Hidradenitis Suppurativa

Definisi

Hidradenitis suppurativa adalah kondisi kulit yang kronis dengan benjolan atau memar sebesar kacang pada kulit. Juga dikenal sebagai jerawat inversa, benjolan biasanya terbentuk pada kulit yang sering bergesekan – seperti ketiak, pangkal paha, bokong dan bawah serta antara payudara.

Terkait benjolan yang disebabkan oleh hidradenitis suppurativa biasanya akan menyakitkan dan jika pecah akan menimbulkan bau busuk. Pada sebagian besar kasus, sebuah lubang akan terbentuk pada kulit.

Hidradenitis suppurativa cenderung terjadi setelah masa pubertas, bertahan selama bertahun-tahun dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Diagnosis dini terhadap hidradenitis suppurativa dan mangatasi gejala dengan segera dapat membantu mencegah perkembangan lesi lain.

Gejala

Hidradenitis suppurativa biasanya terbentuk pada daerah yang berambut, dimana kelenjar minyak dan keringat banyak ditemukan, seperti di ketiak, pangkal paha dan daerah anal. Ini juga dapat terjadi pada bagian kulit yang sering bergesekan, seperti paha bagian dalam, payudara dari Antara pantat. Hidradenitis suppurativa dapat muncul pada satu atau beberapa area pada tubuh.

Tanda dan gejala hidradenitis suppurativa meliputi:

  • Komedo. Bintik kecil pada kulit yang mengandung komedo – Sering muncul berpasangan atau ” double-barreled ” adalah bentuk umumnya.
  • Benjolan lembut dan merah. Benjolan atau lesi ini, akan membesar dan pecah dan mengeluarkan nanah. Nanah ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Gatal dan keringat berlebihan mungkin menemani benjolan.
  • Benjolan seukuran kacang yang nyeri. Benjolan keras ini, akan membesar pada kulit, dan bertahan selama bertahun-tahun, dan terus, membesar sehingga mengakibatkan peradangan.
  • Benjolan yang bocor atau luka. Luka ini akan sembuh dengan sangat lambat, jika hal ini terjadi, luka akan terus membesar dan menyebabkan lubang pada kulit.

Hidradenitis suppurativa sering terjadi setelah masa pubertas, benjolan yang menyakitkan akan muncul selama beberapa minggu atau bulan. Pada sebagian orang, penyakit ini berkembang secara progresif dan memperburuk beberapa area pada kulit. Namun beberapa orang hanya merasakan gejala ringan. Kelebihan berat badan, stres, perubahan hormon, panas atau keringat berlebihan bisa memperburuk gejala.

Kapan harus ke dokter

Sebagian besar kasus hidradenitis suppurativa dapat diatasi dengan pengobatan sendiri. Konsultasikan dengan dokter jika kondisi Anda:

  • Menyakitkan
  • Tidak merasa baikan setelah beberapa minggu
  • Kemabali setelah beberpa minggu pengobatan
  • Muncul di beberapa lokasi
  • Sering kambuh

Penyebab

Hidradenitis suppurativa terjadi ketika bagian yang tubuh yang berambut meradang. Tidak diketahui apa penyebabnya, namun ada sejumlah faktor – Termasuk hormon, genetika, merokok dan kelebihan berat badan – mungkin berperan dalam pembentukan penyakit ini.

Faktor Risiko

Hidradenitis suppurativa mempengaruhi 1 persen dari populasi. Faktor yang meningkatkan risiko anda seperti :

  • Usia. Hidradenitis suppurativa umumnya terjadi pada anak remaja.
  • Jenis kelamin Anda. Wanita lebih rentan terhadap hidradenitis suppurativa dari pada laki-laki.
  • Riwayat keluarga. Kecenderungan terhadap hidradenitis suppurativa dapat diwariskan.

Komplikasi

Hidradenitis suppurativa sering menyebabkan komplikasi ketika penyakit ini terus berkembang. Komplikasi dapat meliputi:

  • Luka dan perubahan kulit. Hidradenitis suppurativa yang parah dapat meninggalkan bekas seperti luka, beberapa bintik atau bagian kulit akan lebih gelap dari warna kulit normal.
  • Pembatasan gerakan. Luka yang terbuka dapat menyebabkan keterbatasan dalam bergerak karena sakit, terutama ketika penyakit ini muncul dibagian ketiak atau paha.
  • Terhalangnya drainase getah bening. Tempat yang sering terkena penyakit ini biasanya adalah tempat getah bening dan kelenjar minyak. Jaringan parut dapat mengganggu sistem drainase getah bening, sehingga menyebabkan pembengkakan di lengan, kaki atau alat kelamin.
  • Isolasi sosial. Letak, drainase dan bau dari luka – satu atau bebrapa – dapat menyebabkan malu dan enggan pergi ke tempat-tempat umum, sehingga membuat anda depresi.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Pertama-tama mungkin Anda akan menemui dokter keluarga anda. Dia mungkin akan merujuk anda ke dokter sepesialis penyakit kulit (dermatologist).

Karena pertemuan dengan dokter bisa terjadi dengan waktu yang singkat, dan banyak yang harus diselesaikan dalam waktu yang sedikit tersebut. Maka akan menjadi ide yang bagus jika anda mempersiapkannya terlebih dahulu. Berikut informasi yang dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri dan tahu apa yang dapat anda harapkan dari dokter anda.

Apa yang dapat Anda lakukan

Tuliskan tanda-tanda dan gejala dan kapan pertama kali muncul. Catat berapa lama lesi terjadi dan apakah aka pengulangan.

Buatlah daftar semua obat – Termasuk vitamin, herbal dan obat apotik – yang anda konsumsi. Perhatikan dosis dan instruksi pada setiap obat anda, atau membawa botol aslinya saat anda menemui dokter.

Juga tuliskan pertanyaan yang ingin anda tanyakan kepada dokter anda. Jangan takut untuk bertanya atau mengatakan sesuatu jika ada sesuatu yang tidak anda pahami. Mulai lah dengan masalah yang sangat kamu khawatirkan..

Apa yang dapat Anda harapkan dari dokter

Dokter mungkin akan menanyakan sejumlah pertanyaan, seperti:

  • Kapan gejala mulai terjadi?
  • Apakah gejala ini muncul secara tiba-tiba atau bertahap?
  • Bagaimana bentuk lesi ini ketika pertama kali mucul?
  • Apakah gejala anda menyakitkan?
  • Apakah orang tua atau saudara anda pernah memiliki masalah ini?
  • Apakah kamu pernah memiliki gejala ini sebelumnya?

Tes dan Diagnosis

Diagnosis biasanya dapat dilakukan dengan melakukan tes pada bagian kulit yang terkena. Jika nanah muncul, dokter mungkin akan mengirim sampel dari cairannya untuk dites di laboratorium.

Perawatan dan Obat-obatan

Sebenarnya tidak ada obat untuk hidradenitis suppurativa. Namun perawatan yang cepat dapat membantu mengatasi gejala dan akan mencegah tumbuhnya lesi lain.

Obat

Dokter anda mungkina akan menyarankan untuk mencoba satu atau beberapa obat seperti:

  • Antibiotik. Penggunaan antibiotik dalam jangka panjang dapat mencegah penyakit ini memburuk dan mengurangi risiko penyakit lain di waktu yang akan datang. Obat ini bisa berupa pil yang dimasukkan kemulut atau krim yang dioleskan pada kulit.
  • Kortikosteroid. Menyuntikkan obat steroid secara langsung ke nodul dapat mengurangi peradangan. Steroid oral, seperti prednisone, juga dapat membantu. Namun penggunaan prednisone dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping seperti osteoporosis.
  • Tumor necrosis factor (TNF) inhibitor -alpha. Obat infliximab seperti infliximab (Remicade) dan adalimumab (Humira) cukup menjanjikan bagi perawatan hidradenitis sppurativa. Namun, obat ini dapat meningkat kan risiko infeksi, gagal ginjal dan beberapa jenis kanker.

Bedah dan prosedur lainnya

Pada sebagian besar kasus lesi yang parah, operasi mungkin akan diperlukan.

  • Insisi dan drainase. Bedah drainase mungkin menjadi pilihan ketika penyakit melibatkan sebuah area kecil. Namun, perawatan jenis ini umumnya dilakukan dalam jangka pendek.
  • Tidak menutupi lubang. Dikenal juga sebagai de-roofing, prosedur ini memotong kulit dan daging yang menutupi beberapa lubang yang berhubungan dengan lesi. walau demikian, penyakit ini mungkin akan muncul kembali pada area yang telah diobati atau pada area lain di tubuh anda.
  • Operasi pengangkatan. Pengobatan bedah pada penyakit yang parah dan sering kambuh melibatkan pengangkatan semua kulit yang bersangkutan. Pencangkokan kulit mungkin diperlukan untuk menutupi luka tersebut. Operasi pengangkatan seluruh kulit yang terkena dapat mengobati penyakit tapi tidak mencegah penyakit ini untuk muncul pada area lain.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Beberapa saran berikut mungkin dapat mengurangi rasa tidak nyaman, mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi menyebar:

  • Gunakan kompres hangat. Sebuah handuk atau kompres yang hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan.
  • Jaga agar daerah yang terinfeksi tetap bersih. Basuhlah bagian yang terinfeksi secara lembut dengan sabun antibakteri. Setelah dibersihkan, oleskan obat apotik.
  • Kenakan pakaian yang longgar. Pakaian dan celana yang longgar dapat membantu mencegah iritasi kulit, Sementara itu, pakaian sintetis yang ketat dapat mengiritasi kulit anda.
  • Menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan kulit untuk bergesekan – misalnya, antara kulit lipatan – menyebabkan gesekan, peningkatan keringat dan pertumbuhan bakteri. Meskipun menurunkan berat badan tidak menyembuhkan penyakit, namun dapat mengurangi gejala.

Pengobatan Alternatif

Mengkonsumsi suplemen zinc setiap hari dapat mengurangi peradangan dan mencegah timbulnya masalah baru.

Penanganan dan Dukungan

Hidradenitis suppurativa bisa sangat menyakitkan, tidak enak dipandang, dan jika lesi bernanah akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sifat dasar dari penyakit ini dan halangan dalam pengobatan hanya akan menambah beban. Mungkin anda merasa malu atau cemas tentang gejala anda dan mulai menarik diri. Anda mungkin akan frustasi dan sedih karena reaksi orang lain.

Keluarga dan teman-teman dapat membantu anda melewati masa sulit ini. Kadang-kadang, meskipun, itu semua tidak cukup. Seorang konselor profesional mungkin dapat membantu anda untuk menyarankan beberapa strategi yang dapat mendukung anda sehingga anda akan merasa lebih nyaman dengan situasi saat ini. Mungkin anda juga bisa menemukan dan memahami apa yang membuat orang lain dengan hidranitis suppurativa merasa nyaman. Grup dukungan online dapat menghubungkan anda dengan orang lain dengan kondisi yang sama.