Hipertiroidisme

Definisi

Hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroksin. Hipertiroidisme dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda secara signifikan, menyebabkan kehilangan berat badan tiba-tiba, detak jantung cepat atau tidak teratur, berkeringat, dan gelisah atau mudah tersinggung.

Beberapa pilihan pengobatan tersedia jika Anda memiliki hipertiroidisme. Dokter menggunakan obat anti-tiroid dan yodium radioaktif untuk memperlambat produksi hormon tiroid. Kadang-kadang, pengobatan hipertiroidisme melibatkan operasi untuk menghapus semua atau sebagian dari kelenjar tiroid Anda. Meskipun hipertiroidisme bisa serius jika Anda mengabaikannya, kebanyakan orang membaik ketika hipertiroidisme didiagnosis dan diobati.

Gejala

Hipertiroidisme bisa meniru masalah kesehatan lainnya, yang dapat membuat sulit bagi dokter untuk mendiagnosanya. Hal ini juga dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala, termasuk:

  • Penurunan berat badan tiba-tiba, bahkan ketika nafsu makan, jumlah dan jenis makanan yang Anda makan tetap sama atau bahkan meningkat
  • Detak jantung cepat (takikardia) – umumnya lebih dari 100 kali per menit – denyut jantung tidak teratur (aritmia) atau hati Anda berdebar (palpitasi)
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Gugup, gelisah dan mudah tersinggung
  • Tremor – biasanya gemetar, baik di tangan maupun di jari
  • Berkeringat
  • Perubahan pola haid
  • Peningkatan sensitivitas terhadap panas
  • Perubahan pola buang air besar, umumnya buang air besar lebih sering
  • Kelenjar tiroid membesar (gondok), yang mungkin muncul seperti bengkak di pangkal leher Anda
  • Kelelahan, kelemahan otot
  • Kesulitan tidur
  • Penipisan kulit
  • Rambut tipis dan rapuh

Orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin untuk tidak memiliki tanda-tanda atau gejala atau gejala yang ringan, seperti peningkatan denyut jantung, intoleransi panas dan kecenderungan untuk menjadi lelah selama kegiatan rutin. Obat yang disebut beta blocker, yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan kondisi lain, dapat mengatasi banyak tanda-tanda hipertiroidisme.

Graves’ ophthalmopathy

Kadang-kadang masalah yang tak biasa yang disebut Graves’ ophthalmopathy dapat mempengaruhi mata Anda, terutama jika Anda merokok. Dalam gangguan ini, bola mata Anda menonjol di luar orbit pelindung normalnya ketika jaringan dan otot belakang mata Anda membengkak. Hal ini mendorong bola mata ke depan hingga benar-benar menonjol keluar dari orbitnya. Hal ini dapat menyebabkan permukaan depan bola mata menjadi sangat kering. Masalah mata sering membaik tanpa pengobatan.

Tanda dan gejala Graves’ ophthalmopathy meliputi:

  • Bola mata menonjol
  • Mata merah atau bengkak
  • Air mata berlebihan atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua mata
  • Sensitivitas cahaya, penglihatan kabur atau ganda, peradangan, atau gerakan mata berkurang

Kapan Anda harus ke dokter?

Jika Anda mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, detak jantung yang cepat, berkeringat tidak biasa, pembengkakan di dasar leher atau gejala lain yang berhubungan dengan hipertiroidisme, hubungilah dokter Anda. Sangat penting untuk benar-benar menggambarkan perubahan yang telah diamati, karena banyak tanda-tanda dan gejala hipertiroidisme dapat berhubungan dengan sejumlah kondisi lain.

Jika Anda telah dirawat karena hipertiroidisme atau saat sedang dirawat, pergilah ke dokter secara teratur seperti yang disarankan sehingga ia dapat memantau kondisi Anda.

Penyebab

Sejumlah kondisi, termasuk penyakit Graves, adenoma toksik, penyakit Plummer (multinodular goiter toksik) dan tiroiditis, dapat menyebabkan hipertiroidisme.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher, tepat di bawah jakun. Meskipun beratnya kurang dari satu ons, kelenjar tiroid memiliki dampak yang sangat besar pada kesehatan. Setiap aspek metabolisme diatur oleh hormon tiroid.

Kelenjar tiroid menghasilkan dua hormon utama, tiroksin (T-4) dan triiodothyronine (T-3), yang mempengaruhi setiap sel dalam tubuh Anda. Kelenjar itu mempertahankan tingkat di mana tubuh Anda menggunakan lemak dan karbohidrat, membantu mengontrol suhu tubuh Anda, mempengaruhi detak jantung, dan membantu mengatur produksi protein. Tiroid Anda juga menghasilkan kalsitonin, hormon yang membantu mengatur jumlah kalsium dalam darah Anda.

Bagaimana semuanya bekerja

Tingkat di mana T-4 dan T-3 yang dirilis dikendalikan oleh kelenjar hipofisis dan hipotalamus Anda – area di dasar otak Anda yang bertindak sebagai termostat untuk seluruh sistem Anda. Berikut adalah proses bekerja:

Hipotalamus memberi sinyal kelenjar hipofisis Anda untuk membuat hormon yang disebut thyroid-stimulating hormone (TSH). Kelenjar pituitari Anda kemudian melepaskan TSH – jumlahnya tergantung pada seberapa banyak T-4 dan T-3 dalam darah Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup T-4 dan T-3 dalam darah Anda, TSH Anda akan naik; jika Anda memiliki terlalu banyak, tingkat TSH Anda akan jatuh. Akhirnya, kelenjar tiroid Anda mengatur produksi hormon berdasarkan jumlah TSH yang diterimanya. Jika kelenjar tiroid yang sakit dan melepaskan terlalu banyak hormon tiroid sendiri, tingkat darah TSH akan tetap di bawah normal; jika kelenjar tiroid yang sakit tidak dapat membuat cukup hormon tiroid, tingkat TSH darah akan tetap tinggi.

Alasan terlalu banyak tiroksin (T-4)

Biasanya, tiroid Anda melepaskan hormon dalam jumlah yang tepat, tapi kadang-kadang menghasilkan terlalu banyak T-4. Hal ini mungkin terjadi karena sejumlah alasan, termasuk:

  • Penyakit Graves. Penyakit Graves, gangguan autoimun di mana antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh Anda merangsang tiroid untuk menghasilkan terlalu banyak T-4, adalah penyebab paling umum dari hipertiroid. Biasanya, sistem kekebalan tubuh Anda menggunakan antibodi untuk membantu melindungi terhadap virus, bakteri dan zat asing lainnya yang menyerang tubuh Anda. Pada penyakit Graves, antibodi keliru menyerang tiroid Anda dan kadang-kadang menyerang jaringan di belakang mata Anda (Graves’ ophthalmopathy) dan kulit, sering di kaki Anda yang lebih rendah di atas tulang kering (Graves’ dermopathy). Para ilmuwan tidak tahu persis apa yang menyebabkan penyakit Graves, meskipun beberapa faktor – termasuk kecenderungan genetik – kemungkinan terlibat.
  • Hiperfungsi nodul tiroid (adenoma toksik, goiter multinodular toksik, penyakit Plummer). Bentuk hipertiroidisme terjadi ketika satu atau lebih adenoma tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak T-4. Adenoma adalah bagian dari kelenjar yang melindungi dirinya sendiri dari sisa kelenjar, membentuk benjolan non-kanker (jinak) yang dapat menyebabkan pembesaran tiroid. Tidak semua adenoma menghasilkan kelebihan T-4, dan dokter tidak yakin apa yang menyebabkannya mulai memproduksi terlalu banyak hormon.
  • Kadang-kadang kelenjar tiroid Anda dapat menjadi meradang untuk alasan yang tidak diketahui. Peradangan dapat menyebabkan kelebihan hormon tiroid yang tersimpan dalam kelenjar bocor ke dalam aliran darah Anda. Salah satu tipe yang jarang dari tiroiditis, yang dikenal sebagai tiroiditis subakut, menyebabkan nyeri pada kelenjar tiroid. Jenis lain yang menimbulkan rasa sakit dan kadang-kadang dapat terjadi setelah kehamilan (postpartum tiroiditis).

