Hip Labral Tear

Definisi

Hip labral tear melibatkan cincin tulang rawan, yang disebut labrum, yang mengikuti tepi luar soket dari sendi panggul Anda. Labrum berfungsi seperti segel karet atau gasket untuk membantu memegang bola di bagian atas tulang paha Anda tetap aman dalam soket pinggul Anda.

Atlet yang berpartisipasi dalam olahraga seperti hoki es, sepak bola, sepak bola, golf dan balet beresiko lebih tinggi terkena hip labral tear. Kelainan struktur pinggul juga dapat menyebabkan robekan pinggul labral.

Gejala

Labral hip tear kebanyakan tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala. Kadang-kadang, bagaimanapun, Anda mungkin mengalami satu atau lebih dari hal berikut:

  • Penguncian, mengklik atau menangkap sensasi di sendi panggul Anda
  • Nyeri pada pinggul atau pangkal paha
  • Kekakuan atau rentang gerak yang terbatas pada sendi panggul Anda

Kapan Anda harus ke dokter?

Carilah bantuan medis jika gejala memburuk atau tidak membaik dalam waktu enam minggu.

Penyebab

Penyebab hip labral tear mungkin:

  • Cedera atau dislokasi sendi panggul – yang dapat terjadi karena kecelakaan mobil atau bermain olahraga kontak seperti sepak bola atau hoki – dapat menyebabkan robekan hip labral.
  • Kelainan struktural. Beberapa orang dilahirkan dengan masalah pinggul yang dapat mempercepat keausan sendi dan akhirnya menyebabkan hip labral tear.
  • Gerakan berulang. Olahraga terkait dan kegiatan fisik lainnya – termasuk yang tiba-tiba gerakan memutar atau berputar yang umum pada golf atau softball – dapat menyebabkan keausan sendi dan air mata yang pada akhirnya menyebabkan hip labral tear.

Komplikasi

Hip labral tear dapat menyebabkan Anda mengembangkan osteoarthritis pada sendi tersebut di kemudian hari.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Meskipun Anda mungkin awalnya berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda, dia mungkin merujuk Anda ke dokter spesialis gangguan pinggul atau dokter olahraga.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Anda dapat daftar yang mencakup:

  • Deskripsi lengkap gejala Anda
  • Informasi tentang masalah medis yang pernah Anda alami
  • Informasi tentang masalah kesehatan orang tua atau saudara kandung
  • Semua obat-obatan dan suplemen makanan yang Anda ambil
  • Pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter Anda mungkin bertanya:

  • Di mana tepatnya yang sakit?
  • Kapan nyeri mulai terasa?
  • Apakah ada sesuatu yang menusuknya?
  • Apakah ada aktivitas yang membuat rasa sakit lebih baik atau lebih buruk?

Tes dan Diagnosis

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memindahkan kaki Anda, dan terutama sendi panggul Anda, di dalam berbagai posisi untuk memeriksa rasa sakit dan mengevaluasi berbagai gerak pinggul Anda. Dokter juga mungkin ingin melihat Anda berjalan.

Scan pencitraan

Hip labral tear jarang terjadi dalam isolasi. Dalam kebanyakan kasus, struktur lainnya dalam sendi panggul juga telah cedera berkelanjutan. Sinar-X sangat baik dalam memvisualisasikan tulang. Tes ini dapat memeriksa patah tulang dan kelainan struktural.

Gambar rinci dari jaringan lunak pinggul Anda dapat dilihat melalui magnetic resonance imaging (MRI). Bahan kontras dapat disuntikkan ke dalam ruang sendi panggul untuk lebih mendefinisikan hip labral tear jika ada.

Injeksi anestesi

Nyeri panggul dapat disebabkan oleh masalah dalam sendi atau di luar sendi. Dokter Anda mungkin menyarankan suntikan anestesi ke dalam ruang sendi. Jika ini mengurangi rasa sakit Anda, kemungkinan masalah Anda adalah di dalam sendi pinggul Anda.

Perawatan dan Obat-obatan

Pilihan pengobatan tergantung pada tingkat keparahan gejala Anda. Beberapa orang sembuh dengan pengobatan konservatif dalam beberapa minggu, sementara yang lain mungkin memerlukan operasi arthroscopic untuk memperbaiki atau menghapus bagian labrum yang robek.

Obat

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain) dan naproxen (Aleve), dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan. Nyeri juga dapat dikontrol sementara dengan suntikan kortikosteroid ke dalam sendi.

Terapi

Seorang ahli terapi fisik dapat mengajarkan latihan untuk memaksimalkan berbagai gerakan, kekuatan dan stabilitas pinggul. Seorang ahli terapi fisik juga dapat menganalisis gerakan yang Anda lakukan yang memberi tekanan pada sendi pinggul Anda dan membantu Anda menghindari kekuatan-kekuatan ini.

Prosedur bedah dan lainnya

Jika perawatan konservatif tidak meredakan gejala, dokter dapat merekomendasikan operasi arthroscopic – dimana kamera serat optik dan alat-alat bedah dimasukkan melalui sayatan kecil di kulit Anda.

Tergantung pada penyebab dan robekan, ahli bedah dapat memotong dan menghapus potongan labrum yang robek atau memperbaiki jaringan yang robek dengan menjahit kembali.

Pencegahan

Hip labral tear sering dikaitkan dengan partisipasi olahraga. Jika olahraga Anda memberi banyak ketegangan pada pinggul, kondisi otot-otot sekitarnya dengan kekuatan dan fleksibilitas akan meregang. Cobalah untuk menghindari memberi pinggul Anda dengan beban berat penuh dari tubuh Anda ketika kaki Anda berada pada posisi di ujung ekstrim dari kisaran gerak normal pinggul Anda.