepala bisa merasakan sangat gatal karena helm jarang dicuci. Helm yang kotor sangat memungkinkan terjadinya gatal-gatal di area kulit kepala.

  • Menimbulkan Jerawat

Bukan hanya area kepala, tapi seseorang yang terbiasa memakai helm kotor bisa memicu pertumbuhan jerawat. Jerawat yang tumbuh bisa di daerah wajah, leher, dan punggung. Keringat di kepala yang bercampur dengan bakteri dari helm kotor turun ke wajah dan leher dan sangat memungkinkan terjadinya jerawat.

  • Tumbuhnya Bisul

Seseorang yang terbiasa memakai helm kotor dan tidak dicuci akan cenderung mengalami bisulan. Bisulan bisa terjadi di area kepala, wajah, dan leher. Hal ini terjadi karena kulit yang sensitif dan terjangkit penyakit yang berasal dari bakteri di dalam helm yang tidak pernah dicuci.

  • Penyakit Kulit

Faktanya memakai helm yang kotor dan jarang dicuci bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas, dan kurap. Bakteri dapat tumbuh subur di dalam helm yang tidak pernah dicuci, terlebih jika menempel dengan kepala setiap hari sehingga kepala biasanya akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Anda dapat mencuci helm secara teratur karena banyak sekali jenis bakteri yang terjadi karena banyak bakteri yang bisa tumbuh di dalam helm yang kotor. Jika ingin mencuci sebaiknya dilepas terlebih dahulu busanya sehingga mencuci bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jika Anda tidak ingin mencuci helm sendiri, maka bisa dibawa ke jasa pencucian helm yang bisa ditemukan di berbagai tempat.

Demikian informasi mengenai berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan dari helm yang tidak pernah dibersihkan. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca untuk mendapatkan kesehatan yang baik karena mau rutin menjaga kesehatan kepala. Kebersihan kepala juga berdampak pada kebersihan wajah. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here