Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini Jika Ingin Berpuasa!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu hamil yang ingin tetap berpuasa sebaiknya menjaga asupan makanannya. Bukan sekadar jumlah kalorinya, tapi jenis makanannya juga harus diperhatikan. Sejumlah makanan pun harus dihindari oleh ibu hamil ketika hendak berpuasa.

Pada dasarnya, makanan pantangan untuk ibu hamil bukan makanan yang dilarang. Tapi, sebaiknya dikonsumsi secara hati-hati atau dibatasi. Makanan apa sajakah itu?

  • Pedas, asam, asin, dan bersoda

Ibu hamil yang bermasalah dengan lambung sebaiknya menghindari makanan yang terlalu merangsang saat berbuka puasa maupun di waktu sahur, seperti terlalu pedas, asam, atau bersoda. Makanan yang terlalu pedas, asam, dan mengandung soda bisa merangsang asam lambung sehingga menyebabkan mual dan perih. Sementara itu, makanan asin bisa menyebabkan cepat haus.

  • Berlemak

Makanan yang mengandung banyak lemak dapat memberikan dampak buruk bagi ibu hamil yang memang memiliki riwayat kesehatan, seperti penyakit kolesterol. Selain itu, makanan yang mengandung kadar lemak dan kolesterol berlebihan juga dapat menimbulkan permasalahan, seperti obesitas atau kelebihan berat badan. Tambah lagi, jika makanan berlemak tinggi dionsumsi saat berpuasa, maka tidak menutup kemungkinan dapat membuat Anda menjadi cepat haus saat berpuasa.

  • Makan daging yang tidak matang

Telur dan daging yang tidak dimasak hingga matang dapat membuat ibu hamil mengalami penyakit akibat bakteri listeria, toksoplasma, dan keracunan makanan. Selain itu, ibu hamil juga dapat menghadapi kondisi kesehatan serius, yaitu keguguran atau bayi lahir cacat.

  • Terlalu banyak manis

Makanan manis bermanfaat untuk menambah atau mengembalikan energi dengan cepat, misalnya berbuka dengan buah kurma atau teh manis. Namun, konsumsi makanan atau minuman manis yang berlebihan bisa memicu kenaikan kadar gula dalam darah. Dalam jangka panjang, ini bisa menjadi penyebab munculnya diabetes gestasional atau diabetes yang muncul akibat kehamilan.

  • Kafein

Kafein tidak hanya terdapat pada kopi. Tetapi, juga terdapat di teh herbal. Mengonsumsi secangkir kopi oleh ibu hamil muda sangat berbahaya. Bahkan, akan membuat lapisan pelindung janin atau plasenta bisa tertembus.

  • Susu yang belum dipasteurisasi

Susu yang belum dipasteurisasi dan produk olahan dari susu, seperti keju, juga sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan susu yang belum dipanaskan dengan suhu yang sesuai, maka ada kemungkinan mengandung bakteri yang dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir cacat.

  • Merokok

Merokok saat hamil dapat membuat bayi Anda nantinya lahir dengan berat badan yang rendah. Kondisi itu tidak baik bagi bayi karena dapat meningkatkan risiko ketidakmampuan anak untuk belajar di masa depan.

  • Minuman keras

Mengonsumsi minuman keras saat hamil dapat membuat bayi lahir dengan sindrom alkohol janin. Tanda-tandanya dapat berupa berat badan rendah ketika lahir, mengalami gangguan perilaku, ketidakmampuan belajar, dan keterlambatan perkembangan. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY