Ibu Bekerja, Keluarga tetap Sehat dan Tetap Nomor Satu

Bisakah ibu bekerja untuk terus menjalankan peran seimbang dalam menciptakan kebersamaan keluarga ? Hal ini yang merupakan tantangan ibu yang berperan ganda dalam keluarga, sebagai ibu rumah tangga sekaligus ikut membantu daput tetap ngebul.

Berdasarkan penelitian BMI Research. satu dari lima ibu di Indonesia menghabiskan lebih dari 12 jam sehari untuk bekerja. Kondisi ini menuntut ibu Indonesia lebih kreatif dalam memainkan peran dan membangun momen seru bersama keluarga. Ibu pada kondisi ini memainkan perannya sebagai reminder dan arranger dalam membangun kebersamaan keluarga.”

Terkait peran ganda seorang ibu, biasanya ibu bekerja dilatarbelakangi oleh alasan finansial atau kebutuhan sosial-relasional. Sesungguhnya tidak ada yang salah dengan keputusan seorang ibu untuk berkarya, akan tetapi konsekuensi dari kondisi ini mengharuskan ibu untuk lebih cermat dalam membagi waktu dengan keluarga. Seorang ibu bekerja sebaiknya mempunyai kecakapan dalam mengelola waktu, disiplin, dan mampu berbagi peran dengan suami dalam menciptakan kebersamaan keluarga agar ikatan fisik dan emosi keluarga tetap bisa terbangun.Hal positif lain dari seorang ibu bekerja yang mempunyai kemampuan di atas yaitu adanya dampak positif bagi perkembangan anak; antara lain anak menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab dan dapat menyelesaikan tugasnya lebih baik.

Sheila Timothy, produser film Indonesia yang memiliki empat orang anak, berbagi mengenai pengalaman pribadinya. “Saya berada di luar rumah lebih dari 12 jam sehari. Secara fisik, aktivitas di luar bisa jadi sangat melelahkan. Belum lagi saat saya sedang membuat film, tentunya kesibukan saya semakin meningkat. Akan tetapi, saya selalu mengingatkan diri sendiri akan peran saya sebagai seorang ibu, bahwa saya harus mampu lebih displin mengatur jadwal bekerja sekaligus mengatur aktivitas yang harus saya lakukan dengan keluarga sesampainya di rumah. Hal-hal sederhana seperti berbagi cerita tentang aktivitas seluruh anggota keluarga dan bermain dengan anak sangat membantu hubungan saya dengan keluarga tetap dekat. Selain itu saya tetap memperhatikan makanan dan nutrisi keluarga,” pungkas Sheila.

Bagaimana dengan Anda ?

pic: rasamasa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here