Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Kebiasaan Ini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengandung bisa bermakna tanda bagi seorang calon ibu untuk berubah. Bila selama ini ia memiliki berbagai kebiasaan buruk, maka sudah saatnya untuk meninggalkannya. Kebiasaan-kebiasaan seperti apa saja itu?

Terkadang, ibu hamil tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya adalah hal yang bisa membahayakan bagi dirinya dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Dalam tingkat yang lebih parah, kebiasaan tersebut bisa membuat ibu hamil mengalami keguguran.

Berikut adalah berbagai macam kebiasaan buruk ibu hamil yang harus dihindari:

  • Tidak berolah raga

Berolah raga selama kehamilan sama pentingnya dengan asupan makanan sehat. Tapi, hindari olahraga berat. Jalan kaki sekitar 30 menit sehari sudah lebih dari cukup.

  • Makan berlebihan

Selama kehamilan, seorang wanita memang membutuhkan banyak nutrisi. Namun, hal ini bukan berarti makan sebanyak-banyaknya. Makan berlebihan bisa menyebabkan seorang ibu hamil terkena berbagai macam masalah kesehatan, misalnya obesitas, diabetes dan lain-lain.

  • Makan terlalu sedikit

Selain makan berlebihan, seorang ibu hamil yang makan terlalu sedikit juga membahayakan janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang terlalu kurus juga bisa terkena keguguran. Mungkin rasa mual yang hebat bisa mengurangi nafsu makan. Tapi, ibu hamil juga harus ‘melawannya’ demi kesehatan calon bayinya.

  • Tidak banyak minum

Ibu hamil ditakutkan dengan mitos bahwa banyak minum bisa membesarkan janin yang ada di dalam kandungan. Padahal, ibu hamil yang kekurangan cairan dapat terserang dehidrasi, sembelit, pusing, mual, pegal, bengkak, bahkan proses sirkulasi darah dan distribusi nutrisi ke janin terganggu.

  • Merokok

Bahaya merokok saat hamil merupakan kebiasaan yang bisa menjadi penyebab keguguran yang tidak disadari. Jika tidak mengalami keguguran, janin yang ada di dalam rahim bisa mengalami berbagai macam masalah kesehatan.

  • Mengonsumsi sembarang obat

Ibu hamil yang sering mengonsumsi obat tanpa resep dokter bisa membahayakan keselamatan janin yang dikandungnya, misalnya obat antidepresi, obat tidur, dan obat penenang.

  • Mengonsumsi alkohol

Alkohol merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Alasannya adalah zat-zat yang ada di dalam alkohol bisa membuat janin terganggu perkembangannya, bahkan menjadi minuman yang menyebabkan keguguran.

  • Terpapar bahan kimia kosmetik

Perhatikan kandungan kimia dalam berbagai olahan kosmetik Anda. Bahan kimia yang berbahaya dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan keguguran.

  • Memakai high heels

Wanita yang sedang hamil sebaiknya tidak mengenakan sepatu hak tinggi (high heels). Kebiasaan ini akan berbahaya jika hak tinggi tersebut patah ketika digunakan, maka ibu hamil bisa terjatuh. Jatuh saat hamil bisa menyebabkan keguguran dan darah menggumpal di dalam rahim.

  • Pakaian ketat

Mengenakan pakaian ketat, seperti celana jeans, bisa berdampak pada keguguran ibu hamil. Hal ini karena pakaian ketat bisa menekan perut yang sudah ada bakal janin di dalamnya.

  • Berpikir negatif

Sedih, cemas, muram dan sebagainya bisa membuat ibu hamil stres. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur, memiliki alergi, menurunnya tingkat kekebalan tubuh, bahkan keguguran. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here