Hidrokel

Definisi

Hidrokel adalah sebuah kantong berisi cairan yang mengelilingi biji kemaluan sehingga mengakibatkan pembengkakan pada daerah tersebut. Hidrokel biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir dana dapat menghilang tanpa pengobatan selama setahun pertama kehidupan. Anak laki-laki atau lali-laki dewasa dapat terkena hidrokel dikarenakan adalnya peradangan atau luka pada kanonng kemaluan.

Hidrokel biasanya tidak akan menyakitkan dan mungkin tidak membutuhkan perawatan apapun. Namun, jika anda mengalami pembengkakan pada bagian kemaluan anda, temui dokter anda untuk mengetahui penyebabnya.

Gejala

Biasanya, satu-satunya indikasi dari hidrokel ini adalah adanya pembengkakan pada satu atau kedua kantong kemaluan. Laki-laki dewasa yang mengalami hidrokel akan merasakannya karena pemberatan pada kantong kemaluan yang membengkak. Biasanya sakit akan meningkat ketika bertambahnya ukuran pembengkakan. Terkadang, area yang membengkak akan mengecil pada pagi hari dan membesar kembali pada siang hari.

Kapan harus ke dokter

Temui dokter jika anda atau anak anda mengalami pembengkakan pada kantong kemaluan. Penting untuk mengetahui penyebab dari pembengkakan untuk melakukan pengobatan. Misalnya, hidrokel yang disebabkan oleh lemahnya dinding lambung sehingga menyebabkan usus turun ke kantong kemaluan (inguinal hernia).

Hidrokel pada anak bayi biasanya aka menghilang sendirinya. Namun, jika hidrokel pada bayi anda tidak menghilang setelah setahun pembengkakan, anda harus meminta dokter anak anda untuk melakukan tes hidrokel kembali.

Lakukan pengobatan secepatnya jika anda atau anak anda tiba-tiba merasakan nyeri atau pembengkakan pada kantong kemaluan, terutama setelah beberapa jam terjadinya luka pada kantong kemaluan. Tanda-tanda dan gejala ini bisa timbul karena beberapa kondisi, seperti teehambatnya aliran darah pada testis (testicular torsion). Penyakit ini harus di obati dengan cepat untuk melindungi testis.

Penyebab

Pada bayi laki-laki

Hidrokel bisa berkembang sebelum kelahiran. Biasanya, testis akan berhenti berkembang pada ruang perut si bayi menuju kantong kemaluan. Kemudian sebuah kantong akan muncul pada setiap testis dan mengalirkan cairan kesekitar testis tersebut.

Biasanya, setiap kantong akan tertutup dan cairan di dalamnya akan terserap. Namun, cairan dapat tetap tinggal setelah adanya penutupan (nocommunicating hydrocele). Cairan ini biasanya akan terisap secara perlahan selama satu tahun kehidupan.

Kadang, walau bagaimanapun juga, kantong akan tetap terbuka (communicating hydrocele). Ukuran kantong ini dapat berubah atau, kantong kemaluan dapat tersumbat, sehingga cairan akan mengalir kembali ke bagian perut. Communicating hydrocele sering juga disebut sebagai inguinal hernia.

Laki-laki yang lebih tua

Hydrokel bisa muncul karena disebabkan oleh luka atau peradangan pada kantong kemaluan. Peradangan bisa disebabkan oleh infeksi pada testis atau karena adanya gulungan kecil pada setiap kantong kemaluan (epididymitis).

Faktor Risiko

Sebagian besar hydrokel muncul saat kelahiran. Sekitar 1 atau 2 persen bayi baru lahir memiliki hydrokel. Bayi yang lahir prematur lebih berisiko terhadap hydrokel.

Pada laki-laki, hydrokel biasanya menyerang mereka yang berumur diatas 40 tahun. Faktor risiko dapat meningkat ketika :

  • Luka pada kanton kemaluan
  • Infeksi, termasuk infeksi dari penyakit menular seksual (PMS)

Komplikasi

Hydrokel biasnya tidak berbahaya dan tidak mengganggu kesuburan. Namun, hal ini bisa disebabkan oleh kondisi testis lain yang mungkin dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti :

  • Infeksi atau tumor. Sehingga dapat mengurangi fungsi dan produksi sperma.
  • Inguinal hernia. Sejumlah usus yang terperangkap pada dinding perut dapa menyebabkan komplikasi lain.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Jika anda atau anak anda mengalami pembengkakan pada kantong kemaluan, anda mungkin akan dirujuk pada dokter spesialis kemaluan laki-laki (urologist).

Agar anda menerima semua informasi yang diberikan dokter, ini akan membantu jika anda mempersiapkan diri sebelumnya.

Apa yang bisa Anda lakukan

  • Buatlah daftar semua gejala yang anda atau anak anda rasakan, dan sudah berapa lama.
  • Tuliskan semua informasi pribadi, termasuk semua gejala yang berhubungan dengan kantong kemaluan termasuk PMS
  • Buatlah daftar semua obat, vitamin atau suplemen yang anda konsumsi.
  • Tuliskan pertanyaan yang akan anda tanyakan pada dokter.

Untuk hydrokel, beberapa pertanyaan dasar yang dapat anda tanyakan pada dokter, meliputi:

  • Apa yang menyebabkan pembengkakan? Apakah ada penyebab lain?
  • Tes jenis apa saja yang saya butuhkan?
  • Pengobatan jenis apa yang anda sarankan?
  • Tanda atau gejala apa yang mengindikasi bahwa saya harus mengobati kondisi ini?
  • Apakah anda menyarankan untuk pembatasan bebrapa aktivitas?

Jangan malu untuk menanyakan pertanyaan selam pertemuan Anda dengan dokter.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter mungkin akan menanyakan sejumlah pertanyaan pada anda. Mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan tersebut mungkin akan memberikan waktu lebih pada masalah yang membuat anda khawatir.

Jika anak anda terkena, dokter mungkin akan menanyakan :

  • Kapan pembengkakan mulai terjadi? Apakah bertambah besar?
  • Apakah anak anda merasakan nyeri?
  • Apakah anak anda merasakan gejala lain?

Jika anda terkena mungkin dokter akan menanyakan:

  • Kapan pembengkakan mulai terjadi?
  • Apakah adanya penghentian fungsi pada penis anda atau adanya darah pada mani anda?
  • Apakah anda merasa tidak nyaman pada area yang terkena?
  • Apakah anda merasakan pada saat ejakulasi?
  • Apakah anda sering buang air kecil? Apakah ini sakit ketika anda buang air kecil?
  • Apakah anda dan pasangan anda sudah diperiksa untuk tes PMS
  • Apakah hobi atau pekerjaan anda berhubungan dengan mengangkat beban berat?
  • Apakah anda pernah mengalami infeksi prostat, atau kondisi prostat lainnya?
  • Apakah anda pernah mengalami radiasi atau operasi pada bagian yang terkena?

Apa yang dapat Anda lakukan sementara itu

Jika Anda laki-laki dewasa yang aktif berhubungan seks, hindari kontal seksual yang dapat meningkatkan risiko pasangan anda terkena PMS, termasuk bersenggama, seks oral dan kontak kemaluan lainnya.

Tes dan Diagnosis

Dokter anda akan melakukan tes fisik, seperti:

  • Tes untuk kelembutan pembengkakan kantong kemaluan.
  • Menekan bagian perut anda untuk tes inguinal hernia.
  • Menerangi kantong kemaluan anda dengan cahaya (transillumination). Jika anda terkena hidrokel, transilluminaion akan mengindikasi berapa persen cairan yang mengelilingi testis.

Setelah itu, dokter anda mungkin akan merekomendasikan :

  • Tes darah dan urin untuk menentukan apakah anda memiliki infeksi, seperti epididymitis.
  • Ultrasound untuk mengetahui apakah anda memiliki hernia, tumor testis atau penyebab pembengkakan lainnya.

Perawatan dan Obat-obatan

Untuk bayi laki-laki, hidrokel biasanya menghilang dengan sendirinya selama satu tahun. Jika hidrokel tidak menghilang setelah setahun dan terus membengkak, ini mungkin akan memerlukan operasi pengangkatan.

Bagi laki-laki dewasa, hidrokel biasanya menghilang selama 6 bulan. Hidrokel memerlukan perawatan jika hal ini terus membengkak dan menyebabkan rasa tidak nyaman atau cacat. Mungkin ini juga memerlukan operasi pengangkatan.

Operasi (hydrocelectomy)

Prosedur ini bisa dilakukan pada pasien dengan pengaruh anestesia dasar. Irisan akan dibuat pada kantong kemaluan atau bagian bawah perut untuk mengangkat hidrokel. Jika hidrokele yang ditemukan pada saat operasi akan menjadi inguinal hernia, pengangkatan akan tetap dilakukan walaupun akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Pengobatan lanjutan

Setelah operasi hidrokel, anda mungkin memerlukan saluran untuk mengeluarkan cairan dan menggunakan pakaian yang besar selama beberapa hari. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, dokter anda mungkin menyarankan untuk:

  • Tali pengikat kantong kemaluan
  • Kantong es untuk mengurangi pembengkakan

Dokter anda biasanya merekomendasikan tes ulang karena terkadang hidrokel bisa muncul kembali.