Hiperplasia Atipikal Payudara

Definisi

Hiperplasia atipikal adalah kondisi prakanker yang mempengaruhi sel-sel di payudara. Hiperplasia atipikal menggambarkan akumulasi sel-sel abnormal pada payudara.

Hiperplasia atipikal bukanlah kanker, tetapi dapat menjadi cikal bakal perkembangan kanker payudara. Selama hidup Anda, jika sel-sel hiperplasia atipikal tetap membagi dan menjadi lebih abnormal, ini dapat bertransisi menjadi kanker invasif payudara (karsinoma in situ) atau kanker payudara invasif.

Jika Anda telah didiagnosis dengan hiperplasia atipikal, Anda memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker payudara di masa depan. Untuk alasan ini, dokter sering merekomendasikan skrining kanker payudara intensif dan obat-obatan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Gejala

Hiperplasia atipikal biasanya tidak menimbulkan gejala tertentu.

Kapan Anda harus ke dokter?

Buatlah janji dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang membuat Anda khawatir.

Hiperplasia atipikal biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat menyebabkan perubahan yang muncul pada mammogram. Hiperplasia atipikal biasanya ditemukan selama biopsi payudara untuk menyelidiki suatu kelainan yang ditemukan pada mammogram. Kadang-kadang hiperplasia atipikal ditemukan pada biopsi yang dilakukan untuk kondisi yang berbeda.

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan hiperplasia atipikal.

Hiperplasia atipikal terbentuk ketika sel-sel payudara menjadi abnormal dalam jumlah, ukuran, bentuk, pola pertumbuhan dan penampilan. Munculnya sel-sel abnormal menentukan jenis hiperplasia atipikal:

  • Hiperplasia duktus atipikal menyebabkan sel-sel abnormal yang muncul mirip dengan sel-sel dari saluran payudara.
  • Hiperplasia lobular atipikal menyebabkan sel-sel abnormal yang muncul mirip dengan sel dari lobulus payudara.

Hiperplasia atipikal dianggap bagian dari transisi kompleks sel-sel yang dapat berkembang menjadi kanker payudara. Perkembangan kanker payudara biasanya melibatkan:

  • Proses ini dimulai ketika perkembangan sel normal dan pertumbuhan menjadi terganggu, menyebabkan kelebihan produksi pada sel yang tampak normal (hiperplasia).
  • Hiperplasia atipikal. Sel-sel yang berlebihan menumpuk satu sama lain dan mulai tampak abnormal. Pada titik ini, sel-sel memiliki beberapa, tapi tidak semua, dari perubahan yang dibutuhkan untuk menjadi kanker.
  • Kanker noninvasif (in situ). Sel-sel abnormal terus maju dalam penampilan dan berkembang biak, berkembang menjadi kanker in situ, di mana sel-sel kanker tetap terbatas pada daerah di mana mereka mulai tumbuh.
  • Kanker invasif. Jika tidak diobati, sel-sel kanker mungkin akhirnya menjadi kanker invasif, menyerang jaringan, pembuluh darah atau saluran getah bening di sekitarnya.

Komplikasi

Peningkatan risiko kanker payudara

Jika Anda telah didiagnosis dengan hiperplasia atipikal, Anda memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker payudara di masa depan.

Wanita dengan hiperplasia atipikal memiliki risiko seumur hidup terkena kanker payudara yaitu sekitar empat kali lebih tinggi dari wanita yang tidak memiliki hiperplasia atipikal. Risiko kanker payudara adalah sama untuk wanita dengan hiperplasia duktus atipikal dan wanita dengan hiperplasia lobular atipikal.

Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa risiko kanker payudara meningkat pada tahun-tahun setelah diagnosis hiperplasia atipikal:

  • Pada 5 tahun setelah diagnosis, sekitar 7 persen wanita dengan hiperplasia atipikal dapat mengembangkan kanker payudara. Dengan kata lain, untuk setiap 100 wanita yang didiagnosis hiperplasia atipikal, 7 orang dapat diperkirakan akan mengembangkan kanker payudara lima tahun setelah diagnosis. Dan 93 orang lainnya tidak akan didiagnosa dengan kanker payudara.
  • Pada 10 tahun setelah diagnosis, sekitar 13 persen wanita dengan hiperplasia atipikal dapat mengembangkan kanker payudara. Itu berarti untuk setiap 100 wanita yang didiagnosis dengan hiperplasia atipikal, 13 wanita dapat diperkirakan akan mengembangkan kanker payudara 10 tahun setelah diagnosis. Dan 87 wanita lainnya tidak akan mengembangkan kanker payudara.
  • Pada 25 tahun setelah diagnosis, sekitar 30 persen wanita dengan hiperplasia atipikal dapat mengembangkan kanker payudara. Dengan kata lain, untuk setiap 100 wanita yang didiagnosis dengan hiperplasia atipikal, 30 wanita dapat diperkirakan akan mengembangkan kanker payudara 25 tahun setelah diagnosis. Dan 70 wanita lainnya tidak akan mengembangkan kanker payudara.

Didiagnosa menderita hiperplasia atipikal pada usia muda dapat meningkatkan risiko kanker payudara bahkan lebih. Misalnya, wanita yang didiagnosis dengan hiperplasia atipikal sebelum usia 45 tahun tampaknya memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara selama hidup mereka.

Diskusikan risiko kanker payudara dengan dokter Anda. Memahami risiko akan membantu Anda membuat keputusan tentang skrining kanker payudara dan obat untuk mengurangi risiko.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Jika mammogram mengungkapkan area yang mencurigakan di payudara Anda, dokter Anda dapat merujuk Anda ke spesialis kesehatan payudara atau pusat payudara khusus.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Karena janji dapat singkat, dan karena sering ada banyak gangguan, itu ide yang baik untuk menyiapkan janji pertemuan Anda. Untuk mempersiapkan janji Anda, cobalah untuk:

  • Mengetahui pembatasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan janji yang Anda yang jadwalkan.
  • Tuliskan informasi pribadi kunci, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.
  • Buatlah daftar semua obat, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Mempertimbangkan untuk mengajak anggota keluarga atau teman bersama. Kadang-kadang bisa sulit untuk menyerap semua informasi yang diberikan selama janji. Seseorang yang menemani Anda mungkin ingat sesuatu yang Anda lewatkan atau terlupa.

Pertanyaan untuk ditanyakan

Waktu Anda dengan dokter Anda terbatas, jadi persiapkanlah daftar sebelum waktu konsultasi. Buatlah daftar pertanyaan Anda mulai dari yang paling penting hingga yang tidak paling penting untuk mengatasi waktu habis. Untuk hiperplasia atipikal, beberapa pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada dokter Anda meliputi:

  • Bisakah Anda menjelaskan laporan patologi saya untuk saya?
  • Apakah saya perlu tes lagi?
  • Apakah saya perlu operasi untuk hiperplasia atipikal?
  • Apakah ada obat yang bisa saya konsumsi untuk menurunkan risiko kanker payudara saya?
  • Apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara saya?
  • Apa tanda-tanda atau gejala kanker payudara yang harus saya perhatikan?
  • Seberapa sering saya harus melakukan mammogram untuk memeriksa kanker payudara?
  • Haruskah saya juga menjalani MRI untuk memeriksa kanker payudara?
  • Apa yang akan Anda rekomendasikan untuk seorang teman atau anggota keluarga tentang situasi saya?
  • Apakah ada pembatasan yang perlu saya ikuti?
  • Haruskah saya pergi ke spesialis kesehatan payudara? Apakah itu butuh biaya, dan akankah asuransi saya menanggung biayanya?
  • Apakah saya harus mempertimbangkan konseling genetik?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya ambil? Situs apa yang Anda rekomendasikan?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda siapkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain yang muncul dalam pikiran selama janji Anda.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter Anda mungkin menanyai Anda sejumlah pertanyaan. Menjadi siap untuk menjawabnya akan menghemat lebih banyak waktu untuk menanyakan hal penting lainnya. Dokter Anda mungkin bertanya:

  • Apakah Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara?
  • Apakah Anda memiliki riwayat keluarga kanker jenis lain?
  • Apakah Anda pernah melakukan biopsi payudara sebelumnya? Apakah Anda tahu hasil biopsi payudara sebelumnya?

Tes dan Diagnosis

Hiperplasia atipikal biasanya ditemukan setelah biopsi untuk mengevaluasi daerah yang mencurigakan yang ditemukan pada mammogram atau selama pemeriksaan payudara klinis. Selama biopsi, sampel jaringan akan dihapus dan dikirim untuk dianalisis oleh dokter yang terlatih khusus (ahli patologi). Sampel jaringan diperiksa di bawah mikroskop, dan patolog mengidentifikasi hiperplasia atipikal, jika itu hadir.

Untuk lebih mengevaluasi hiperplasia atipikal, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat sampel yang lebih besar dari jaringan untuk mencari kanker payudara. Diagnosis hiperplasia atipikal dapat menyebabkan operasi biopsi (eksisi lokal luas atau lumpectomy) untuk menghapus semua jaringan yang terkena. Ahli patologi melihat pada spesimen yang lebih besar untuk bukti kanker in situ atau kanker invasif.

Perawatan dan Obat-obatan

Hiperplasia atipikal umumnya dirawat dengan pembedahan untuk mengangkat sel-sel abnormal dan untuk memastikan tidak ada kanker in situ atau kanker invasif juga hadir di daerah itu. Dokter sering merekomendasikan skrining lebih intensif untuk kanker payudara dan obat-obatan untuk mengurangi risiko kanker payudara Anda.

Tes tindak lanjut untuk memantau kanker payudara

Dokter mungkin menyarankan Anda menjalani tes untuk skrining kanker payudara. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan bahwa kanker payudara terdeteksi dini, ketika penyembuhan lebih mungkin. Bicaralah tentang pilihan skrining kanker payudara Anda dengan dokter Anda. Pilihan Anda mungkin termasuk:

  • Pemeriksaan diri untuk kesadaran payudara dalam rangka untuk mengembangkan keakraban payudara dan untuk mendeteksi perubahan payudara yang tidak biasa
  • Pemeriksaan payudara klinis oleh dokter setiap tahunnya
  • Skrining mammogram setiap tahun
  • Skrining MRI payudara, tergantung pada faktor-faktor risiko lain, seperti payudara yang padat, riwayat keluarga yang kuat atau kecenderungan genetik untuk kanker payudara

Cara untuk mengurangi risiko kanker payudara

Untuk mengurangi risiko Anda terkena kanker payudara, dokter mungkin menyarankan Anda:

  • Minum obat pencegahan. Pengobatan dengan modulator reseptor estrogen selektif, seperti tamoxifen atau raloxifene (Evista), selama lima tahun dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Obat ini bekerja dengan menghalangi estrogen mengikat diri ke reseptor estrogen pada jaringan payudara. Estrogen diduga bahan bakar pertumbuhan beberapa jenis kanker payudara.

Tamoxifen adalah satu-satunya obat yang disetujui untuk digunakan pada wanita premenopause.

Pilihan lain untuk wanita menopause mungkin aromatase inhibitor, seperti exemestane (Aromasin) dan anastrozole (Arimidex), yang menurunkan produksi estrogen dalam tubuh.

  • Hindari terapi hormon menopause. Para peneliti telah menyimpulkan bahwa terapi hormon kombinasi untuk mengobati gejala menopause – estrogen plus progestin – meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause. Banyak kanker payudara tergantung pada hormon pertumbuhan.
  • Berpartisipasi dalam percobaan klinis. Uji klinis yang menguji pengobatan baru belum tersedia untuk masyarakat luas yang bisa membantu dalam mengurangi risiko kanker payudara terkait dengan hiperplasia atipikal. Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda seorang calon untuk setiap uji klinis.
  • Pertimbangkan mengurangi risiko (profilaksis) mastektomi. Bagi wanita yang berisiko sangat tinggi kanker payudara, mengurangi risiko mastektomi – pembedahan untuk mengangkat salah satu atau kedua payudara – mengurangi risiko terkena kanker payudara di masa depan.

Anda mungkin dianggap beresiko sangat tinggi terkena kanker payudara jika Anda memiliki mutasi genetik di salah satu gen kanker payudara atau Anda memiliki riwayat keluarga yang sangat kuat dari kanker payudara yang menunjukkan kemungkinan memiliki semacam mutasi genetik.

Tapi operasi ini tidak benar untuk semua orang. Diskusikan dengan dokter Anda tentang risiko, manfaat dan keterbatasan operasi dari mengurangi risiko ini dalam keadaan pribadi Anda.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang kuat dari kanker payudara, Anda mungkin mendapat manfaat dari pertemuan dengan seorang konselor genetik untuk mengevaluasi risiko Anda membawa mutasi genetik dan peran pengujian genetik untuk situasi Anda.

Penanganan dan Dukungan

Hiperplasia atipikal diagnosis bisa membuat stres, karena meningkatkan risiko kanker payudara. Tidak tahu apakah masa depan mungkin membuat Anda takut untuk kesehatan Anda.

Seiring dengan waktu, setiap wanita mengembangkan cara sendiri mengatasi hiperplasia atipikal dan peningkatan risiko mereka terkena kanker payudara. Sampai Anda menemukan cara Anda mengatasi, pertimbangkanlah untuk mencoba:

  • Memahami risiko Anda terhadap kanker payudara. Statistik risiko kanker payudara dapat banyak dan menakutkan. Statistik risiko kanker payudara dikembangkan dengan mengikuti banyak wanita dengan hiperplasia atipikal dan pemantauan mereka untuk kanker payudara. Walaupun statistik ini dapat memberi Anda gambaran prognosis Anda, ini tidak dapat memberitahu Anda tentang risiko Anda terhadap kanker payudara.

Mintalah dokter Anda untuk menjelaskan risiko Anda terkena kanker payudara. Setelah Anda memahami risiko pribadi Anda dari kanker payudara, Anda dapat merasa lebih nyaman membuat keputusan tentang perawatan Anda.

  • Jaga semua janji tindak lanjut Anda. Jika Anda telah didiagnosis dengan hiperplasia atipikal, dokter dapat merekomendasikan tes dan pemeriksaan skrining kanker payudara lebih sering. Anda mungkin merasa terganggu dengan kekhawatiran sebelum setiap pemeriksaan karena Anda takut bahwa dokter Anda akan menemukan kanker payudara.

Jangan biarkan rasa takut Anda menghentikan Anda pergi untuk janji pertemuan Anda. Sebaliknya, terimalah bahwa rasa takut adalah normal dan temukan cara untuk mengatasinya. Tenang, tulislah perasaan Anda dalam sebuah catatan atau habiskan waktu dengan teman dekat yang dapat membakar semangat Anda.

  • Menjaga kesehatan Anda. Buatlah pilihan gaya hidup sehat untuk menjaga diri tetap sehat. Misalnya, menjaga berat badan yang sehat, makan makanan yang sehat penuh buah-buahan dan sayuran, cukup tidur sehingga Anda bangun dengan segar, dan batasilah jumlah alkohol yang Anda minum, jika Anda memilih untuk minum alkohol.

Anda tidak dapat mengontrol apakah Anda mengidap kanker payudara atau tidak, tetapi Anda dapat tetap menjaga kesehatan sehingga Anda cukup baik untuk pengobatan kanker payudara, jika Anda membutuhkannya.

  • Bicara dengan perempuan lain yang berada dalam situasi Anda. Berbicaralah dengan perempuan lain yang telah didiagnosis dengan hiperplasia atipikal. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kelompok dukungan di komunitas Anda.

Pilihan lain adalah papan pesan online. Organisasi kanker payudara, seperti BreastCancer.org, menawarkan papan pesan untuk wanita dengan risiko tinggi kanker payudara untuk terhubung satu sama lain.