Hormon Penting pada Wanita dan Cara Menjaganya Agar Tetap Seimbang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ternyata kita sebagai kaum wanita perlu mengetahui lebih banyak lagi tentang hormon lho! Karena supaya kita bisa menjaga kesehatan kita agar hormon dalam tubuh kita pun tetap seimbang. Hormon itu sangat berpengaruh dalam berbagai segi kehidupan. Setelah dilakukan penelitian, ada hormon yang berperan dalam kecantikan, ada juga yang berpengaruh pada penampilan, mood, berat badan, kualitas hidup dan lain sebagainya.

HORMON ESTROGEN

Hormon estrogen yaitu hormon wanita yang paling utama. Hormon ini diproduksi oleh ovarium dan dapat juga dihasilkan pada sel-sel lemak dan kelenjar adrenalin. Hormon etrogen biasanya meningkat 1 minggu setelah menstruasi. Fungsi dari hormon ini yaitu untuk mengatur siklus menstruasi, mengatur perubahan payudara dan proses menyusui, membantu dalam pembentukan tulang yang didukung oleh vitamin D dan kalsium, menjaga ketebalan dinding rahim, menstabilkan mood dan menghilangkan stress. Ada tiga jenis hormon estrogen yaitu :

  1. Hormon estriol yaitu yang terbuat dari plasenta dan dihasilkan saat fase kehamilan.
  2. Hormon estradiol yaitu suatu hormon yang terbentuk dari folikel-folikel ovarium, hormon tersebut mempengaruhi karakteristik seorang wanita dan dibutuhkan untuk kesehatan tulang.
  3. hormon estron yaitu hormon yang berperan pada masa menopause.

Hormon estrogen akan memuncak pada masa pubertas dan kemudian akan menurun secara bertahap hingga masa menopause. Fluktuasi hormon estrogen dapat menyebabkan sindrom premenstruasi. Apabila seseorang memiliki kadar hormon estrogen yang berlebihan dapat beresiko mengalami endometriosis dan kanker payudara. Selain itu apabila seseorang memiliki kadar hormon estrogen dalam jumlah yang kurang akan menyebabkan ovarium menjadi tidak normal.

HORMON PROGESTERON

Hormon progesteron yaitu suatu hormon penyeimbang hormon estrogen. Hormon ini akan meningkat setelah beberapa hari haid dan akan memuncak satu minggu sebelum haid. Apabila hormon estrogen menyebabkan retensi cairan, akan tetapi hormon progesteron dapat membantu proses mengeluarkan cairan yang berlebihan. Hormon progesteron sama halnya dengan hormon estrogen yaitu di produksi di ovarium. Kedua hormon tersebut bekerja sama  untuk mempersiapkan proses pembuahan, kehamilan dan mengatur siklus menstruasi.

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengukur kadar progesteron pada saat hamil di trimester pertama anda bisa memperkirakan kemungkinan terjadinya perdarahan atau keguguran. Apabila pada masa premenopuase anda mengalami insomnia atau kecemasan, maka hal tersebut disebabkan karena produksi hormon progesteron tidak dapat menyeimbangkan hormon estrogen. Hormon progesteron memiliki salah satu fungsi terbaik yaitu dapat menekan efek samping apabila seseorang mengalami kelebihan hormon estrogen dan hormon testosteron.

HORMON TESTOSTERON

Hormon testosteron di dalam tubuh wanita memang sedikit karena memang hormon ini identik pada  kaum laki-laki. Fungsi dari hormon ini yaitu untuk meningkatkan energi, ketajaman, mental dan libido pada wanita. Selain itu, hormon ini dapat membantu proses pelepasan penebalan dingding rahim di awal menstruasi, hormon ini akan meningkat pada saat beberapa hari menjelang menstruasi.

Peningkatan hormon ini akan disertai dengan penurunan hormon etrogen dan progesteron. Kondisi ini dapat menyebabkan memburuknya rasa mood, meningkatkan nafsu makan, sakit kepala dan jerawat. Apabila hormon testosteron rendah makan gairah seksual seseorang berkurang dan apabila kadar testosteron terlalu tinggi maka akan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur atau berhenti sama sekali, meningkatkan masa otot, menimbulkan jerawat yang banyak, kebotakan dibagian depan kepala dan ketidaksuburan atau sulit hamil. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here