Hubungan Seks saat Hamil

0
632

SehatFresh.com – Seks adalah kebutuhan biologis natural dan normal selama kehamilan. Banyak pasangan khawatir akan keamanan hubungan intim dalam masa kehamilan. Hubungan intim pada masa kehamilan tidak berbahaya dan tidak akan menjadi masalah pada tumbuh kembang janin. Janin berada pada rongga rahim, tempat yang sangat aman, dilindungi oleh berlapis otot dari kulit perut ibu hingga otot rahim Selain itu mulut rahim yang menutup kuat melindungi dari infeksi dan bahaya yang datang dari dalam vagina. Janin Anda juga terlindung dengan nyaman oleh cairan ketuban.

Masalah orgasme kadang juga dipertanyakan. Kontraksi akibat orgasme tidaklah sama dengan kontraksi saat melahirkan. Kebanyakan dokter akan menyuruh pasangan untuk mengurangi atau bahkan menghindari hubungan intim pada akhir masa kehamilan, pada minggu-minggu terakhir. Walaupun hal ini sebetulnya tidak tepat juga mengingat hormon prostaglandin dalam sperma dipercaya dapat merangsang kontraksi. Sebagai guyonan sering disebut sebagai “Induksi alami“.

Ada beberapa kasus kehamilan yang membutuhkan induksi persalinan dan sebagian doker percaya bahwa cara alami untuk menginduksi persalinan adalah dengan cara melakukan hubungan intim di akhir masa kehamilan. Prostaglandin yang terkandung dalam sperma mirip dengan kandungan obat yang digunakan untuk mematangkan serviks dalam proses induksi persalinan walau dalam kadar yang berbeda. Namun sebagian pakar lain percaya bahwa hubungan intim tidak memicu pesalinan.

Jika kehamilan Anda sehat, tidak masalah untuk melakukan hubungan intim kapan pun mulai kehamilan muda sampai batas mendekati waktu persalinan. Jadi tidak ada batasan harus memberhentikan hubungan intim saat hamil tua. Tetapi, jika Anda mempunyai masalah medis yang berisiko tinggi, seperti adanya perdarahan, ketuban pecah, ancaman persalina atau adanya kondisi penyakit ibu yang berat, mungkin sebaiknya Anda berhati-hati dan mungkin mengurangi atau bahkan tidak melakukan hubungan intim sama sekali, selama kehamilan.

Sumber gambar : oree-oh.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY