Ibu Hamil Ingin Berpuasa? Konsumsilah Makanan Sehat Ini!

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seorang ibu hamil sah-sah saja jika ingin berpuasa. Namun, sebaiknya ia memberi perhatian ekstra terhadap asupan yang dikonsumsinya. Mengonsumsi makanan sehat dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan ibu serta janin di kandungannya.

Sejumlah makanan sehat di bawah ini disarankan dikonsumsi ibu hamil yang ingin berpuasa:

  • Makanan pemberi energi

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pemberi energi yang berasal dari protein, misalnya daging. Tujuannya agar tetap berenergi saat menjalankan puasa. Selain mengandung banyak protein, daging juga mengandung banyak kalori. Seorang ibu hamil akan butuh banyak tenaga. Tenaga berasal dari kalori tersebut. Beberapa jenis makanan dengan protein tinggi lainnya adalah ikan, putih telur, dan jenis kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan ini bisa berupa kacang merah, kacang almond, kacang tanah, kacang kenari, kacang kedelai serta dapat juga diambil dari beberapa jenis sayuran dengan kandungan protein tinggi, seperti brokoli.

  • Vitamin

Vitamin, utamanya vitamin C, juga penting untuk sahur. Agar lebih aman, gunakan sumber alami, seperti buah-buahan. Jeruk dan apel merupakan buah terbaik karena kedua buah ini mengandung vitamin C tinggi. Jenis buah lainnya yang baik bagi ibu hamil di antaranya pear, anggur, stroberi, blackberry, dan arbei.

  • Tinggi serat

Jangan lupa tambahkan juga makanan tinggi serat, misalnya sayuran. Serat penting karena akan membantu pencernaan. Jadi, makanan yang dikonsumsi akan terproses sempurna. Jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil yang berpuasa adalah jenis sayuran dengan warna hijau, contohnya bayam dan lobak.

  • Masak matang

Mengonsumsi banyak protein, seperti kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur saat sahur dan berbuka puasa membantu bayi tetap tumbuh baik, meski sang ibu berpuasa. Tapi, makanan tersebut harus dimasak matang.

  • Camilan menyehatkan

Kentang, buncis kukus, dan buah-buahan bisa menjadi pilihan camilan yang menyehatkan. Hindari camilan tinggi gula dan lemak yang terdapat pada makanan olahan.

  • Cukupi kebutuhan cairan

Penuhi kecukupan cairan saat berbuka. Jika di siang hari si ibu tidak mendapat asupan cairan, maka penuhilah saat berbuka dan sahur. Kebutuhan cairan ini bisa diperoleh dari air minum. Dalam meminum air putih, jangan sekaligus, melainkan perlahan dan secara bertahap. Selain air minum, cairan sayuran atau buah yang kaya akan kandungan air juga bisa menjadi pelengkap kebutuhan cairan tubuh.

  • Manis alami

Minuman hangat dan manis menjadi pilihan utama saat berbuka karena minuman hangat akan meningkatkan kerja lambung. Rasa manis pada minuman juga akan meningkatkan gula darah. Tapi, sebaiknya rasa manis itu didapat dari bahan alami, bukan buatan. Jus buah atau susu adalah pilihan yang menyehatkan berikutnya. Untuk makanan manis yang terbaik adalah buah kurma karena dapat meningkatkan gula darah secara bertahap. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY