Hikmah Dibalik Kegiatan Berbuka Puasa Bersama Teman-Teman

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Banyak hikmah yang bisa diambil dari bulan suci Ramadhan, salah satunya adalah kembali terjalinnya silaturahmi. Berbagai agenda buka puasa bersama dilakukan banyak pihak, guna menjalin silaturahmi yang mungkin saja tidak berjalan baik pada bulan-bulan sebelumnya.

Aktivitas buka puasa bersama juga telah menjadi tradisi bagi para remaja ketika bulan Ramadhan tiba. Agenda buka puasa bersama yang dilakukan remaja tidak harus dilakukan di mall atau restoran, namun bisa diberbagai tempat yang dapat memberikan kesan spesial.

Apabila dicermati terdapat berbagai hikmah yang muncul dari kegiatan buka puasa yang dilakukan remaja bersama teman-temannya. Acara ini tidak hanya sekedar kumpul-kumpul, tapi juga menjadi wahana untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Lantas apa saja hikmah menyelenggarakan buka puasa bersama bagi remaja?

  1. Dapat menjalin kembali tali silaturahmi. Hikmah pertama yang bisa dipetik dari buka puasa bersama adalah kembali terjalinnya tali silaturahmi. Remaja yang memiliki tanggung jawab sebagai pelajar, memiliki berbagai aktivitas. Waktu untuk bersilaturahmi dengan teman-teman otomatis mengalami penurunan. Momen Ramadhan bisa dimanfaatkan untuk kembali menjalin silaturahmi, yakni dengan mengadakan buka puasa bersama.
  2. Dapat mengakrabkan hubungan antar teman. Dengan buka puasa bersama silaturahmi tidak hanya kembali terjalin, namun juga bisa menjadi lebih akrab. Mungkin saja selama bulan-bulan sebelumnya komunikasi hanya melalui media perantara seperti handphone, media sosial atau surat elektronik. Alhasil ketika bertatap muka saat berbuka puasa bersama, secara tidak langsung akan menciptakan kesan yang lebih akrab.
  3. Dapat mencairkan hubungan yang tegang antara teman. Tidak dipungkiri jika antar teman terkadang mengalami perselisihan. Melalui buka puasa bersama setidaknya dapat menciptakan situasi yang baik dalam mencairkan suasana. Hubungan yang tegang antar teman juga bisa diselesaikan dengan bantuan teman-teman lainnya sebagai mediator.
  4. Dapat membuka komunikasi dengan pihak lain yang belum dikenal. Acara buka puasa bersama yang dilakukan remaja, biasanya diikuti banyak peserta. Remaja akan mengajak teman-temannya untuk hadir, meski belum saling kenal. Alhasil dalam buka puasa bersama akan tercipta komunikasi yang baru dengan orang-orang yang belum dikenal.
  5. Dapat membuka pintu rezeki. Rezeki merupakan pemberian dari Allah SWT dengan perantara pihak lain. Dengan acara buka puasa bersama bisa saja membuka pintu rezeki seseorang karena berinteraksi dengan orang lain. Misalnya saja ada teman yang menawarkan bisnis, pekerjaan, investasi, dan lain sebagainya.
  6. Dapat memunculkan ide-ide baru yang positif. Dengan buka puasa bersama akan tercipta diskusi antara remaja dengan teman-temannya. Dari kondisi tersebut tentu akan memunculkan ide-ide baru yang bisa dilakukan guna mempererat silaturahmi. Misalnya saja membuat komunitas, mengadakan bakti sosial, hingga mengadakan acara halal bi halal ketika Idul Fitri.

Dapat saling mendoakan. Agenda buka puasa bersama juga menjadi ajang saling mendoakan antar teman. Tentu saja hal-hal positif selalu diharapkan hadir pada diri seseorang, selama menjalani kewajibannya sebagai manusia di kehidupan ini. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY