Ibu Hamil Harus Memahami Kondisi Tubuh untuk Beraktivitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi ibu hamil menjaga kesehatan adalah faktor yang cukup penting. Tujuannya selain membuat tubuh agar selalu fit, juga untuk menghadapi proses persalinan. Alhasil berbagai aktivitas harus diperhatikan ibu hamil agar tidak membawa dampak negatif.

Aktivitas apa saja yang boleh dilakukan?

  1. Ibu hamil berjalan santai. Ibu yang hamil muda dianjurkan untuk berjalan-jalan santai pada pagi atau sore hari. Perhatikan ritme langkahnya, janganlah terlalu cepat. Jalan santai dapat membuat ibu hamil lebih tenang, sekaligus mengatasi stres. Terlebih jika ibu hamil yang hidup di pedesaan, maka bisa mendapatkan suasana sejuk di pagi hari.
  2. Ibu hamil melakukan yoga. Ibu yang hamil muda dapat melakukan gerakan yoga yang khusus untuk ibu hamil. Ikuti arahan yang diajarkan instruktur yoga, sekaligus mengkonsultasikan dengan dokter kandungan.
  3. Ibu hamil berenang. Olahraga ini cukup baik untuk wanita hamil. Berenang bisa mengurangi tekanan pada kaki dan punggung ibu hamil yang sering lelah.
  4. Ibu hamil bekerja di kantor. Ibu hamil juga masih boleh untuk beraktivitas di kantor, namun dengan catatan menghindari pekerjaan yang melibatkan fisik berat.
  5. Ibu hamil berhubungan seksual. Ibu hamil pada trimester pertama boleh melakukan berhubungan seksual dengan posisi saling  berhadapan. Kemudian pada trimester kedua & ketiga, posisi yang dianjurkan adalah ibu di atas suami. Selain itu bisa juga dilakukan dalam posisi duduk atau miring.
  6. Ibu hamil melaksanakan pekerjaan rumah tangga. Ibu hamil tidak perlu khawatir saat melakukan aktivitas rumah tangga seperti menyapu, memasak, mencuci atau mengepel. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan catatan tidak mengalami kelelahan atau membuat ibu hamil tertekan.

Aktivitas apa saja yang perlu dihindari?

  1. Ibu hamil mengangkat beban yang berat. Mengangkat beban berat bagi ibu hamil memiliki resiko berbahaya. Pasalnya ibu hamil bisa mengalami kelelahan atau tekanan pada perutnya.
  2. Ibu hamil berdiri sangat lama. Ibu hamil dianjurkan untuk menghindari pekerjaan kantor atau rumah tangga yang mengharuskan untuk berdiri lama. Pasalnya berdiri dalam waktu yang lama bisa beresiko memberikan tekanan pada punggung dan kaki.
  3. Ibu hamil mengendarai alat trasportasi dalam jarak tempuh yang jauh. Tentu saja situasi ini harus dihindari karena dapat membuat ibu hamil kelelahan.
  4. Ibu hamil memakai kosmetik atau pewarna rambut. Kebiasaannya ini dianjurkan untuk dikurangi oleh ibu hamil. Pasalnya kosmetik atau pewarna rambut mengandung bahan kimia yang bisa memiliki resiko bagi janin.

Ibu hamil harus memahami kondisi tubuh

Ibu hamil harus memperhatikan seluruh aktivitas saat menjalani masa kehamilan. Tujuannya supaya terjaga daya tahan tubuh dan proses persalinan dapat berlangsung lancar. Perhatikan setiap gelaja-gejala yang abnormal, sehingga bisa ditangani oleh dokter sedini mungkin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here