Faktor Risiko

Hipertiroidisme, terutama penyakit Graves, cenderung berjalan dalam keluarga dan lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Jika anggota lain dari keluarga Anda memiliki kondisi tiroid, berbicaralah dengan dokter Anda tentang apakah itu berpengaruh untuk kesehatan Anda dan apakah dokter memiliki rekomendasi untuk memantau fungsi tiroid Anda.

Komplikasi

Hipertiroidisme dapat menyebabkan sejumlah komplikasi:

  • Masalah jantung. Beberapa komplikasi yang paling serius dari hipertiroid melibatkan hati. Ini termasuk detak jantung yang cepat, gangguan irama jantung yang disebut atrial fibrilasi dan gagal jantung kongestif – suatu kondisi di mana jantung tidak dapat mensirkulasi darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Komplikasi ini umumnya reversibel dengan pengobatan yang tepat.
  • Tulang rapuh. Hipertiroidisme yang tidak diobati juga dapat menyebabkan lemah atau kerapuhan tulang (osteoporosis). Kekuatan tulang Anda tergantung, sebagian, pada jumlah kalsium dan mineral lain yang dikandungnya. Terlalu banyak hormon tiroid mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk menggabungkan kalsium ke dalam tulang Anda.
  • Masalah mata. Penderita Graves ‘ophthalmopathy mengembangkan masalah mata, termasuk mata melotot, mata merah atau bengkak, kepekaan terhadap cahaya, dan kabur atau penglihatan ganda. Masalah mata parah yang tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.
  • Kulit merah dan bengkak. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang-orang dengan penyakit Graves mengembangkan Graves’ dermopathy, yang mempengaruhi kulit, menyebabkan kemerahan dan bengkak, sering pada tulang kering dan kaki.
  • Krisis tirotoksik. Hipertiroidisme juga menempatkan Anda pada risiko krisis tirotoksik – intensifikasi tiba-tiba pada gejala Anda, yang mengarah ke demam, denyut nadi cepat dan bahkan delirium. Jika ini terjadi, carilah perawatan medis segera.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda dapat memulai dengan menemui dokter keluarga Anda atau dokter umum. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin akan dirujuk segera ke dokter spesialis dalam masalah kelenjar tubuh yang mensekresi hormon (endokrinologi). Jika Anda juga memiliki masalah mata, Anda mungkin juga akan dirujuk ke dokter mata (ophthalmologist).

Ini baik untuk mempersiapkan janji Anda. Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda, dan tahu apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Mengetahui adanya pembatasan pra-janji. Ketika Anda membuat janji, tanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan janji yang Anda jadwalkan.
  • Tuliskan informasi pribadi kunci, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.
  • Buatlah daftar semua obat, vitamin atau suplemen yang Anda ambil.
  • Ajaklah anggota keluarga atau teman menemani Anda, jika memungkinkan. Seseorang yang menemani Anda mungkin ingat informasi yang Anda lewatkan atau lupa.
  • Tuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda.

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda membuat konsultasi berjalan efektif. Untuk hipertiroidisme, beberapa pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada dokter Anda meliputi:

  • Apa yang mungkin menyebabkan gejala atau kondisi saya?
  • Apakah ada kemungkinan penyebab lain untuk gejala atau kondisi saya?
  • Tes apa yang saya butuhkan?
  • Apakah kondisi saya kemungkinan sementara atau kronis?
  • Apa tindakan terbaik?
  • Apa saja alternatif untuk pendekatan utama yang Anda sarankan?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana saya bisa mengatasinya bersama-sama?
  • Apakah ada pembatasan yang perlu saya ikuti?
  • Haruskah saya menemui seorang spesialis?
  • Apakah ada alternatif generik untuk obat resep Anda?
  • Apakah Anda memiliki brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Situs apa yang Anda rekomendasikan?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lainnya yang relevan yang Anda miliki.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter Anda mungkin menanyai Anda sejumlah pertanyaan, termasuk:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala Anda terjadi terus menerus atau sesekali?
  • Seberapa parah gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya dapat meringankan gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya membuat gejala lebih buruk?
  • Apakah anggota lain dari keluarga Anda memiliki penyakit tiroid?

Tes dan Diagnosis

Hipertiroidisme didiagnosis menggunakan:

  • Riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Selama tes dokter mungkin mencoba untuk mendeteksi getaran kecil di jari-jari Anda ketika mereka diperpanjang, refleks terlalu aktif, perubahan mata dan hangat, kulit lembab. Dokter juga akan memeriksa kelenjar tiroid Anda ketika Anda menelan.
  • Tes darah. Diagnosis dapat dikonfirmasi dengan tes darah yang mengukur kadar tiroksin dan TSH dalam darah Anda. Tingginya kadar tiroksin dan jumlah yang rendah atau tidak ada dari TSH menunjukkan tiroid yang terlalu aktif. Jumlah TSH penting karena itu adalah hormon yang memberi sinyal kepada kelenjar tiroid Anda untuk menghasilkan lebih banyak tiroksin. Tes ini sangat diperlukan untuk orang dewasa yang lebih tua, yang mungkin tidak memiliki gejala klasik hipertiroidisme.

Jika tes darah menunjukkan hipertiroidisme, dokter dapat merekomendasikan salah satu dari tes berikut untuk membantu menentukan mengapa tiroid Anda terlalu aktif:

  • Tes penyerapan yodium radioaktif. Untuk tes ini, Anda mengambil dosis yodium radioaktif oral dalam jumlah kecil (radioiodine). Seiring waktu, yodium berkumpul di kelenjar tiroid Anda karena tiroid Anda menggunakan yodium untuk memproduksi hormon. Anda akan diperiksa setelah dua, enam atau 24 jam – dan kadang-kadang setelah semua tiga periode waktu – untuk menentukan berapa banyak yodium yang telah diserap kelenjar tiroid Anda.

Serapan radioiodine yang tinggi menunjukkan kelenjar tiroid Anda memproduksi terlalu banyak tiroksin. Penyebab yang paling mungkin adalah baik penyakit Graves atau hiperfungsi nodul. Jika Anda memiliki hipertiroidisme dan serapan radioiodine Anda rendah, Anda mungkin mengalami tiroiditis.

Pastikan untuk memberitahu dokter Anda jika Anda pernah melakukan tes sinar-X atau CT scan baru-baru ini di mana Anda disuntikkan bahan kontras. Hasil tes radioiodine Anda dapat dipengaruhi oleh prosedur ini.

Mengetahui apa yang menyebabkan hipertiroidisme Anda dapat membantu dokter merencanakan pengobatan yang tepat. Tes penyerapan yodium radioaktif bukanlah tes yang tidak nyaman, tetapi itu memberi Anda ke sejumlah kecil paparan radiasi.

  • Pemeriksaan tiroid. Selama tes ini, Anda akan disuntikkan isotop radioaktif ke dalam vena di bagian dalam siku Anda atau kadang-kadang ke pembuluh darah di tangan Anda. Anda kemudian berbaring di meja dengan kepala membentang ke belakang sementara kamera khusus akan menghasilkan gambar tiroid Anda di layar komputer.

Waktu yang dibutuhkan untuk prosedur ini dapat bervariasi, tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan isotop untuk mencapai kelenjar tiroid Anda. Anda mungkin memiliki beberapa ketidaknyamanan pada leher saat tes ini, dan Anda akan terkena sejumlah kecil radiasi.

Kadang-kadang Anda mungkin melakukan pemeriksaan tiroid sebagai bagian dari uji penyerapan yodium radioaktif. Dalam hal ini, yodium radioaktif oral digunakan untuk menghasilkan gambar kelenjar tiroid Anda.

Perawatan dan Obat-Obatan

Beberapa pengobatan untuk hipertiroidisme tersedia. Pendekatan terbaik untuk Anda tergantung pada usia Anda, kondisi fisik dan tingkat keparahan gangguan Anda:

  • Yodium radioaktif. Diminum, yodium radioaktif diserap oleh kelenjar tiroid Anda, di mana hal itu menyebabkan kelenjar menyusut dan gejala mereda, biasanya dalam waktu tiga sampai enam bulan. Karena pengobatan ini menyebabkan aktivitas tiroid melambat, menyebabkan kelenjar tiroid menjadi kurang aktif (hypothyroidism), Anda mungkin akhirnya harus minum obat setiap hari untuk menggantikan tiroksin. Digunakan selama lebih dari 60 tahun untuk mengobati hipertiroidisme, yodium radioaktif telah terbukti aman secara umum.
  • Obat anti-tiroid. Obat-obat ini secara bertahap mengurangi gejala hipertiroidisme dengan mencegah kelenjar tiroid Anda memproduksi hormon dalam jumlah yang berlebihan. Obat ini termasuk propylthiouracil dan methimazole (Tapazole). Gejala biasanya mulai membaik dalam 6-12 minggu, tetapi pengobatan dengan obat anti-tiroid biasanya harus berlanjut setidaknya satu tahun dan sering. Bagi sebagian orang, ini akan menghilangkan masalah secara permanen, tetapi bagi sebagian lain mungkin mengalami kekambuhan. Kedua obat dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius, kadang-kadang menyebabkan kematian. Karena propylthiouracil telah menyebabkan banyak kasus kerusakan hati, ini umumnya digunakan hanya ketika Anda tidak bisa mentolerir methimazole. Sejumlah kecil orang yang alergi terhadap obat ini dapat mengembangkan ruam kulit, gatal-gatal, demam atau nyeri sendi. Obat ini juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.
  • Beta blockers. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Obat ini tidak akan mengurangi kadar tiroid Anda, tetapi dapat mengurangi detak jantung yang cepat dan membantu mencegah jantung berdebar. Untuk itu, dokter mungkin meresepkannya untuk membantu Anda merasa lebih baik sampai tingkat tiroid Anda lebih dekat dengan normal. Efek samping mungkin termasuk kelelahan, sakit kepala, sakit perut, sembelit, diare atau pusing.
  • Pembedahan (tiroidektomi). Jika Anda sedang hamil atau tidak dapat mentoleransi obat anti-tiroid dan tidak ingin atau tidak dapat memiliki terapi yodium radioaktif, Anda mungkin menjadi kandidat untuk operasi tiroid, meskipun ini hanya menjadi pilihan dalam beberapa kasus.

Pada tiroidektomi, dokter Anda menghilangkan sebagian dari kelenjar tiroid Anda. Risiko operasi ini meliputi kerusakan pita suara Anda dan kelenjar paratiroid – empat kelenjar kecil yang terletak di bagian belakang kelenjar tiroid Anda yang membantu mengontrol kadar kalsium dalam darah Anda. Selain itu, Anda akan membutuhkan pengobatan seumur hidup dengan levothyroxine (Levoxyl, Synthroid, dan lain-lain) untuk memasok tubuh Anda dengan jumlah normal hormon tiroid. Jika kelenjar paratiroid Anda juga dihapus, Anda akan memerlukan obat-obatan untuk menjaga kadar darah kalsium Anda normal.

Graves’ ophthalmopathy

Jika penyakit Graves mempengaruhi mata Anda (Graves’ ophthalmopathy), Anda dapat mengatasi tanda-tanda dan gejala-gejala ringan dengan menghindari angin dan lampu terang dan menggunakan air mata buatan dan pelumas gel. Jika gejala lebih parah, dokter mungkin menyarankan pengobatan dengan kortikosteroid, seperti prednison, untuk mengurangi pembengkakan di belakang bola mata Anda. Dalam beberapa kasus, prosedur pembedahan dapat menjadi pilihan:

  • Operasi dekompresi orbital. Dalam operasi ini, dokter menghilangkan tulang antara rongga mata dan sinus Anda – ruang udara sebelah rongga mata. Ketika prosedur ini berhasil, itu akan meningkatkan penglihatan dan menyediakan ruang untuk mata Anda untuk kembali ke posisi normalnya. Tapi ada risiko komplikasi, termasuk penglihatan ganda yang persisten atau muncul setelah operasi.
  • Operasi otot mata. Kadang-kadang jaringan parut dari Graves’ ophthalmopathy dapat menyebabkan satu atau lebih otot mata menjadi terlalu pendek. Ini menarik mata Anda keluar dari keselarasan, yang mengarah ke penglihatan ganda. Operasi otot mata dapat membantu penglihatan ganda yang benar dengan memotong otot yang terkena dampak dari bola mata dan memposisikannya jauh kembali. Tujuannya adalah untuk membuat penglihatan tunggal ketika Anda membaca dan melihat lurus ke depan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu operasi untuk mencapai hasil ini.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Setelah Anda memulai pengobatan, gejala hipertiroid akan mereda dan Anda akan mulai merasa jauh lebih baik. Saran-saran berikut juga dapat membantu:

  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang melengkapi diet Anda. Jika Anda telah kehilangan banyak berat badan atau mengalami pengecilan otot, Anda bisa mendapatkan manfaat dari menambahkan kalori dan protein ekstra untuk diet Anda. Dokter atau ahli gizi dapat membantu Anda dengan perencanaan makan. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak akan perlu terus melengkapi diet Anda setelah hipertiroidisme Anda berada di bawah kontrol.

Pengobatan untuk hipertiroidisme juga dapat akhirnya menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan. Hal ini penting untuk belajar bagaimana cara mendapatkan sebanyak mungkin gizi dari makanan Anda tanpa makan banyak kalori ekstra. Selain itu, makan natrium dan kalsium dalam jumlah yang benar adalah hal penting dalam mempertimbangkan makanan bagi orang-orang dengan hipertiroid.

  • Dapatkan cukup kalsium dan vitamin D. Karena hipertiroidisme dapat menyebabkan tulang menipis, penting untuk mendapatkan cukup kalsium setiap hari untuk membantu mencegah osteoporosis. The Institute of Medicine merekomendasikan 1.000 miligram (mg) kalsium per hari untuk orang dewasa usia 19-50 tahun dan pria usia 51-70 tahun. Rekomendasi kalsium itu meningkat menjadi 1.200 mg sehari jika Anda seorang wanita berusia 51 tahun atau lebih tua atau usia pria 71 tahun atau lebih tua. The Institute of Medicine juga merekomendasikan 600 vitamin D unit internasional (IU) sehari untuk orang dewasa usia 19-70 tahun dan 800 IU sehari untuk orang dewasa usia 71 tahun dan lebih tua. Bicaralah dengan dokter Anda tentang pedoman diet yang tepat untuk Anda.

Penyakit Graves

Jika Anda memiliki Graves’ ophthalmopathy atau dermopathy, saran berikut mungkin membantu menenangkan mata atau kulit Anda:

  • Lakukan kompres dingin pada mata Anda. Kelembaban ekstra dapat memberikan bantuan.
  • Gunakan kacamata. Ketika mata Anda menonjol, itu lebih rentan terhadap sinar ultraviolet dan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Mengenakan kacamata hitam akan membantu melindunginya dari matahari dan angin.
  • Gunakan obat tetes mata pelumas. Obat tetes mata dapat membantu meringankan kekeringan dan goresan. Pastikan untuk menggunakan obat tetes mata yang tidak mengandung penghilang kemerahan.
  • Tinggikan kepala tempat tidur Anda. Menjaga kepala Anda lebih tinggi dari bagian tubuh Anda dapat mengurangi pembengkakan dan dapat membantu mengurangi tekanan pada mata Anda.
  • Cobalah krim over-the-counter untuk kulit bengkak. Krim over-the-counter yang mengandung hydrocortisone (Cortaid, dan lain-lain) dapat membantu meringankan kulit merah dan bengkak pada tulang kering dan kaki. Untuk membantu menemukan krim ini, berbicaralah dengan apoteker Anda.

Penanganan dan Dukungan

Jika Anda telah didiagnosa dengan hipertiroidisme, hal yang paling penting adalah untuk menerima perawatan medis yang diperlukan. Setelah Anda dan dokter Anda telah memutuskan tindakan pengobatan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda mengatasi kondisi dan mendukung tubuh Anda selama proses penyembuhan.

  • Berolahraga secara teratur. Olahraga secara umum akan membantu Anda merasa lebih baik dan meningkatkan otot dan sistem kardiovaskular. Olahraga beban adalah penting bagi orang dengan penyakit Graves karena membantu mempertahankan kepadatan tulang. Olahraga juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan tingkat energi Anda.
  • Pelajarilah teknik relaksasi. Banyak teknik relaksasi yang dapat membantu Anda mempertahankan pandangan positif, terutama ketika menghadapi penyakit. Hal ini juga tercatat bahwa stres penyakit Graves merupakan faktor risiko, jadi belajar untuk bersantai dan mencapai keseimbangan dalam hidup Anda dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.