Hindari Makanan Berikut Bagi Penderita Jantung Koroner

www.sehatfresh.com

Sehatfresh.com – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Seperti yang telah kita ketahui bahwa jantung merupakan organ tubuh yang berperan untuk memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh. Sering kita dengar mengenai penyakit jantung koroner yang terjadi karena penyumbatan pada arteri koroner. Karena penyumbatan tersebut, darah yang seharusnya mengalir ke otot jantung menjadi terhambat bahkan dalam beberapa kasus, darah sama sekali tidak mengalir ke jantung. Hal tersebut tentu saja bisa berakibat fatal yaitu kematian.

Penyakit jantung koroner sendiri terjadi karena adanya penumpukan kolestrol dan lemak yang membentuk plak di dinding pembuluh darah sehingga terjadi penyumbatan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Anda perlu waspada jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi seperti junk food dan gorengan. Selain itu, bagi Anda yang merokok, risiko penyakit jantung koroner akan meningkat.

Bagi penderita jantung koroner, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan sehingga tidak boleh dikonsumsi. Hal tersebut harus dipatuhi oleh penderita agar dapat meminimalisir kemungkinan yang lebih buruk. Berikut di bawah ini adalah beberapa daftar pantangan makanan bagi penderita jantung koroner:

  1. Junk food

Di zaman serba cepat, waktu menjadi hal yang sangat berharga. Bahkan kadang banyak orang merelakan waktu makan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang lain. Beberapa yang lain memilih junk food karena makanan tersebut sangat mudah didapat dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Namun yang harus Anda ingat bahwa junk food mengandung lemak trans, sodium dan gula yang sangat tinggi. Kandungan tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk juga jantung. Bagi penderita jantung koroner sangatlah tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

  1. Makanan berkolesterol tinggi

Selain junk food, makanan dengan kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu pantangan penderita jantung koroner. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa makanan dengan kolesterol tinggi  adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Selain penyakit jantung, ada banyak risiko yang ditimbulkan dari makanan berkolesterol tinggi tersebut seperti stroke.

Bagi penderita jantung koroner, harus menghindari makanan berkolesterol tinggi seperti daging kambing, otak sapi, kulit ayam, jeroan, cumi, kerang dan lain sebagainya.

  1. Karbohidrat olahan

Memang benar bahwa tubuh manusia membutuhkan karbohidrat untuk mendapatkan energi dalam melakukan aktifitasnya. Namun, karbohidrat olahan menjadi salah satu pantangan makanan bagi penderita jantung koroner. Hal tersebut karena dalam proses pengolahannya, makanan tersebut menyertakan bahan- bahan lain yang berakibat tidak baik bagi tubuh seperti lemak trans, gula dan fruktosa. Makanan karbohidrat olahan tersebut contohnya adalah mie instan dan biskuit.

Selain yang telah disebutkan di atas, penderita jantung koroner juga harus menghindari minuman beralkohol. Terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga dan makan makanan sehat seperti sayur dan buah. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY