Hidup Dengan Diabetes

Print

Diabetes adalah penyakit yang terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Insulin adalah hormon alami berupa hormon polipeptida yang diproduksi oleh organ pankreas. Hormon ini erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Pasien dengan diabetes tipe I tidak memproduksi insulin, sedangkan pasien dengan diabetes tipe II tidak bisa merespon insulin dengan baik.

Pada diabetes tipe 1, tubuh penderita tidak bisa memproduksi insulin karena sel-sel beta di pankreas telah rusak atau hancur. Oleh karen itu, mereka membutuhkan suntik insulin supaya tubuh bisa memproses glukosa dan mencegah komplikasi akibat hiperglikemia. Penderita diabetes tipe 2, mereka mungkin membutuhkan suntik insulin untuk membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik dan mencegah timbulnya komplikasi jangka panjang. Penderita diabetes perlu melakukan beberapa hal untuk menjaga kondisi mereka agar tetap di bawah kontrol.

Pemantauan gula darah
Salah satu aspek yang paling penting bagi penderita diabetes adalah melakukan pemantauan kadar gula darah. Pasien dengan diabetes harus memantau kadar glukosa darah mereka beberapa kali setiap hari. Ada berbagai jenis monitor glukosa darah yang dapat digunakan di rumah; beberapa di antaranya menggunakan selembar kertas, yang berubah warna bila terkena darah, tergantung pada jumlah glukosa dalam darah. Pasien juga dapat menggunakan perangkat pengujian glukosa digital, yang dapat mengukur jumlah glukosa dalam jumlah kecil darah dan menampilkan kadar glukosa pada layar. Penderita diabetes harus memastikan bahwa kadar glukosa darah mereka tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena keduanya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Pola makan
Pola makan juga merupakan aspek penting untuk bagi penderita diabetes. Untuk menghindari fluktuasi kadar glukosa darah yang tinggi, penderita diabetes harus mencoba untuk makan jumlah makanan yang sama di setiap makanan atau makanan ringan, dan mengonsumsi makanan pada waktu yang teratur. Pasien juga perlu bekerja sama dengan dokter atau ahli gizi untuk membuat rencana makan yang rendah gula olahan dan lemak. Pola makan umumnya ditekankan pada buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak dan biji-bijian.

Obat-obatan
Penderita diabetes mungkin perlu mengonsumsi obat tertentu setiap hari untuk membantu menjaga kadar gula darah mereka agar tetap di bawah kontrol. Banyak pasien harus menerima suntikan insulin berkala, yang biasanya diberikan sesaat sebelum makan. Pasien juga dapat menggunakan pompa insulin kecil, untuk memasukkan insulin ke dalam darah. Menurut mayoclinic.com, ada sejumlah obat oral yang juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Beberapa obat dapat meningkat jumlah insulin yang diproduksi pankreas, sementara obat lain meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap efek insulin.
Perubahan gaya hidup
Latihan fisik juga merupakan bagian penting dari perawatan diabetes. Olahraga dapat membantu penderita diabetes menurunkan berat badan, membantu menurunkan kadar gula darah dan memperkuat sistem kardiovaskular. Menurut The American Heart Association, penderita diabetes setidaknya perlu melakukan latihan aerobik intensitas sedang 2,5 jam atau 1,5 jam latihan intensitas tinggi setiap minggu, disertai dengan kombinasi beberapa latihan beban ringan.

Perawatan diri
Ada beberapa tugas penderita diabetes lainnya harus lakukan setiap hari untuk mencegah komplikasi yang berhubungan dengan diabetes. Pasien harus memeriksa kaki mereka untuk setiap luka, lecet, lecet, goresan, atau luka lainnya. Hal ini karena penderita diabetes seringkali mengalami penurunan kepekaan dan sirkulasi di kaki mereka, sehingga luka menjadi tidak diketahui dan pada akhirnya terjadi infeksi. Penderita diabetes juga perlu menerapkan kebersihan gigi yang baik setiap hari untuk membantu menghindari komplikasi diabetes pada gigi. Karena diabetes dapat meningkatkan risiko pasien terkena penyakit kardiovaskular, penderita diabetes juga harus memeriksa tekanan darah dan kolesterol secara teratur.

*pic www.obatdiabetespankreas.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY