Ibu Hamil dan Anemia, Pelajari Penanganannya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anemia pada ibu hamil merupakan keadaan dimana darah tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen menuju jaringan tubuh ibu dan bayinya. Untuk mengetahui apakah ibu hamil terkena anemia, dapat dilakukan pengukuran kadar hemoglobin pada tubuhnya. Beberapa gejala ini juga harus diwaspadai oleh ibu hamil karena merupakan gejala anemia. Seperti, mudah lelah, wajah pucat, jantung berdetak lebih cepat, sesak napas, nyeri pada dada, gangguan kognitif, sakit kepala dan kaki tangan terasa dingin.

Selain itu, anemia tentu dapat mengganggu pertumbuhan janin dan menurunkan daya tahan tubuh ibu. Apabila anemia terjadi pada trimester awal kehamilan maka ibu dapat mengalami keguguran dan apabila terkena anemia pada trimester akhir maka bayi dapat lahir premature dan sebagian ibu biasanya akan mengalami depresi pasca melahirkan.

Penanganan Anemia Pada Ibu Hamil

Penanganan anemia pada ibu hamil biasanya akan disesuaikan tergantung pada klasifikasi anemianya. Kebanyakan ibu hamil mengalami anemia defiansi besi. Maka dapat diatasi dengan pemberian tablet yang mengandung zat besi dengan cara:

  1. Melakukan terapi oral, memberikan preparat besi yang diantaranya fero sulfat, fero glukonat atau Na-fero bisirat. Kadar HB dapat naik 1gr perbulan apabila diberikan preparat sebanyak 60mg/perhari. Dalam hal ini pemberian zat besi harus dilakukan secara teratur 2-3 bulan kedepan agar tubuh ibu hamil mempunyai cadangan besi. Namun, penanganan ini juga dapat menimbulkan efek samping. Antara lain: BAB menjadi hitam, konstipasi, merasa mual dan muntah.
  2. Terapi parental, penanganan ini akan dilakukan apabila ibu hamil tidak kuat dengan zat besi peoral. Biasanya karena adanya gangguan pernapasan dan saluran pencernaan. Ibu hamil akan diberikan preparat parental dengan fetrum dextran sebanyak 1000mg dan intravena 2x10ml/IM pada gluteus. Terapi ini dapat meningkatkan HB lebih banyak disbanding terapi oral yaitu 2gr.

Selain melakukan terapi diatas, Ibu hamil yang sedang mengalami anemia juga dianjurkan untuk makan-makanan. Seperti:

  1. Makanan yang mengandung zat besi yaitu, daging merah tanpa lemak, sayuran berdaun hijau atau gelap (bayam, daun singkong, kankung, dan sawi), Kacang-kacangan (kacang polong dan kacang kedelai), kuning telur, ikan, buah kering (kismis dan plum), dan lain sebagainya.
  2. Makanan yang memiliki kandungan asam folat seperti, bayam, brokoli, kol atau kubis, pisang, alpukat, jeruk, pepaya, kentang, kacang kacangan (kacang merah), biji-bijian (biji bunga matahari, gandum tortilla), sereal, hati ayam, hati sapi, dan lain sebagainy
  3. Makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya, Oatmeal, daging sapi, kepiting, kerang, ikan sarden, dada ayam, telur, susu, yogrut, dan lain sebagainya.
  4. 4. selain itu, jangan lupa penuhi asupan vitamin C anda yang bisa anda dapatkan dari berbagai macam buah, seperti, buah jeruk, stroberi, kiwi, dan tomat. Hal ini dapt meningkatkan daya tahan tubuh anda dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan maksimal.(NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY